close

Nasional

NasionalNews

Punya Rekan Kerja Doyan Ngemil? Hati-hati Kamu Bisa Ketularan!

LANGITKU NETWORKS, Jakarta – Rasa lapar memang sering sekali muncul tiba-tiba, termasuk saat beraktivitas. Lapar biasanya muncul saat tubuh kekurangan asupan makanan. Namun, siapa sangka ternyata lapar juga bisa muncul karena hal sepele akibat punya rekan kerja yang doyan ngemil?

Melansir Body and Soul, ada banyak hal sepele lainnya yang sering bikin lapar muncul meskipun perut sudah terisi makanan seperti rasa bosan, godaan orang sekitar, atau bahkan karena kebiasaan makan di depan komputer. Berikut alasannya.

Rasa Bosan

Bagaimana mungkin rasa bosan bisa membuat perut terasa lapar? Menghabiskan waktu seharian bekerja di kantor tentu sering sekali membosankan. Akibatnya, tanpa pikir panjang ngemil atau makan menjadi satu hal yang dilakukan di sela bekerja. Agar terhindar dari hal ini, pastikan kamu mengatur jadwal makan dan hindari makanan dari jangkauan mata.

Banyak Makanan

Hal lain yang memungkinkan Kamu merasa lapar saat ngantor adalah karena banyaknya makanan di sekeliling Kamu. Adanya makanan yang mudah dijangkau seperti biskuit, coklat, wafer, atau snack lainnya tentu akan memudahkan kamu untuk memakannya sepanjang hari. Untuk itu, simpanlah camilan kamu di lemari selama bekerja agar kamu tidak tergoda untuk memakannya.

Tergoda Teman

Punya rekan kerja yang doyan ngemil juga harus diwaspadai karena hobi ngemilnya bisa saja tertular. Rasa lapar bisa muncul karena adanya dorongan dari aktivitas yang dilakukan di sekitar kamu. Oleh karena itu, sangat memungkinkan jika kamu ikutan ngemil karena punya rekan kerja yang doyan ngemil. Padahal, semakin banyak ngemil, semakin sulit pula kamu berhenti makan. Saat hal ini terjadi, solusinya bukan dengan menghindari rekan kerja kamu, namun dengan mengatur pola makan dan fokus untuk tidak terpengaruh lingkungan sekitar.

Dehidrasi

Setiap hari hampir 70 persen orang dewasa mengalami dehidrasi yang dapat menimbulkan rasa lapar. Orang dewasa membutuhkan setidaknya dua liter cairan setiap hari agar tetap terhidrasi dengan baik. Untuk itu, sangat penting bagi kamu untuk menyimpan botol minum di meja kerja agar kamu tetap terhidrasi seharian dan jauh dari rasa lapar.

Makan di Depan Komputer

Hobi makan di depan laptop atau komputer? Siapa sangka kalau hal sepele ini bisa memicu lapar. Sebuah studi menemukan mereka yang makan siang sambil menonton TV, waktu mengkonsumsi lebih banyak kalori secara signifikan. Meskipun tak makan di depan TV, efek yang sama juga akan muncul saat kamu makan di depan layar laptop atau komputer. Pasalnya, aktivitas ini tidak akan mendukung pengelolaan nafsu makan kamu.

Nah, itulah lima hal yang sepele yang bisa membuat kamu lapar saat ngantor. Head of Medical Kalbe Nutritionals dr. Muliaman Mansyur mengatakan kurangnya asupan gula, protein, dan serat juga bisa membuat perut terasa lapar. Oleh karena itu, ia menganjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung tiga nutrisi tersebut.

“Untuk mencegah rasa lapar yang cepat ini, maka dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan dari sumber gula seperti isomaltulosa. Isomaltulosa ini indeks Glikemiknya rendah, jadi setelah dikonsumsi maka kadar dalam darahnya stabil sehingga kenyangnya bertahan lama,” ujarnya kepada detikcom baru-baru ini.

Sementara, ia mengatakan makanan tinggi protein dan serat juga akan memberikan kalori rendah dan lebih baik daripada makanan berlemak tinggi. Bahkan, protein juga mampu memberikan sinyal ke otak untuk menahan rasa lapar.

“Protein ini juga memberikan kalori yang rendah dibandingkan lemak setiap gramnya, dan juga protein ini mempunyai efek menahan pusat lapar di otak sehingga kalau kadar proteinnya tinggi maka rasa kenyang terus terasa,” jelasnya.

“Prinsip Serat adalah bekerja lokal di saluran cerna dan sedikit sekali diserap oleh tubuh sehingga ketika kita makan serat tinggi dia tidak akan diserap tapi terus sampai ke usus besar dan difermentasi di sana, perjalanan yang lama dari mulut dan usus besar ini membuat seseorang yang makan serat tinggi jadi kenyang,” paparnya.

Oleh karena itu, saat makan atau ngemil pastikan kamu mengonsumsi makanan yang sehat dan kaya akan protein, serat, dan gula seperti buah potong, salad, kacang-kacangan atau susu rendah lemak. Saat lapar datang, kamu bisa konsumsi Slim Fit Cookies dengan kandungan whole grains yang tentunya tinggi serat dan bikin kamu kenyang lebih lama. Selain snacknya, kamu juga bisa jadikan susu Slim Fit yang kaya akan kandungan kalsium, protein, serat insulin, lemak, vitamin, dan mineral sebagai pengganti makan pagi dan malam.

 

source : Inkana Putri – detikHealth

read more
NasionalNews

Kemenparekraf Dorong Promotor Musik Indonesia Bentuk Asosiasi

LANGITKU NETWORKS, Jakarta – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) mendorong promotor musik lokal untuk membentuk Asosiasi Promotor Musik Indonesia (APMI) sebagai forum komunikasi dan bertukar pikiran dalam menyelesaikan berbagai isu yang muncul dalam bidang pertunjukan musik, terlebih dalam masa pandemi COVID-19.

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Event) Kemenparekraf/Baparekraf Rizki Handayani saat menggelar Focus Group Discussion (FGD) bersama para promotor musik, mengatakan, keberadaan asosiasi dapat membantu memberi masukan pemerintah terkait pengembangan event musik di Indonesia.

FGD dihadiri oleh para Promotor Musik antara lain Anas Syahrul Alimi (Rajawali Indonesia), Tommy Pratama (Original Production), Dino Hamid (Berlian Entertainment), Donny Junardy (Ravel Entertainment/Hammersonic), Darshan Pridhnani (HYPE Music Asia), Aminah (Mecimapro), dan Emil Mahyudin (Nadapromotama).

“Perlu ada forum atau asosiasi event untuk membantu pemerintah dalam mengkurasi event-event terbaik di Tanah Air. Dan ini sejalan dengan tugas dan fungsi bidang Event Kemenparekraf, diantaranya mendukung event-event daerah, membesarkan event nasional, serta membawa event internasional ke dalam negeri. Karena, DNA Indonesia adalah kreatif,” kata Rizki Handayani dalam FGD yang berlangsung di Yogyakarta, beberapa waktu lalu.

Sehingga kerja sama antara pemerintah dan industri ke depan dapat terjalin semakin intensif mengenai pengembangan event musik, yang pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan kunjungan dan pergerakan wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara.

Kemenparekraf/Baparekraf tengah menyusun buku panduan protokol kesehatan di bidang pertunjukan musik, sebagai panduan teknis yang mengacu dari Keputusan Menteri Kesehatan (KMK) Nomor HK.01.07/Menkes/382/2020. Asosiasi dapat memperkuat pembentukan buku panduan tersebut dengan memberi masukan, terutama terhadap titik-titik penting dalam penyelenggaraan pertunjukan musik.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio menyambut baik pembentukan Asosiasi Promotor Musik Indonesia (APMI) dan akan mempelajari lebih lanjut masukan dari para promotor.

 

Agustini Rahayu

Kepala Biro Komunikasi

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

read more