close

Daerah

berita yang mencakup kota Makassar dan Sulawesi Selatan

DaerahNews

Sekprov Pastikan Penyaluran Bansos Tepat Sasaran

LANGITKU NETWORKS, Makassar – Sekretaris Daerah Provinsi (Sekprov) Sulsel, Abdul Hayat Gani, mengaku, Provinsi Sulsel saat ini sudah membangun koordinasi dengan Forkopimda untuk memastikan proses penyaluran bantuan sosial (bansos) bagi masyarakat yang terdampak Covid-19.

Hal ini disampaikan Sekprov Sulsel saat mengikuti secara virtual, rapat terkait PPKM bersama Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri, Moch Adrian, Rabu (28 Juli 2021).

Abdul Hayat Gani mengatakan surat edaran Gubernur Sulsel diperkuat Kapolda, Kejaksaan Tinggi dengan Kepala BPKP dan BPK RI untuk sama-sama memastikan penyerapan sesuai arahan dari Bapak Presiden.

“Kita membuat kesepakatan bekerjasama dengan Kapolda, Kejaksaan Tinggi. Selain surat edaran Gubernur kita diperkuat juga oleh bapak Kapolda, Kejaksaan Tinggi dengan Kepala BPKP dan BPK RI untuk sama-sama memastikan penyerapan sesuai arahan dari Bapak Presiden yang disampaikan langsung ke Kejagung dan Kapolri,” tutur eks Direktur Kemiskinan Kemensos RI itu.

Sementara koordinasi dengan kabupaten kota se-Sulsel akan dilakukan dalam waktu dekat ini, untuk memastikan bagaimana penyaluran bantuan tersebut.

“Kemarin saya sudah rapat di Polda Sulsel dan Minggu depan atau beberapa hari kedepan ini akan melakukan rapat secara virtual dengan seluruh kabupaten kota yang mana agak lambat penyerapannya kita akan melakukan tinjau langsung di tempat,” tuturnya.

Sementara itu, Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri, Moch Adrian, mengingatkan, agar seluruh pihak terkait betul-betul memperhatikan masyarakat, terutama bagaimana membagi bantuan sosial baik yang bersumber dari APBN maupun APBD, di wilayah yang menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

“Tolong dilihat betul-betul seperti orang yang razia masyarakat yang sedang lapar. Tolong diberikan bantuan sosial kepada masyarakat yang saat ini betul-betul membutuhkan,” katanya.

“Kalau bisa dalam pembagian bantuan sosial ini menyampaikan kegiatan itu lewat media sosial karena saat ini banyak sekali hoax yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab,” lanjutnya.

Diketahui, di Sulsel, PPKM level 4 berlaku di Kabupaten Tana Toraja dan Kota Makassar. Sedangkan yang masuk dalam kategori level 3, antara lain, Kabupaten Bantaeng, Barru, Gowa, Janeponto, Kepulauan Selayar, Luwu Timur, Luwu Utara, Maros, Pangkajene Kepulauan, Sidenreng Rappang, Soppeng, Takalar, Toraja Utara, Kota Palopo dan Kota Parepare.

“Penetapan level wilayah sebagaimana dimaksud pada diktum kesatu berpedoman pada indikator penyesuaian upaya kesehatan masyarakat dan pembatasan sosial dalam penanggulangan pandemi Covid-19 yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan,” terang Adrian.

Bagi pelanggar mulai dari diktum satu sampai terakhir akan diberikan sanksi berdasarkan kitab UU hukum pidanan lasal 212 – pasal 218, UU nomor 4 tahun 1984 tentang wabah penyakit menular, UU nomor 6 tahun 2018 tentang kekarantinaan kesehataan, peraturan daerah, peraturan kepala daerah, serta dan ketentuan peraturan perundang-undangan lainnya yang terkait.

“Setiap orang dapat dikenakan sanksi bagi yang melakukan pelanggaran, hal ini berdasarkan pada aturan yang ada ini,” tegasnya.

Diketahui Keluarga Penerima Manfaat (KPM), Program Keluarga Harapan (PKH), dan Bantuan Sosial Tunai (BST) di Sulsel mencapai 5.870.450 juta orang. Pemprov Sulsel sendiri berkolaborasi dengan Polda Sulsel, Kejati Sulsel, BPKP Sulsel, dan BPK RI dalam penyaluran bantuan tersebut.

 

 

 

 

 

source : sulselprov

read more
DaerahNews

Danny Dukung Deklarasi Area Pelabuhan Makassar Wajib Vaksin

LANGITKU NETWORKS, Makassar – Walikota Makassar, Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto mendukung deklarasi area Pelabuhan Makassar Wajib Vaksin.

Hal tersebut diapresiasi Danny saat menghadiri kegiatan “Deklarasi Pelabuhan Makassar Wajib Vaksin” yang digelar di pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, Rabu (27/7/21).

Menurut Danny Kawasan pelabuhan Makassar ini menjadi area wajib vaksinasi Covid-19. dikarenakan menjadi pintu masuk penumpang dan menjadi titik ke bongkar muat di pelabuhan.

“Vaksinasi sebagai komitmen untuk menekan laju penyebaran virus Covid-19 di indonesia, khususnya di pelabuhan makassar ditargetkan sebanyak 3000 orang yang akan di vaksin secara gratis yang dimulai hari ini,” ucapnya.

Kata Danny, setiap instansi stakeholder Pelabuhan dan para pengguna jasa di pelabuhan Makassar wajib mengikuti vaksinasi sebagai komitmen untuk menekan laju penyebaran virus Covid-19 di indonesia khususnya di Kota Makassar.

Untuk itu, hari ini dekorasi dirangkaikan dengan vaksinasi untuk para supir truk, pengendara ojek online, tenaga kerja bongkar muat (TKBM) dan buruh pelabuhan yang akan beraktifitas atau masuk ke dalam pelabuhan Makassar wajib harus sudah divaksin.

“Kita apresiasi PT Pelindo IV atas partisipasinya dalam menekan penyebaran covid 19 melalui “ayo vaksin,” ungkapnya.

Sementara, Direktur Utama PT Pelindo IV, prasetyadi mengatakan deklarasi ini digelar sebagai pernyataan komitmen yang kuat dan sungguh-sungguh dalam melaksanakan vaksinasi bagi masyarakat terutama yang beraktivitas di pelabuhan Makassar.

“Dalam kegiatan ini setiap Stakeholder Pelabuhan Makassar bekerjasama dengan Lantamal IV dan KKP makassar, menyediakan tempat vaksinasi di dalam pelabuhan untuk memfasilitasi dalam memudahkan mereka divaksin,” jelasnya.

Menurutnya pandemi ini cukup berdampak bagi masyarakat karenanya Pelindo IV mengambil peran dengan melihat sebagai sebuah tanggung jawab kepada bangsa dan negara.

Tak hanya menyediakan Vaksinasi gratis, Pelindo IV juga menyiapkan sebanyak 3.000 paket sembako yang akan langsung diberikan kepada para ojol, supir truk, TKBM dan buruh pelabuhan yang sudah melakukan vaksinasi gratis.

“ini adalah perwujudan dari tanggung jawab sosial bagi BUMN,” tandasnya.

 

 

 

source : Hidayat

read more
DaerahNews

Danny Bersama Bulog Makassar Segera Distribusikan Bantuan Beras

LANGITKU NETWORKS, Makassar – Walikota Makassar Moh Ramdhan “Danny” Pomanto menerima kunjungan Perum Bulog di Kediaman Pribadinya, Jalan Amirullah, Selasa (27 Juli 2021).

Pertemuan ini membahas penyaluran bantuan beras untuk warga di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) tahun 2021.

Danny menjelaskan bantuan beras untuk warga di masa PPKM ini, tentu sedikit banyak meringankan masyarakat memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

“Pemerintah tidak akan membiarkan masyarakatnya menghadapi situasi sulit ini sendiri. Berbagai bantuan telah dan akan kami distribusikan untuk warga. Nah sekarang Perum Bulog Makassar akan menyalurkan bantuan beras bagi warga terdampak tentu akan membantu warga di tengah keterbatasan yang sekarang sedang kita alami bersama,” jelas Danny.

Penyaluran bantuan selama masa PPKM berdasarkan instruksi dari Kemensos RI, bahwa bantuan harus segera di alokasikan paling lambat hingga 31 Juli 2021. 

Pimpinan Cabang Perum Bulog Makassar Harisun  mengaku melakukan koordinasi dengan Walikota Danny terkait titik pembagian beras nanti.

“Alhamdulillah pertemuan dengan Bapak Wali Kota Makassar atas dukungannya mulai hari ini Perum Bulog Makassar akan membagikan bantuan beras. Kepada warga dimana jatah Makassar sebesar 68.030 Kelompok Penerima Manfaat (KPM) atau sekitar 680 ton yang harus terbagi hingga akhir bulan Juli,” ucap Harisun.

Untuk wilayah Kota Makassar, Pemerintah kota akan memberikan titik atau area mana saja yang warganya perlu dan layak menerima bantuan dan selanjutnya akan di tindak lanjuti oleh Perum Bulog Makassar. 

 

 

 

 

 

source : Hidayat

read more
DaerahNews

Ketua DPRD Makassar Ajak Masyarakat Dukung Program Makassar Recover

LANGITKU NETWORKS, Makassar – Ketua DPRD Kota Makassar Rudianto Lallo menyampaikan ajakannya kepada masyarakat untuk mendukung Program Makassar Recover.

Hal itu disampaikan dirinya saat menjadi narasumber dalam acara Celebes Virtual Business Week (CVBW) pada Senin (26/7/2021) di Function Room, Menara Bosowa.

Rudianto Lallo hadir bersama Walikota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto dan dipandu langsung oleh Direktur Utama Celebes TV, Andi Suruji dengan tema “Bangkit di Masa Pandemi Makassar Aman untuk Semua”.

Dalam talkshow ini, Rudianto Lallo menyanjung langkah-langkah Walikota Makassar dalam memutus mata rantai Covid-19.

Saya meyakini bahwa aturan-aturan yang disampaikan oleh masyarakat Makassar itu lebih kepada aturan pusat. Kita kan NKRI, jadi kita bersyukur karena pak Wali ini sangat kreatif dan nyata, langkah-langkahnya konkrit dalam penanganan Covid-19, meskipun ada yang kurang puas, tidak puas, kan pak Wali ini bukan alat pemuas, yang penting yang DPRD catat bahwa pak Wali punya niat baik luar biasa dalam memutus mata rantai Covid-19 melalui program Makassar Recover tadi,” ungkapnya.

Menurut dia, pandemi Covid-19 bukan hanya tanggung jawab dari pemerintah, melainkan masyarakat Makassar juga memiliki tanggung jawab bersama dalam memutus penyebaran Covid-19 di Makassar.

“Saya berharap masyarakat Makassar bisa memahami dan mendukung juga pak walikotanya, minimal protokol kesehatannya jalan dalam keseharian jangan hanya bisa mencibir dan sebagainya tanpa menyukseskan program-program Walikota, karena bencana kedaruratan ini bukan hanya pemerintah yang bertanggung jawab tapi semua (masyarakat dan pemerintah). Saya berharap di akhir 2021, di 2022 persoalan Covid ini tidak lagi dibicarakan. Hidup kita bisa normal kembali sehingga kita bisa sejahtera,” harapnya.

 

 

 

 

 

 

source : info DPRD Makassar

read more
DaerahNews

Ditengah Pandemi,Produksi Padi Sulsel Meningkat 41%

LANGITKU NETWORKS, Makassar – Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman mengaku terjadi peningkatan produksi hasil pertanian, salah satunya produksi beras yang meningkat 41 persen di banding tahun lalu.

Diketahui, Badan Pusat Statistik (BPS) Sulsel mencatat produksi padi pada periode Januari – April tahun 2021 meningkat.

Produksi pada periode Januari – April 2021, mencapai 1.669.308 ton gabah kering giling (GKG), sedangkan produksi periode Januari – April tahun 2020  sebesar 1.182.712 ton atau mengalami peningkatan sebesar 41 persen.

Jika dikonversikan menjadi beras, maka sepanjang bulan Januari-April 2021 produksi beras mencapai 952.975 ton. Sedangkan  produksi beras pada periode Januari – April 2020 yang sebesar 675.187 ton, atau mengalami peningkatan sebesar 41 persen.

Andi Sudirman Sulaiman mengaku telah melaporkan kepada Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengenai strategi agar produksi beras di Sulsel disinkronkan untuk program bantuan sembako untuk masyarakat terdampak pandemi Covid-19.

“Kami telah menyampaikan kepada bapak Menko agar diberikan solusi dengan hasil pertanian beras petani,” katanya, Senin (26/7).

Ia berharap dengan dukungan dari Pemerintah Pusat bisa membantu dalam mendistribusikan hasil pertanian. Terlebih lagi petani akan segera memasuki masa panen.

“Di Bulog Sulsel sudah penuh gudang-gudang, penggilingan juga penuh. Apalagi bulan Agustus akan ada panen lagi. Kita tidak ingin petani menjadi was-was jika panen lagi namun tidak terserap di pembeli ataupun bulog,”tuturnya.

Menurutnya, dengan mengusulkan ke pemerintah pusat akan dibantu dalam mendistribusikan produksi gabah sulsel.

“Kami usulkan agar dibantu dalam  mendistribusikan produksi gabah sulsel, baik disinkronkan dengan program bagi sembako oleh bulog untuk program bantuan sembako terdampak Covid-19 maupun bulog kirim stok keluar provinsi. Dan Alhamdulillah, pak Menko sudah minta tim dari Kementerian untuk menindaklanjuti,” tutupnya.

 

 

 

source : sulselprov

read more
DaerahNews

Matangkan Proses Perencanaan Pembangunan Sekolah Berstandar Internasional, Bunda Paud Kunjungi Sekolah Ini

LANGITKU NETWORKS, Makassar – Pembangunan sekolah berstandar Internasional memasuki tahap perencanaan. Guna makin mematangkan proses perencanaan tersebut, Bunda Paud Kota Makassar, Indira Yusuf Ismail didampingi oleh Pengurus TP PKK Makassar, Team IAI, dan Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Makassar melakukan kunjungan ke beberapa sekolah swasta yang ada di kota Makassar.

Kali ini, 3 sekolah terpilih untuk dikunjungi yakni Sekolah Bina Citra Indonesia, Stella Gracia School, serta Sekolah Dian Harapan. Indira Yusuf Ismail menyampaikan bahwa kunjungan ke beberapa sekolah tersebut terbilang penting sebagai tambahan referensi dalam upaya mewujudkan sekolah berstandar internasional.

“Kita ingin melihat seperti apa, apa yang menjadi keunggulan setiap sekolah, apa yang seharusnya dimiliki oleh sekolah agar kualitas pendidikan dapat ditingkatkan,” ujarnya, Senin (26/07/2021)

Indira Yusuf Ismail pun menambahkan bahwa kondisi fisik sekolah pun turut memberi peran dalam upaya tumbuh kembang anak, sehingga patut mendapat perhatian. “Mungkin akan banyak pro kontra terkait ini, namun dengan hati tulus demi masa depan generasi penerus bangsa, kita ingin berikan yang terbaik,” lanjutnya.

Karena sejatinya sekolah bukan hanya untuk membekali generasi penerus bangsa dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan, namun juga untuk membentuk karakter mereka, agar dapat tumbuh dengan akhlak mulia, serta bermanfaat bagi sesama.

Dalam kunjungan kali ini, Bunda Paud Kota Makassar, Indira Yusuf Ismail terlihat antusias dan penuh semangat, saat mengelilingi masing-masing sekolah yang luasnya terbilang lumayan. “Semoga impian untuk memberikan sekolah terbaik bagi anak Makassar dapat segera terwujud,” tuturnya.

 

 

 

 

source : Hidayat

read more
DaerahNews

Bertemu Walikota Danny, PHRI Siap Terapkan Disiplin PPKM Darurat Level IV

LANGITKU NETWORKS, Makassar – Walikota Makassar Moh  Moh. Ramdhan Danny  Pomanto menerima ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sulsel, Anggiat Sinaga di kediaman pribadi Walikota, di jalan Amirullah. Senin 26/7/2021.

Pertemuan keduanya membahas Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat ( PPKM ) level IV yang diterapkan di Kota Makassar khususnya dalam penerapannya di sektor perhotelan.

Dihadapan sejumlah pengusaha Hotel yang tergabung dalam PHRI, Walikota Danny menegaskan, bahwa penerapan PPKM ini, semuanya harus berpikir positif untuk melaksanakannya sesuai aturan dan disiplin dengan prokes.

“Artinya kita tidak boleh melanggar aturan PPKM level IV, ini hampir sama dengan PPKM sebelumnya,” ucap Danny.

Menurut  Danny masyarakat patut bersyukur, karena di rapat kedua kemarin oleh pemerintah pusat PPKM akhirnya diperlonggar.

“Dalam rapat pertama PPKM diterapkan mulai tanggal 26 Juli hingga 8 Agustus 2021 dan akhirnya dalam rapat selanjutnya, hanya sampai tanggal 2 Agustus,” jelas Danny

Untuk itu Danny berharap kepada masyarakat untuk  melaksanakan PPKM ini dengan baik, supaya tingkat penyebaran Covid 19 dapat diredam.

“jika kita tidak disiplin menerapkan PPKM ini bisa jadi kita meningkat menjadi zona hitam,” terangnya.

Menyingkapi penerapan PPKM yang diberlakukan mulai hari ini ,Anggiat Sinaga bersama anggotanya di PHRI siap menerapkan sesuai aturan dari pemerintah pusat.

“Sesuai arahan dari pak Wali, beliau mengajak kami untuk disiplin dan jangan melanggar aturan PPKM darurat ini, apalagi aturan PPKM darurat ini berbeda dari yang diberlakukan di Jawa, karena di Makassar sedikit fleksibel,” terangnya.

 

 

 

 

source: Hidayat

read more
DaerahNews

Satpol PP Makassar Bagikan Paket Bahan Pokok Kepada Pedagang Kaki Lima

LANGITKU NETWORKS, Makassar – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Makassar mendistribusikan paket bahan pokok bagi warga yang terdampak secara ekonomi akibat pandemi covid 19.

hal ini terlihat saat Satpol PP yang bertugas di kecamatan membagikan langsung paket bantuan bahan pokok kepada pedagang kaki lima di 14 kecamatan di kota Makassar.

Sekretaris Satpol PP Kota Makassar Muh. Iqbal Asnan mengatakan paket bahan pokok berasal dari bantuan  seorang dermawan yang ingin berbagi.

“Paket ini kami distribusikan melalui  Satpol PP yang bertugas di kecamatan, karena satpol PP kecamatan paham sekali dengan wilayah teritorialnya, sehingga paket bantuan bahan pokok yang bagikan dipastikan sampai kepada orang yang tepat dan layak,” Kata M. Iqbal. Jumat Malam (22/7/2021).

Adapun paket bantuan bahan pokok berjumlah 700 paket yang masing masing berisi Beras, Gula Pasir, Indomie, dan Minyak Goreng.

Untuk itu M Iqbal menghimbau jika ada dermawan yang ingin berbagi kepada masyarakat pihaknya akan siap membantu mendistribusikan.

“Kami mencoba membantu memikul beban masyarakat dengan mendistribusikan paket sembako,” terang M.Iqbal.

 

 

 

 

 

source : Hidayat

read more
DaerahNews

DPRD Makassar Sahkan Laporan Pelaksanaan APBD 2020 Jadi Perda

LANGITKU NETWORKS, Makassar – Disetujui sembilan fraksi, Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD tahun 2020 Kota Makassar telah disahkan menjadi Peraturan Daerah.

Hal ini ditunjukkan saat DPRD menggelar Rapat Paripurna dengan agenda Pendapat Akhir Fraksi-Fraksi DPRD makassar terhadap Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD tahun 2020 Kota Makassar, Rabu (07/07/2021).

Sebelum pengambilan keputusan, Badan Anggaran DPRD Kota bicaranya menyampaikan sejumlah rekomendasi terkait pelaksanaan APBD 2020 melalui juru bicaranya Hasanuddin Leo (F-PAN).

Sejumlah Rekomendasi tersebut diantaranya, meminta Pemkot Makassar segera menindaklamjuti Laporan Hasil Pemeriksaan BPK tahun 2020 dan diharapkan selesai 60 hari kedepan.

Selain itu, meminta penyerapan anggaran yang minim menjadi indikator SKPD terkait tidak melaksanakan kegiatan, salah satunya kegiatan tender. Ketiga, Layanan kebutuhan masyarakat, kesehatan, sosial, pendidikan, masih jauh dari harapan.

Sementara itu, DPRD juga meminta perusda menghasilkan kontribusi terhadap PAD. Serta dengan tegas meminta tenaga pendamping yang ditugaskan Dinas Sosial wajib untuk diganti karena dalam prakteknya banyak merugikan masyarakat.

 

 

 

 

 

 

 

source : info DPRD Makassar

read more
DaerahNews

Danny Akan Mengulangi Kerjasama SDM Bersama Singapore Cooperation Enterprise

LANGITKU NETWORKS, Makassar – Pemerintah Makassar bersama Singapore Coorporation Enterprise (SCE) akan mengulang kerjasama bidang Capacity Building yakni peningkatan sumber daya manusia.

Hal tersebut terungkap dalam pertemuan yang digelar  secara virtual, antara Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan “Danny” Pomanto bersama manajemen SCE.

Wali Kota Danny mengatakan, peningkatan sumber daya manusia bagi aparatur sipil negara dipandang sangat perlu untuk meningkatkan kapasitas dan daya saing Sumber Daya Manusia di Pemerintahan Daerah.

“Ini adalah moment yang sangat bagus, apalagi tahun 2014 kita pernah laksanakan pelatihan ASN bersama SEC dan tahun ini kita akan ulang kembali,” kata Danny.

Untuk merealisasikan kerjasama tersebut, Pemerintah Kota Makassar telah menyerahkan proposal kepada pihak Komisaris SEC .

Dari proposal yang sudah diajukan, kata Danny sejauh ini tidak banyak yang dikoreksi oleh SEC sehingga  Pemkot mempersiapkan dokumen kerjasamanya.

“Harapan kita pihak SEC setuju dengan proposal dan tidak banyak dikoreksi, rencananya kita buat tahun depan pada bulan September karena saat ini kita masih dalam situasi pandemi Covid 19,” jelas Danny.

 

 

 

 

source : Hidayat

read more