close

Sains & Techno

Sains & Techno

Bukan Keringat, Inilah Penyebab Bau Badan Tidak Sedap

LANGITKU NETWORKS – Bau badan adalah masalah yang cukup umum dan dialami banyak orang. Ini disebabkan oleh proses bakteri dalam keringat dan bukan karena keringat itu sendiri. Faktanya, keringat manusia hampir tidak berbau. Bau badan muncul karena adanya bakteri pada kulit yang memecah molekul protein dalam keringat dan menghasilkan bau. Dilansir Medical News Today, kulit seseorang mengandung kelenjar keringat ekrin dan apokrin. Kelenjar apokrin berfungsi saat pubertas dan berhubungan dengan folikel rambut di ketiak dan selangkangan. Kelenjar ini menghasilkan keringat kental yang kaya protein dan awalnya tidak berbau, namun ketika bakteri memecah banyak protein, mereka akan menghasilkan molekul bau dalam konsentrasi yang lebih besar hingga menimbulkan bau badan.

Sebaliknya, kelenjar keringat ekrin sebagian besar mengatur suhu tubuh melalui keringat dan tidak terlalu terkait dengan bau badan.
Bau badan paling sering muncul di area kaki, selangkangan, ketiak, alat kelamin, rambut kemaluan, pusar, anus, dan belakang telinga. Meski akar penyebabnya sering kali adalah kebiasaan kebersihan, bau badan tidak sedap juga bisa menjadi indikasi kondisi yang lebih serius.

Penyebab bau badan

Keringat berlebih disebut dengan hiperhidrosis. Dilansir dari Cleveland Clinic, hiperhidrosis terbagi menjadi dua jenis, yakni primer dan sekunder.

1. Primer – Tidak disebabkan kondisi medis lain

a. Keringat berlebih dapat terjadi di satu atau dua area tubuh, seperti telapak tangan, kaki, ketiak, atau dahi, sementara bagian tubuh lainnya tetap kering.

b. Berkeringat biasanya dimulai saat orang tersebut bangun di pagi hari, sedangkan berkeringat sepanjang malam bukanlah hal yang normal.

c. Orang umumnya dalam kondisi sehat, namun mengalami keringat berlebih sejak masa kanak-kanak atau remaja.

2. Sekunder – Ada penyebab yang mendasari keringat berlebih

a. Seluruh tubuh berkeringat atau hanya di satu sisi tubuh

b. Biasanya dimulai saat dewasa

c. Dapat dipicu oleh obat-obatan tertentu, suplemen makanan, kafein, nikotin, konsumsi bawang putih atau makanan berbau lainnya

d. Kondisi medis yang meliputi obesitas, diabetes, tumor, tiroid yang terlalu aktif, gangguan kelenjar hipofisis, konsumsi alkohol berlebih, dan penyakit menular

 

 

 

 

 

 

 

 

 

source : kompas.com

read more
Sains & Techno

Whitechapel, Prosesor Custom untuk Google Pixel Baru

LANGITKU NETWORKS, Jakarta – Google disebut bakal merilis HP Pixel baru — kemungkinan bernama Pixel 6 — dengan system on a chip (SoC) custom bernama Whitechapel.

Whitechapel, yang punya kode GS101, adalah SoC pertama Google untuk ponsel. Google pun disebut bakal merilis dua ponsel Pixel yang menggunakan SoC ini, demikian dikutip dari The Verge, Sabtu (3/4/2021).

Kedua ponsel tersebut kemungkinan adalah penerus Pixel 5 dan Pixel 4A 5G seperti keluaran 2020 lalu. Dalam laporan XDA Developers disebutkan kalau GS101 akan memakai komposisi tiga cluster, ditambah tensor processing unit (TPU) untuk keperluan machine learning.

Sebagai informasi, Snapdragon 888 pun menggunakan komposisi tiga cluster, yang terbagi satu core Cortex-X1, tiga core Cortex-A78, dan empat core Cortex-A55. GS101 juga bakal mempunyai chip keamanan terintegrasi, mirip dengan Titan M.

Langkah Google ini mirip dengan yang dilakukan Apple untuk iPhone (dan juga iPad, serta kini, Mac). Yaitu mendesain SoC sendiri untuk dipakai di produk-produk buatannya, yang membuat mereka bisa mengoptimalkan sisi hardware dan software dengan lebih baik.

Sementara untuk Android sendiri, kombinasinya kurang lebih seperti ini. SoC dibuat oleh perusahaan seperti Qualcomm dan MediaTek, sistem operasi dibuat oleh Google, dan ponsel yang dibuat oleh pabrikannya sendiri, seperti Samsung, Motorola, Oppo, Huawei, Xiaomi, dll.

Sementara Apple, mereka mendesain SoC, membuat sistem operasi, serta membuat ponselnya sendiri.

Google sendiri sebelumnya sudah pernah mendesain chipnya sendiri, meski bukan SoC. Chip bikinan mereka itu antara lain adalah custom TPU dan chip keamanan Titan M, serta chip Neural Core yang dipakai di Pixel 4. Namun SoC akan lebih kompleks ketimbang chip yang pernah mereka buat.

Whitechapel pun sudah beberapa kali tersebar isunya. Yaitu saat Google disebut mengembangkan chip sendiri untuk Pixel dan Chromebook. Dalam laporan saat itu, Google bakal mengoptimasi chipnya dengan teknologi machine learning.

 

 

 

 

 

source : detikNet

read more
Sains & Techno

Prototipe Kamera Leica Bikinan Desainer iPhone Dilelang, Harganya?

LANGITKU NETWORKS, Jakarta – Sebuah prototipe kamera Leica yang didesain mantan bos desain Apple Jony Ive dilelang pada Juni mendatang. Berapa harga pembukaannya?

Kamera Leica dengan warna silver tersebut adalah hasil desain dari Jony Ive dan seorang desainer lain bernama Marc Newson. Prototipe kamera yang dideskripsikan dalam kondisi ‘B+’ tersebut dilelang dengan harga pembukaan 100 ribu euro, atau sekitar Rp 1,7 miliar.

Pembuatan kamera prototipe tersebut terjadi saat pengembangan satu-satunya kamera Leica M for (RED), yang versi finalnya pada 2013 dilelang untuk amal senilai USD 1,8 miliar, demikian dikutip dari The Verge, Rabu (31/3/2021).
Sementara kamera yang dilelang saat ini adalah kamera yang desainnya berada pada tahap akhir. Desainnya sendiri dibilang bergaya sama dengan Mac Pro ‘parutan keju’. Bedanya adalah Leica ini terlihat punya bodi yang reflektif dan halus.

Lensa yang terpasang pada kamera itu adalah Apo-Summicron 2/50mm ASPH. Dan tak dijelaskan juga apakah kamera dan lensa tersebut bisa berfungsi atau sekadar pajangan.

Dalam deskripsi lelang di Leitz Photographica Auction tersebut tertulis:

“Satu-satunya kamera yang selesai dibuat dan dijual pada lelang tahun 2013 seharga USD 1,8 juta. Prototipe yang kami tawarkan menunjukkan tahap pengembangan final di mana kamera sudah berada pada bentuk akhir setelah ratusan komponen prototipe sudah dibuat dan dicoba.”

Saat itu Leica mengklaim ada 561 model dan hampir 1000 komponen prototipe yang dibuat selama proses pengembangan kamera tersebut. Produk akhirnya, Leica M for (RED) kemudian dilelang bersama dengan 40 barang lain, yang menghasilkan uang USD 26 juta untuk disumbangkan.

Newson sendiri setelah ikut mendesain kamera tersebut bergabung ke Apple dan bekerja di divisi yang dipimpin oleh Ive.

 

 

 

source : detikNet

read more
Sains & Techno

YouTube Akan Sembunyikan Jumlah Dislike

LANGITKU NETWORKS – YouTube mengumumkan sedang menguji coba untuk menyembunyikan jumlah dislike (tidak suka/jempol ke bawah) yang diterima konten kreator di video yang diunggah ke YouTube.

Pengumuman itu disampaikan YouTube melalui Twitter lewat handle @YouTube. Tombol disliketidak sepenuhnya hilang, hanya jumlahnya tidak akan bisa dilihat oleh penonton secara publik.

Itu artinya, penonton masih bisa memberikan reaksi dislike apabila kurang cocok dengan video yang ditontonnya.
Namun, pemilik kanal masih bisa melihat berapa jumlah dislike yang diterima videonya di halaman YouTube Studio. Sementara, jumlah “likes” masih tetap bisa dilihat oleh penonton.

“Merespons masukan dari kreator terkait kampanye kesejahteraan dan sasaran dislike, kami menguji coba beberapa desain baru yang tidak menampilkan jumlah dislike untuk publik,” jelas YouTube.

Uji coba ini baru menyasar beberapa pengguna YouTube. Penonton yang termasuk sasaran uji coba akan mendapati desain ikon di YouTube akan sedikit berubah seperti gambar di bawah ini.
Dalam laman dukungan Google, bagi pengguna yang termasuk dalam uji coba ini, tidak ada cara lain untuk keluar dari eksperimen. Sehingga ketika melihat desain baru, meraka tidak bisa kembali ke desain lama dengan sendirinya.
YouTube belum memastikan kapan perubahan ini akan diresmikan dan bergulir ke lebih banyak pengguna. Bagi beberapa kreator, melihat jumlah dislike yang signifikan mungkin akan membuat mereka termotivasi atau justru berkecil hati.

Akan tetapi, bukan hanya konten kreator individu saja yang kerap dibanjiri dislike. Bahkan, video YouTube Rewind 2018 disebut-sebut menjadi video paling banyak mendapatkan dislikesepanjang sejarah.

Hingga berita ini ditulis, YouTube Rewind 2018 mendapatkan dislike sebanyak 19 juta, jauh di atas pendapatan like sebesar 2,9 juta. Ide menyembunyikan tombol dislike bukan baru pertama kali dicetuskan YouTube.

Beberapa tahun belakang, Instagram lebih dulu mengungkapkan rencana yang hampir mirip, yakni dengan menyembunyikan tombol like di unggahan pengguna.

Salah satu alasannya, adu jumlah like membuat kompetisi kreativitas di platform Instagram menjadi tidak sehat. Namun hingga kini, ide tersebut belum resmi dan direalisasikan ke lebih banyak pengguna Instagram.

 

 

 

source : kompas.com

read more
Sains & Techno

Domba Australia Berbulu Lebat Seberat 35 Kg Akhirnya Dicukur

LANGITKU NETWORKS – Seekor domba liar yang ditemukan berkeliaran di wilayah Australia memiliki bobot bulu seberat 35 kilogram. Ini menjadi domba yang mengalahkan domba asal Selandia Baru, Shrek dengan berat bulu 27 kilogram.

Domba jenis merino yang dinamai Barrack oleh penyelamat ditemukan tengah berkeliaran sendiri dengan mantel wol yang terbilang lebat. Penyelamat lekas mencukur bulu yang sangat lebat dan menutupi sekujur tubuh hingga waja domba tersebut untuk menyelamatkan hidupnya.
Lebatnya bulu yang ada di tubuhnya menyebabkan tag penanda di kupingnya hilang. Sehingga tidak diketahui siapa pemilik domba tersebut.

Kyle Behrend, dari suaka peternakan Misi Edgar, mengatakan tampaknya Baarack merupakan domba yang melarikan diri. Domba merino tidak melepaskan bulu dan perlu dicukur setidaknya setiap tahun, karena bulunya terus menumbuh.

“Sepertinya Baarack pernah menjadi domba yang dimiliki,” kata Kyle Behrend
Dikutip Skynews, kuku dari domba tersebut dalam kondisi yang bagus meski sering menabrak bebatuan di hutan. Baarack sekarang menetap dengan domba yang diselamatkan lainnya di Misi Edgar.

Baarack adalah domba yang terbaru dari sederet domba sangat besar dan berbulu yang menjadi berita utama internasional.

Dikutip The Guardian, sebelumnya pada 2005 lalu Shrek menjadi selebriti yang disukai di Selandia Baru, setelah menghabiskan waktu enam tahun untuk tumbuh liar dan akhirnya memiliki ukuran bulu yang sangat besar.

Setelah dicukur bulunya, Shrek memiliki total bobot bulu sebanyak 27 kilogram.

Shrek bahkan sempat bertemu dengan Perdana Menteri Selandia Baru Helen Clark, sebelum dia meninggal pada 2011.

 

 

 

 

source : cnnindonesia

read more
Sains & Techno

Dampak Pengguna WhatsApp Jika Tak Setuju Aturan Baru 15 Mei

LANGITKU NETWORKS, Jakarta – Pengguna aplikasi pesan singkat WhatsApp berpotensi terdampak tak bisa menggunakan beberapa fitur jika tidak setuju dengan aturan terbaru, yang berlaku 15 Mei 2021 mendatang.

Dampak yang paling penting adalah tidak bisa mengirim dan membaca pesan yang masuk ke aplikasi mereka. Tapi, pengguna masih bisa menerima panggilan telepon dan menerima notifikasi ketika ada pesan yang masuk.

Aturan tersebut diungkap lewat pesan elektronik yang dikirim WhatsApp pada rekanan Whataspp Bisnis di platform itu. Pada email disebutkan bahwa Facebook perlahan akan mengajak pengguna untuk menerima aturan terbaru yang berlaku 15 Mei.

Izin tersebut dibutuhkan agar mereka bisa menggunakan semua fitur WhatsApp. Jika tidak, maka pengguna hanya bisa tidak bisa membaca dan membalas pesan yang masuk ke akunnya. Namun, masih bisa menerima notifikasi dan panggilan telepon.

“Untuk beberapa waktu, para pengguna (yang tak setuju aturan baru Whatsapp) masih bisa menerima telepon dan notifikasi pesan. Tapi tak bisa membaca atau mengirim pesan di aplikasi,” ujar tulisan dalam email itu, seperti dikutip TechCrunch.

Beberapa waktu yang disebut dalam email itu akan berlangsung selama beberapa minggu. Tetapi, tidak dijelaskan secara rinci.

WhatsApp menyebut jika pengguna tidak setuju aturan baru setelah 15 Mei, maka akun mereka tak serta merta dihapus. Penghapusan akan dilakukan mengikuti aturan mengenai akun yang tak aktif.

Mengutip laman resmi WhatsApp, aplikasi itu akan menghapus akun pengguna yang tidak aktif selama 120 hari. Akun yang tergolong tidak aktif jika pengguna tak terkoneksi dengan koneksi internet.

“Untuk beberapa waktu, para pengguna (yang tak setuju aturan baru Whatsapp) masih bisa menerima telepon dan notifikasi pesan. Tapi tak bisa membaca atau mengirim pesan di aplikasi,” ujar tulisan dalam email itu, seperti dikutip TechCrunch.

Beberapa waktu yang disebut dalam email itu akan berlangsung selama beberapa minggu. Tetapi, tidak dijelaskan secara rinci.

WhatsApp menyebut jika pengguna tidak setuju aturan baru setelah 15 Mei, maka akun mereka tak serta merta dihapus. Penghapusan akan dilakukan mengikuti aturan mengenai akun yang tak aktif.

Mengutip laman resmi WhatsApp, aplikasi itu akan menghapus akun pengguna yang tidak aktif selama 120 hari. Akun yang tergolong tidak aktif jika pengguna tak terkoneksi dengan koneksi internet.

 

 

 

 

 

source : cnnIndonesia

read more
Sains & Techno

Google Akhirnya Update Aplikasi di iOS

LANGITKU NETWORKS, Jakarta – Sejak Desember 2020 lalu Google belum memperbarui aplikasi utamanya di iOS, dan kini akhirnya mereka merilis pembaruan untuk aplikasi YouTube di iOS yang berisi perbaikan bug.

Spekulasi yang beredar menyebutkan kalau Google tak memperbarui aplikasi di iOS terkait aturan privasi baru yang diterapkan Apple. Meski Google sudah menepis tudingan ini, namun mereka baru kali ini memperbarui aplikasinya di iOS sejak Desember 2020 lalu.

Google pun sempat memposting tulisan lewat blognya, yang menyebut mereka akan memberikan label privasi pada aplikasinya saat mereka merilis pembaruan untuk aplikasi seperti Gmail, Docs, Search, Photos, dan sebagainya.
“Saat nanti aplikasi Google di iOS diperbarui dengan fitur baru atau perbaikan bug, anda akan melihat pembaruan pada laman aplikasi kami yang dilengkapi App Privacy Details yang baru,” tulis Google.

“Label ini akan merepresentasikan kategori data maksimal yang akan dikumpulkan, artinya jika anda menggunakan semua fitur dan layanan yang ada di aplikasi tersebut. Data yang anda berikan ke Google akan memberikan layanan yang berguna untuk anda, dan anda bisa selalu mengontrol privasi anda dengan mengunjungi Google Account atau melihat dalam aplikasi di iOS,” tambah Google.

Seperti diketahui, Apple mewajibkan pembuat aplikasi untuk memberikan label privasi pada aplikasi buatannya. Aturan baru ini diterapkan pada 14 Desember lalu, sebelum Google sempat memperbarui aplikasi iOS-nya.

Dalam aturan tersebut Apple juga mewajibkan pembuat aplikasi untuk mengungkap seberapa banyak data pengguna yang dikumpulkan, dan bagaimana mereka mengatur data tersebut.

Namun untuk aplikasi Google lain seperti Stadia, Authenticator, Translate, dan Classroom saat ini sudah mendapat pembaruan di iOS, demikian dikutip dari The Verge, Senin (15/2/2021).

Namun untuk aplikasi utamanya memang belum ada pembaruan sama sekali. Bahkan sejumlah pengguna iOS sudah mendapat notifikasi yang menyebut aplikasi mereka sudah ketinggalan karena tak mendapat pembaruan dalam dua bulan terakhir.

Pesan tersebut memang saat ini sudah dihapus oleh Google, namun mereka tetap belum memberikan pembaruan aplikasinya. Jika dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya, tidak adanya pembaruan ini memang terlihat seperti sebuah anomali.

Aplikasi Gmail misalnya, pada periode yang sama tahun sebelumnya sudah diperbarui lima kali. Sementara untuk tahun ini belum ada pembaruan sama sekali, dan aplikasi tersebut sudah diperbarui empat kali di Android.

Hal serupa juga ditemukan di aplikasi lain seperti Google Maps, Search, Chrome, Drive, Docs, Sheets, Photos, Keep, Duo, dan Home.

 

 

source : detiknet

read more
Sains & Techno

Lobster Super Langka 1 Banding 30 Juta Ditemukan

LANGITKU NETWORKS, Maine, AS– Seekor lobster yang sangat langka ditemukan di perairan Maine, Amerika Serikat dan dinamakan Banana. Kelangkaannya terkait dengan warna tubuhnya yang kuning, tidak seperti umumnya lobster.

Akademisi di University of New England menyatakan bahwa hewan itu ditangkap oleh seorang pemburu lobster setempat bernama Marley Babb, untuk kemudian ia donasikan ke kampus agar dilakukan riset yang lebih mendalam.
Warna kuningnya sendiri berasal dari mutasi genetik di protein pigmen dan cangkang lobster dan peluang untuk menangkapnya hanya 1 banding 30 juta. Karena warnanya itu juga, lobster ini lebih terlihat oleh predator sehingga peluang hidupnya di alam liar lebih kecil.

Selain lobster berwarna kuning, ada lagi jenis lainnya yang lebih langka, juga sebagai akibat mutasi genetis. Yaitu lobster berwanra putih yang peluang dijumpai hanya 1 banding 100 juta. Sedangkan lobster warna putih 1 banding 2 juta.

Seperti dikutip dari Daily Mail, Jumat (12/2/20219), mengenai berat dan wujudnya sama saja dengan lobster pada umumnya. Lobster yang dalam keadaan hidup ini akan diteliti lebih lanjut.

University of New England sendiri mendapatkan donasi USD 860 ribu untuk meneliti bagaimana imbas pemanasan terkait perubahan iklim di perairan pada larva lobster dan peluangnya tumbuh besar. Pada studi sebelumnya di tahun 2019, pemanasan lautan diduga berdampak pada turunnya populasi lobster di area tersebut.

Netizen pun ramai berkomentar terhadap kabar ditemukannya lobster berwarna kuning itu. “Alam ini memang cantik dan amat mengagumkan,” tulis sebuah komentar online.

“Kenapa tidak dimasak saja lobster itu? Jangan sih, lebih baik memang disumbangkan untuk ilmu pengetahuan,” sebut warganet yang lain.

 

 

source : Fino Yurio Kristo – detikInet

read more
Sains & Techno

Whatsapp Bikin Kaget, Tiba-tiba Muncul di Status Pengguna

LANGITKU NETWORKS, Makassar – Whatsapp membuat pengguna kaget dan heran pagi ini lantaran tiba-tiba muncul di status pengguna dan menyinggung soal komitmen. Beberapa netizen bingung dengan kemunculan Whatsapp tiba-tiba di status mereka.

Dalam status itu, Whatsapp menyebut kalau mereka akan memberitahukan fitur baru dan pembaruan lewat fitur tersebut.

“Satu hal yang tidak baru adalah komitmen kami untuk privasi Anda,” tulis Whatsapp.

Lebih lanjut layanan pesan instan itu menyebut mereka tak bisa membaca atau mendengarkan pembicaraan personal para pengguna. Sebab, pembicaraan itu dienkripsi.

Status baru Whatsapp ini sontak mengundang komentar kocak netizen dan membuat Whatsapp menduduki topik yang sedang ramai dibicarakan.

Mereka usil mengomentari pernyataan Whatsapp soal komitmen.

“Maap #WhatsApp saya tidak suka pake komitmen, ntar hubungan kita sebatas komitmen doang,” cuit seorang netizen.

“Bangun tidur dikejutkan dgn statusnya si #WhatsApp
Sebagian bilang takut ditinggal pas lagi sayang2nya.. sebagian bilang diye lagi galau.. kalo gw bilang jalanin aja dulu komitmennya.. jalanin dan pertahanin komitmen tak semudah itu ferguso.. percuma janji2 kalo sesumbar doank,” canda yang lain.

“Apaan nih pagi pagi buka whatsapp isi snap nya begini. Aku ga suka ya komitmen-komitmen, langsung pacaran aja!” komentar pengguna berbeda.

Sebagian lagi iseng bertanya kira-kira berapa banyak yang akan melihat status Whatsapp ini.

“Ga kebayang ada berapa banyak yg udah ngeseen status wa nya #WhatsApp banyak juga kontaknya,” cuit @lijahjae.

Sebab, pengguna yang mengeposkan status bisa melihat berapa banyak dan siapa saja yang melihat status mereka. Saat ini, Whatsapp sendiri digunakan oleh lebih dari 2 miliar pengguna.

 

SC : CNN Indonesia

read more
Sains & Techno

iOS 14.4 Dirilis, Ini Fitur Barunya

LANGITKU NETWORKS, Jakarta – Apple baru saja merilis iOS 14.4 dan iPadOS 14.4 untuk semua pengguna iPhone serta iPad. Sejumlah fitur baru tersemat di dalamnya, apa saja?

QR Code Kecil

iOS 14.4 membawa dukungan untuk memindai QR Code denga ukuran yang lebih kecil dari sebelumnya.

Pengaturan Bluetooth

iOS 14.4 menyertakan pengaturan untuk menentukan jenis perangkat audio pihak ketiga yang terhubung dengan Bluetooth sehingga pengukuran Tingkat Audio Headphone dapat dilakukan dengan benar.
Apple melacak tingkat audio headphone untuk mengirim peringatan jika musik diputar pada tingkat yang berpotensi seiring waktu merusak kesehatan pendengaran.

Pengaturan Bluetooth di iOS 14.4 Foto: MacRumors

Peringatan Keaslian Kamera

Jika kamu memperbaiki iPhone 12 , 12 Mini, 12 Pro, atau 12 Pro Max, dan pihak service perbaikan menggunakan kamera Apple yang tidak asli atau kamera yang didaur ulang dari model iPhone 12 lainnya, Apple akan mengirimkan pemberitahuan.

Pemberitahuan tersebut akan dikirim saat kamera menyala. Akan ada pesan “Tidak dapat diverifikasi sebagai kamera baru asli Apple”

Perbaikan

iOS 14.4 turut memperbaiki masalah berikut:

– Artefak gambar dapat muncul di foto HDR yang diambil dengan iPhone 12 Pro

– Widget Fitness tidak menampilkan data Aktivitas yang diperbarui

– Pengetikan delay dan saran kata tidak muncul di keyboard

– Keyboard di Message tidak menampilkan bahasa yang benar

– Mengaktifkan Switch Control di Aksesibilitas dapat mencegah panggilan telepon dijawab dari Lock Screen

Cara Update

iOS 14.4 maupun iPadOS 14.4 dikirim lewat over the air (OTA). Cara updatenya sebagai berikut:
– Buka Settings

– Tekan General

– Tekan Software Update

– Bila sudah tersedia, tekan Download and Install

 

 

 

SC : Adi Fida Rahman – detikInet

read more