close

Nasional

NasionalNews

Harga Tes GeNose di Bandara Dipatok Rp40 Ribu

LANGITKU NETWORKS, Jakarta – Sejumlah bandara mulai memberlakukan alat tes covid GeNose kepada penumpang pesawat Kamis (1/4) ini. Namun tes tersebut tak dilakukan secara gratis atau cuma-cuma alias berbayar.

Berdasarkan pengumuman yang disampaikan PT Angkasa Pura I (Persero) melalui postingan dalam akun instagram mereka, tarif yang dikenakan Rp40 ribu.

Meski demikian, hingga saat ini baru ada empat bandara yang melayani tes GeNose covid-19. Dua bandara di antaranya dikelola oleh PT Angkasa Pura I (Persero) alias AP I, yakni Bandara Internasional Juanda Surabaya dan Bandara Internasional Kulon Progo.

Sementara untuk bandara yang dikelola PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II, layanan tes GeNose baru tersedia pada Bandara Husein Sastranegara, Bandung dan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang.

Penumpang yang berangkat dari keempat bandara tersebut disarankan melakukan pendaftaran dan tes 1 kali 24 jam sebelum keberangkatan.

Layanan GeNose di Bandara Internasional Juanda Surabaya berlokasi di Lobby Terminal 1 Gedung Baru pukul 11.00-19.00 WIB. Sedangkan di Bandara Internasional Yogyakarta layanan tes GeNose berada di Sisi Timur Lantai Mezzanine Gedung Perhubungan YIA pada pukul 04.00-19.00 WIB.

Kemudian, layanan tes GeNose di Badara Husein Sastranegara berada di Area Selasar Keberangkatan Internasional mulai pukul 06.00-17.00 WIB. Sementara di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, layanan tes GeNose berada di Skybridge LRT lantai III pukul 05.30-19.30 WIB.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan menetapkan aturan baru pelaksanaan perjalanan orang dalam negeri dengan transportasi udara dalam masa pandemi covid-19.

Salah satu yang menjadi fokus adalah penggunaan GeNose, alat untuk mendeteksi dini yang berbasis embusan napas sebagai alternatif skrining kesehatan pelaku perjalanan pada moda transportasi udara.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Novie Riyanto mengatakan kebijakan tersebut menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nomor 12 Tahun 2021.

“Kami akan mulai menggunakan GeNose C19 sebagai salah satu alternatif persyaratan calon penumpang untuk dapat terbang, namun saat ini akan dimulai di 4 bandar udara,” kata Novie.

 

 

 

 

source : cnnindonesia

read more
NasionalNews

Saudi Kembali Izinkan Salat Tarawih di Masjid Nabawi

LANGITKU NETWORKS, Jakarta – Pemerintah Arab Saudi bakal menggelar salat tarawih di Masjid Nabawi di Madinah selama Ramadan mendatang dengan menerapkan protokol kesehatan.

Kepala Badan Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, Abd al Rahman Al-Sudais, mengatakan Masjid Nabawi akan kembali digunakan untuk beribadah asal jemaah mematuhi protokol kesehatan, seperti dikutip dari kantor berita Saudi Press Agency.

Masjid itu akan menampung maksimal 60 ribu jemaah dalam pelaksanaan salat tarawih.
Sesuai anjuran pemerintah Saudi, Masjid Nabawi akan ditutup setengah jam setelah salat tarawih dan dibuka dua jam sebelum salat Subuh.
Kemudian, Masjid Nabawi akan dibuka sepanjang waktu saat sepuluh hari terakhir di bulan suci Ramadan.

Tahun lalu, Saudi melarang pelaksanaan salat berjamaah termasuk salat tarawih untuk para jemaah.

Kementerian Urusan Agama Islam dan Dakwah Saudi mengatakan larangan salat di masjid akan diperpanjang sampai wabah virus corona berkurang.

Maka dari itu, pemerintah Saudi mengimbau salat tarawih selama Ramadan hanya boleh dilaksanakan di rumah masing-masing.

Mengutip Gulf News, Al Sheikh mengatakan pemerintah Saudi juga hanya memperbolehkan maksimal enam orang menyalatkan hingga memakamkan jenazah demi meminimalisir keramaian yang berisiko menularkan virus.

Kedua kebijakan pencegahan itu selaras dengan aturan Kementerian Kesehatan Saudi.

Hingga kini, kasus virus corona (Covid-19) di Arab Saudi mencapai 385 ribu orang, dan sebanyak 6.613 orang di antaranya meninggal dunia.

 

 

 

 

source : cnnindonesia

read more
NasionalNews

Gunung Merapi Kembali Semburkan Awan Panas Pagi Ini

LANGITKU NETWORKS, Yogyakarta – Gunung Merapi masih menampakkan aktivitas vulkanik. Berdasarkan laporan pengamatan aktivitas selama 6 jam pada Senin (22/3) pukul 00.00 hingga 06.00 WIB, teramati 2 kali luncuran awan panas.

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Gelologi (BPPTKG) Hanik Humaida menjelaskan luncuran awan panas terjadi pada pukul 02.03 dan 05.11 WIB.

“Awan panas tercatat dengan amplitudo maksimal 48 milimeter dan durasi 150 detik. Jarak luncur maksimal 1,5 kilometer ke arah barat daya,” kata Hanik dalam keterangannya, Senin (22/3/2021).

Selain itu, dalam periode tersebut teramati juga 5 kali guguran lava pijar yang juga mengarah ke barat daya.

“Teramati 5 kali guguran lava pijar dengan jarak luncur maksimum 1.000 meter ke arah barat daya. Baik guguran lava maupun awan panas terdapat jejak yang arahnya ke Kali Krasak, Boyong, Bebeng, Sat di sisi barat daya,” jelasnya.

Lebih lanjut, BPPTKG juga mencatat kegempaan Gunung Merapi sebanyak 35 kali gempa guguran dan 3 kali gempa fase banyak.

Untuk potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awan panas pada sektor selatan-barat daya meliputi sungai Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih sejauh maksimal 5 kilometer dan pada sektor tenggara yaitu sungai Gendol sejauh 3 kilometer.

Sedangkan lontaran material vulkanik bila Gunung Merapi terjadi erupsi eksplosif dapat menjangkau radius 3 kilometer dari puncak.

 

 

 

 

source : detikNews

read more
NasionalNews

PLN Bisa Hemat 30% Usai Batu Bara Dihapus dari Daftar B3

LANGITKU NETWORKS, Jakarta – PT PLN (Persero) berpotensi mengurangi biaya pengelolaan limbah usai pemerintah mengeluarkan Fly Ash dan Bottom Ash (FABA) dari kategori limbah bahan berbahaya dan beracun (B3). FABA merupakan limbah padat yang dihasilkan dari proses pembakaran batu bara pada pembangkit listrik tenaga uap PLTU, boiler, dan tungku industri untuk bahan baku atau keperluan sektor konstruksi.

“Sampai dengan 30 persen dari biaya pengelolaan (limbah) awal,” ujar Vice President Public Relations PLN Arsyadani Ghana Akmalaputri, Sabtu (12/3).

Kebijakan itu tertuang dalam PP Nomor 22 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup yang merupakan aturan turunan dari UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Lewat aturan itu, lanjutnya, limbah batu bara tersebut bisa dimanfaatkan untuk bahan baku infrastruktur. Misalnya, produk beton non konstruksi seperti slab (pelat) beton, kanstin, pemecah gelombang, beton blok, dan sebagainya.
Selain itu, FABA juga bisa dimanfaatkan untuk produk semi beton ringan seperti batako, paving, sekat pagar, serta bahan campuran pengeras jalan (road base), dan lainnya.

Arsyadani menyatakan semua produk tersebut telah memenuhi persyaratan kualitas produk atau Standar Nasional Indonesia (SNI).

“Dampaknya PLN bisa mengoptimalkan penyerapan pemanfaatan, mendorong FABA digunakan sebagai sumber daya material, dan menekan pengeluaran anggaran,” terangnya.

Untuk itu, PLN akan berkoordinasi dengan Kementerian PUPR serata BUMN karya agar FABA bisa dimanfaatkan secara maksimal setelah dikeluarkan dari limbah beracun.

“Berharapnya manajemen pengelolaan FABA di lapangan akan semakin mudah dan murah,” ucapnya.

Pembangkit listrik milik PLN sendiri saat ini memang masih didominasi oleh Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) berbahan bakar batu bara.

Berdasarkan data dari bahan paparan PLN kepada Komisi VII DPR pada November 2020 lalu, disebutkan bahwa porsi PLTU masih mayoritas yakni 50,4 persen atau kapasitas 31.827 MW.

Disusul oleh pembangkit Energi Baru Terbarukan (EBT) sebesar 12,6 persen atau kapasitas 7.992 MW dan Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) sebesar 10,7 persen atau kapasitas 12.137 MW.

Namun, perusahaan setrum itu berencana meningkatkan porsi pembangkit Energi Baru Terbarukan (EBT), dan sebaliknya menurunkan pembangkit energi fosil.

Tercatat, periode 2000-2019 pertumbuhan pembangkit fosil 6,6 persen. Namun, pada 2020-2029 targetnya bisa diturunkan menjadi hanya 3,6 persen.

Sebaliknya, pengembangan pembangkit EBT dari 2000-2019 tumbuh 7,1 persen. Rencana ke depan, jumlah pembangkit EBT ditargetkan bisa naik 12.7 persen pada 2020-2029.

 

 

 

source : cnnindonesia

read more
NasionalNews

Jokowi Yakin Dunia Musik Indonesia Makin Kreatif Usai Pandemi

HARI MUSIK NASIONAL

LANGITKU NETWORKS, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyinggung nasib para musikus selama satu tahun pandemi Covid-19 dalam memperingati Hari Musik Nasional 2021.

Jokowi menyadari pandemi menghalangi para musikus menggelar pertunjukan, sehingga kesempatan mereka untuk menampilkan karya berkurang.
“Tak ada pertunjukan, konser, tur, sampai festival musik di sepanjang satu tahun ini. Tapi saya tahu, pemusik-pemusik Indonesia adalah insan kreatif yang tidak mudah patah semangat,” kata Jokowi di akun Instagram @jokowi, Selasa (9/3).

Mantan wali kota Solo itu mengatakan pandemi mendorong musikus membuat terobosan. Mereka menggunakan wahana digital untuk tetap berkarya dan menjangkau para penikmat musik.

Jokowi berharap para musisi terus berkarya di tengah pandemi. Ia meyakini nasib baik menanti para musikus pascapandemi.

“Saya percaya, selepas pandemi ini, dunia musik di tanah air akan berubah. Semakin inovatif. Semakin kreatif,” ujarnya.

Setiap tanggal 9 Maret, Indonesia memperingati Hari Musik Nasional. Tanggal ini merujuk pada hari lahir W.R. Supratman, pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Kajian penetapan Hari Musik Nasional sudah dilakukan sejak 2003, era Presiden Megawati Soekarnoputri. Namun, Hari Musik Nasional baru disahkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sepuluh tahun kemudian lewat Keputusan Presiden Nomor 10 Tahun 2013.

 

 

 

source : cnnindonesia

 

read more
NasionalNews

Jadwal Suntik Vaksin Guru dan PNS Jawa-Bali Mulai 17 Februari

LANGITKU NETWORKS, Program vaksinasi covid-19 tahap kedua yang menyasar 16,9 juta petugas pelayanan publik akan dimulai pada 17 Februari mendatang. Pelayan publik yang dimaksud di antaranya adalah tenaga pendidik atau guru hingga pegawai negeri sipil (PNS) atau aparatur sipil negara (ASN).

Vaksinasi akan diprioritaskan di tujuh provinsi Pulau Jawa-Bali terlebih dahulu guna memaksimalkan target pelandaian kasus covid-19 yang hampir 70 persen di antaranya disumbang Jawa-Bali.

“Kita mulai di tujuh provinsi di Jawa dan Bali yang juga merupakan zona merah dengan jumlah pasien dan tingkat penyebaran covid-19 tertinggi di Indonesia,” kata Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes Maxi Rein Rondonuwu dalam konferensi pers di YouTube Kementerian Kesehatan RI, Senin (15/2).
Maxi menjelaskan, 70 persen distribusi vaksin untuk tahap kedua akan diberikan untuk daerah Jawa-Bali, sementara 30 persen lainnya akan didistribusikan ke 27 provinsi lainnya secara bertahap dan berkelanjutan.
Oleh sebab itu, Maxi pun meminta pemerintah daerah agar lekas merampungkan vaksinasi tahap pertama yang menyasar tenaga kesehatan. Selain untuk memenuhi target, Maxi menyebut setiap dosis vaksin memiliki tenggat kedaluwarsa.

Dalam kesempatan itu, Maxi juga membeberkan kriteria petugas pelayanan publik yang dimaksud di antaranya adalah pedagang pasar, tenaga pendidik, tokoh agama, wakil rakyat, pejabat pemerintah, dan aparatur sipil negara (ASN).

Kemudian petugas keamanan, pariwisata, pelayan publik seperti pemadam kebakaran dan perangkat desa. Selanjutnya, pekerja transportasi publik, atlet, hingga wartawan.

“Pelaksanaan vaksinasi tahap kedua ini akan dimulai kepada pedagang pasar di DKI Jakarta di Pasar Tanah Abang pada Rabu 17 Februari 2021,” kata dia.

Maxi menjelaskan, vaksinasi bagi pedagang pasar akan berlangsung selama 6 hari dengan menargetkan sekitar 55 ribu pedagang di Tanah Abang. Pelaksanaannya diharapkan bergulir untuk seluruh pedagang yang ada di DKI dan seluruh Indonesia.

Target vaksinasi sebanyak 21,5 juta lansia, kata dia, juga akan diparalelkan dengan vaksinasi pelayanan publik. Upaya itu dilakukan guna mempercepat proses vaksinasi Indonesia yang menyasar total 181,5 juta penduduk.

Adapun target penyuntikan vaksin terhadap 60-70 persen dari total penduduk Indonesia dimaksudkan agar mampu memenuhi target herd immunity atau menciptakan kekebalan kelompok terhadap sebuah virus.

“Pemerintah mempercepat vaksinasi bagi lansia dengan turut menyertakan kelompok lansia dalam tahapan kedua. Tahapan ini akan berlangsung Februari dan kita harapkan dapat selesai pada bulan Mei,” pungkas Maxi.

Menilik data harian yang dirilis Satgas Penanganan Covid per Minggu (14/2) tercatat sebanyak 1.068.747 tenaga kesehatan rampung menjalani vaksinasi dosis pertama, sementara 425.578 tenaga kesehatan lainnya menerima suntikan dosis kedua.

 

 

source : cnn indonesia

read more
NasionalNews

Jabar Gelar Vaksinasi Covid-19 Masif di Sabuga Hari Ini

LANGITKU NETWORKS, Makassar – Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan kembali menggelar vaksinasi Covid-19 secara masif bagi tenaga kesehatan (nakes). Kegiatan kali ini akan digelar di Gedung Sasana Budaya Ganesha (Sabuga), Kota Bandung, Rabu (3/2).

“Vaksin massal kami mengubah metodenya dari rumah sakit, ke gedung pertemuan. Jadi besok [Rabu, 3/2] ada vaksinasi massif di Sabuga,” kata Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Mapolda Jabar, Bandung, Selasa (2/2).
Rencananya, Emil, panggilan akrab Ridwan Kamil memastikan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) akan hadir untuk memantau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Sabuga hari ini.

“Forkopimda dipastikan hadir untuk memastikan vaksinasi sukses untuk nakes supaya nanti giliran rakyat yang lain, pengalaman manajemen vaksinasi nakes bisa menjadi pelajaran yang berharga buat kita,” ujarnya.

Adapun sasaran vaksinasi Covid-19 secara masif kali ini mencapai 3.000 nakes. Hal itu disampaikan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Jabar Daud Achmad. Adapun pemberian vaksin akan dilakukan dalam dua hari.

“Rencananya 3.000 dalam dua hari, semuanya nakes dari Bandung. Teknisnya nanti dibagi satu hari 1.500 nakes. Jadi ada yang di selasar, duduk di ruang penyuntikan, kemudian nanti keluar,” ujar Daud.

Selain di tingkat provinsi, vaksinasi masif juga akan dilakukan di kabupaten dan kota di Jabar.

“Yang masif besok [Rabu] kabupaten Kota melakukan hal yang sama,” ucap Daud.

Untuk diketahui, Pemprov Jabar sebelumnya sudah menggelar vaksinasi masif untuk nakes pada gelombang pertama. Vaksknasi tersebut dilaksanakan di Poltekkes Kemenkes Bandung dan dilakukan serentak di 23 rumah sakit yang tersebar di Jabar dengan sasaran nakes mencapai 3.300 nakes.

Pada tahap I termin I, Jabar mendapat alokasi 97.080 dosis vaksin Covid-19 untuk tujuh daerah dari pemerintah pusat. Sedangkan pada tahap I termin II, Jabar menerima sekitar 253 ribu dosis untuk 27 kabupaten/kota.

 

 

source : CNN Indonesia

read more
NasionalNews

OJK Resmi Izinkan Merger Bank Syariah BUMN

LANGITKU NETWORKS, Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) resmi merestui penggabungan (merger) bank BUMN syariah. Izin tersebut diberikan pada hari ini, Rabu (27/1).

Deputi Komisioner Humas dan Logistik OJK Anto Prabowo mengatakan otoritas sudah merilis surat perizinan merger bank BUMN syariah tersebut.

“OJK sudah mengeluarkan surat dengan Nomor SR-3/PB.1/2021 perihal Pemberian Izin Penggabungan PT Bank Syariah Mandiri dan PT Bank BNI Syariah ke dalam PT Bank BRI Syariah Tbk,” ujarnya dalam keterangan resmi.

Selain itu, OJK juga mengizinkan bank syariah hasil gabungan itu menggunakan nama PT Bank Syariah Indonesia (BSI). Namun, BSI akan menggunakan izin usaha BRI Syariah dalam menjalankan bisnisnya.

“Serta izin perubahan nama dengan menggunakan izin usaha PT Bank BRI Syariah Tbk, menjadi izin usaha atas nama PT Bank Syariah Indonesia Tbk sebagai bank hasil penggabungan,” jelasnya.

Selanjutnya, BSI akan melakukan pengurusan perubahan anggaran dasar di Kementerian Hukum dan HAM, serta perubahan atau pencatatan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Diketahui, tiga bank BUMN syariah yang melakukan merger meliputi PT Bank BRI Syariah Tbk, PT Bank Syariah Mandiri (BSM), dan PT Bank BNI Syariah. Nantinya, bank hasil merger memiliki aset mencapai Rp214,6 triliun, dengan modal inti lebih dari Rp20,4 triliun. Selain itu, bank hasil merger akan membiayai UMKM hingga proyek-proyek infrastruktur yang berskala besar.

Sementara itu, komposisi pemegang saham pada entitas baru nanti mayoritas digenggam oleh PT Bank Mandiri (Persero) Tbk sebesar 51,2 persen. Lalu, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk sebanyak 25 persen, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk 17,4 persen, DPLK BRI – Saham Syariah 2 persen, dan publik 4,4 persen.

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengungkapkan menargetkan proses penggabungan rampung pada Februari 2021. Bank-bank tersebut telah menandatangani akta penggabungan yang menandakan dimulainya proses penggabungan.

“Kami bersyukur tiga bank yang akan di merger telah melakukan penandatanganan akta penggabungan di mana ini merupakan langkah awal untuk legal merger yang sedianya akan terjadi pada Februari 2021,” katanya.

 

 

SC : CNN Indonesia

read more
NasionalNews

Jokowi Perkirakan Vaksin Corona untuk Umum Dimulai Pertengahan Februari

LANGITKU NETWORKS, Jakarta – Pada hari ini, Rabu (27/1/2021) Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapat suntikan vaksin Corona kedua yang dilaksanakan di Istana Negara. Ini diberikan setelah suntikan pertama yang sebelumnya dilakukan dua minggu yang lalu.

Selain Presiden Jokowi, vaksin Corona Sinovac ini juga diprioritaskan untuk para tenaga kesehatan seperti dokter dan perawat. Lalu, kapan vaksinasi COVID-19 ini diberikan untuk umum?

“Sesuai yang saya sampaikan awal, pertama memang diprioritaskan untuk tenaga kesehatan, (seperti) dokter dan perawat. Kemudian, nanti berikutnya TNI, Polri, dan pelayan publik serta masyarakat,” kata Jokowi di Istana Negara, Rabu (27/1/2021).

“Nanti berbarengan, saya kira di bulan Februari. Pertengahan Februari sudah bisa masuk ke sana,” lanjutnya.

Selain itu, Presiden Jokowi juga memberikan pesan untuk masyarakat jika nantinya sudah mendapatkan suntikan vaksin Corona. Ia menegaskan untuk tetap selalu menerapkan protokol kesehatan.

“Meskipun nantinya sudah divaksin, kita tetap jangan lupa protokol kesehatan tetap dijaga secara disiplin. Memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak itu penting karena kuncinya di situ. Selain vaksinasi, kunci kedua adalah menjaga protokol kesehatan, hindari kerumunan, kurangi mobilitas ke mana-mana,” kata Presiden Jokowi.

 

SC : Sarah Oktaviani Alam – detikHealth

read more
NasionalNews

Punya Rekan Kerja Doyan Ngemil? Hati-hati Kamu Bisa Ketularan!

LANGITKU NETWORKS, Jakarta – Rasa lapar memang sering sekali muncul tiba-tiba, termasuk saat beraktivitas. Lapar biasanya muncul saat tubuh kekurangan asupan makanan. Namun, siapa sangka ternyata lapar juga bisa muncul karena hal sepele akibat punya rekan kerja yang doyan ngemil?

Melansir Body and Soul, ada banyak hal sepele lainnya yang sering bikin lapar muncul meskipun perut sudah terisi makanan seperti rasa bosan, godaan orang sekitar, atau bahkan karena kebiasaan makan di depan komputer. Berikut alasannya.

Rasa Bosan

Bagaimana mungkin rasa bosan bisa membuat perut terasa lapar? Menghabiskan waktu seharian bekerja di kantor tentu sering sekali membosankan. Akibatnya, tanpa pikir panjang ngemil atau makan menjadi satu hal yang dilakukan di sela bekerja. Agar terhindar dari hal ini, pastikan kamu mengatur jadwal makan dan hindari makanan dari jangkauan mata.

Banyak Makanan

Hal lain yang memungkinkan Kamu merasa lapar saat ngantor adalah karena banyaknya makanan di sekeliling Kamu. Adanya makanan yang mudah dijangkau seperti biskuit, coklat, wafer, atau snack lainnya tentu akan memudahkan kamu untuk memakannya sepanjang hari. Untuk itu, simpanlah camilan kamu di lemari selama bekerja agar kamu tidak tergoda untuk memakannya.

Tergoda Teman

Punya rekan kerja yang doyan ngemil juga harus diwaspadai karena hobi ngemilnya bisa saja tertular. Rasa lapar bisa muncul karena adanya dorongan dari aktivitas yang dilakukan di sekitar kamu. Oleh karena itu, sangat memungkinkan jika kamu ikutan ngemil karena punya rekan kerja yang doyan ngemil. Padahal, semakin banyak ngemil, semakin sulit pula kamu berhenti makan. Saat hal ini terjadi, solusinya bukan dengan menghindari rekan kerja kamu, namun dengan mengatur pola makan dan fokus untuk tidak terpengaruh lingkungan sekitar.

Dehidrasi

Setiap hari hampir 70 persen orang dewasa mengalami dehidrasi yang dapat menimbulkan rasa lapar. Orang dewasa membutuhkan setidaknya dua liter cairan setiap hari agar tetap terhidrasi dengan baik. Untuk itu, sangat penting bagi kamu untuk menyimpan botol minum di meja kerja agar kamu tetap terhidrasi seharian dan jauh dari rasa lapar.

Makan di Depan Komputer

Hobi makan di depan laptop atau komputer? Siapa sangka kalau hal sepele ini bisa memicu lapar. Sebuah studi menemukan mereka yang makan siang sambil menonton TV, waktu mengkonsumsi lebih banyak kalori secara signifikan. Meskipun tak makan di depan TV, efek yang sama juga akan muncul saat kamu makan di depan layar laptop atau komputer. Pasalnya, aktivitas ini tidak akan mendukung pengelolaan nafsu makan kamu.

Nah, itulah lima hal yang sepele yang bisa membuat kamu lapar saat ngantor. Head of Medical Kalbe Nutritionals dr. Muliaman Mansyur mengatakan kurangnya asupan gula, protein, dan serat juga bisa membuat perut terasa lapar. Oleh karena itu, ia menganjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung tiga nutrisi tersebut.

“Untuk mencegah rasa lapar yang cepat ini, maka dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan dari sumber gula seperti isomaltulosa. Isomaltulosa ini indeks Glikemiknya rendah, jadi setelah dikonsumsi maka kadar dalam darahnya stabil sehingga kenyangnya bertahan lama,” ujarnya kepada detikcom baru-baru ini.

Sementara, ia mengatakan makanan tinggi protein dan serat juga akan memberikan kalori rendah dan lebih baik daripada makanan berlemak tinggi. Bahkan, protein juga mampu memberikan sinyal ke otak untuk menahan rasa lapar.

“Protein ini juga memberikan kalori yang rendah dibandingkan lemak setiap gramnya, dan juga protein ini mempunyai efek menahan pusat lapar di otak sehingga kalau kadar proteinnya tinggi maka rasa kenyang terus terasa,” jelasnya.

“Prinsip Serat adalah bekerja lokal di saluran cerna dan sedikit sekali diserap oleh tubuh sehingga ketika kita makan serat tinggi dia tidak akan diserap tapi terus sampai ke usus besar dan difermentasi di sana, perjalanan yang lama dari mulut dan usus besar ini membuat seseorang yang makan serat tinggi jadi kenyang,” paparnya.

Oleh karena itu, saat makan atau ngemil pastikan kamu mengonsumsi makanan yang sehat dan kaya akan protein, serat, dan gula seperti buah potong, salad, kacang-kacangan atau susu rendah lemak. Saat lapar datang, kamu bisa konsumsi Slim Fit Cookies dengan kandungan whole grains yang tentunya tinggi serat dan bikin kamu kenyang lebih lama. Selain snacknya, kamu juga bisa jadikan susu Slim Fit yang kaya akan kandungan kalsium, protein, serat insulin, lemak, vitamin, dan mineral sebagai pengganti makan pagi dan malam.

 

source : Inkana Putri – detikHealth

read more