close

Daerah

berita yang mencakup kota Makassar dan Sulawesi Selatan

DaerahNews

TP PKK Kota Makassar Gelar Pemantapan Administrasi Dasawisma

LANGITKU NETWORKS, Makassar – Ketua Tim Penggerak PKK Kota Makassar, Indira Yusuf Ismail, tekankan pentingnya ketertiban administrasi dasawisma. Untuk mewujudkan ketertiban administrasi, TP PKK Kota Makassar gelar kegiatan pemantapan administrasi kelompok dasawisma, yang diikuti oleh ketua dan sekretaris tingkat kecamatan, kelurahan, hingga RT/RW.

Kegiatan pemantapan digelar di Baruga Anging Mammiri, Senin (18/10/2021), dengan harapan dapat membentuk kelompok dasawisma di 153 Kelurahan. Dasawisma yang terbentuk, diharapkan dapat membantu mewujudkan keluarga yang sehat serta mendapatkan gizi sesuai kebutuhan.

“Data administrasi dasawisma harus akurat, dan update, sehingga permasalahan di setiap wilayah dapat diketahui dengan akurat, sehingga solusi yang diberikan juga dapat tepat sasaran,” ujar Ketua TP PKK Kota Makassar, Indira Yusuf Ismail.

Selain itu, anggota dasawisma diharapkan direkrut orang-orang yang mau bekerja, sehingga diperoleh data yang akurat, dan primer, untuk mendukung 10 program pokok PKK serta program pemerintah.

Dalam pemantapan administrasi menghadirkan Ketua TP PKK Kota Makassar selaku narasumber, bersama dr Hj A. Hadijah Iriani, Hj St Suraidah Nur Dien Nusiari Yoesoef Madjid, dan Hj Bonita Latif Usman.

“Setelah pemantapan ini, diharapkan tidak ada lagi kesalahan penginputan data saat dilakukan monitoring nantinya,” tekan ibu Indira.

 

 

 

 

 

 

source: Hidayat

read more
DaerahNews

Walikota Makassar-Walikota Bontang Berbagi Pengalaman, Bersama Wujudkan Pembangunan Kota

LANGITKU NETWORKS, Makassar – Walikota Makassar Moh. Ramdhan “Danny” Pomanto menerima kunjungan Wali kota Bontang Basri Rase bersama rombongannya di kediaman pribadi Walikota Jalan Amirullah, Sabtu (16/10/2021).

Pertemuan kedua Walikota ini diwarnai dengan suasana penuh keakraban. Mereka saling bahas pengalaman selama membangun daerahnya masing masing.

Danny mengatakan suatu kehormatan Walikota Bontang bertandang ke pemerintah kota Makassar karena menurutnya kunjungan ini adalah kunjungan persaudaraan dan saling berbagi pengalaman.

“Kota Makassar perlu belajar seperti kota Bontang, utamanya pengolahan industri-industri besar. Industri strategis nasional itu semua ada disana. Kita tidak punya pengalaman soal itu jadi sebenarnya kita saling share,” kata Danny

Menurut Danny, di satu sisi kota Makassar dibandingkan Bontang adalah kota industri yang mempunyai banyak hutan lindung serta memiliki sumber daya kekayaan alam tinggi.

“Makassar adalah kota yang fight sendiri dengan apa yang kita miliki. Dengan segala kekurangan dan kelebihannya sedangkan kota Bontang memberi kontribusi kepada negara karena industri strategis nasional ada di situ. Olehnya itu dibutuhkan hubungan emosional dan kelembagaan juga kerjasama untuk saling share dan care,” ujarnya.

Demikian halnya dengan Walikota Bontang Basri Rase. Ia menuturkan sebagai walikota yang baru saja dilantik, dirinya yang diibaratkan sebagai adik harus banyak belajar dengan Walikota Danny sebagai kakak yang sudah banyak berpengalaman.

“Beliau adalah Walikota yang berhasil memajukan kota Makassar, saya harus banyak sharing kepada yang berkompeten dalam suatu kemajuan pembangunan daerah, makanya saya datang kesini, kita bahas berbagai hal apa saja, sebagai saudara dan sahabat,” jelasnya.

 

 

 

 

source: Hidayat

read more
DaerahNews

Perluasan Bandara Aroeppala Diusulkan Masuk Proyek Strategis Nasional (PSN)

LANGITKU NETWORKS, Makassar – Kepala Dinas Perhubungan Sulsel, Muhammad Arafah mengaku Perluasan Bandara H Aroeppala Kabupaten Selayar dimasukan kedalam salah satu usulan Proyek Strategis Nasional (PSN) dengan penambahan runway dari 1.950 meter akan menjadi 2.400 meter.

“Perluasan Bandara Aroeppala yang diusulkan masuk kedalam PSN ini jika disetujui akan menambah jumlah PSN yang sudah ada di Sulsel sebelumnya, yakni Makassar New Port dan Kereta Api.”ungkapnya Jumat (15/10/21).

Ia menyebutkan review akan dilakukan oleh Kementerian Perhubungan karena tidak bisa dilakukan oleh Dishub Sulsel. Master plannya merupakan pengambaran secara global rencana pengembangan ada induk, jangka pendek, menengah dan panjang.

“Target perpanjangan ini adalah agar pesawat jenis Boeing bisa masuk,” sebutnya.

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menyebutkan bahwa prosesnya sejauh ini masih terkait rencana proses hibah tanah atau lahan dari Pemprov ke Pemerintah Pusat.

“Kita masih proses hibah tanahnya ke pusat. Lagi pembahasan hibahnya. Harapan kita nanti di sana bisa diperlebar dan pesawat besar bisa mendarat di sana,” katanya.

Koordinasi dengan Kementerian terus dilakukan, untuk anggaran belum ada nilai estimasi.

“Untuk anggaran belum ada estimasi karena kita masih koordinasi. Tugas kita sementara ini adalah menyerahkan lahan yang akan dipakai perluasan,” sebutnya.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Sulsel, Andi Darmawan Bintang menyebutkan, salah satu tujuan dari perluasan ini adalah mendukung Selayar sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Sulsel.

“Pengembangan Bandara Selayar itu memang salah satunya untuk tujuannya kepariwisataan. Di mana kita kembangkan, termasuk mendukung KEK. Untuk menunjang itu dan mempercepat pembangunan inftarstuktur,” jelasnya.

Lanjutnya, bahwa usulan pembangunan ini masuk sebagai bagian dari PSN, sehingga menjadi bagian dari tanggung jawab Pemerintah Pusat dengan asumsi mengurangi beban daerah untuk pembangunan infrastruktur.

 

 

 

 

 

source : sulselprov

read more
DaerahNews

Makassar Kembali Raih Stand Terbaik Satu Pada Ajang APEKSI 2021

LANGITKU NETWORKS, Yogyakarta – Dibawah kepemimpinan Walikota Makassar, Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto Pemerintah Kota Makassar kembali menorehkan prestasi.

Kali ini Kota Makassar meraih Juara 1 kategori Stand terbaik dalam ajang Indonesia Smart City Forum dan Expo 2021 yang merupakan rangkaian acara Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) di The Rich Hotel, Yogyakarta.

Torehan ini kembali tercatat setelah dua tahun vakum menerima penghargaan pada agenda tersebut.

Danny sekaligus perancang konsep booth ini mengatakan stand Kota Makassar dinilai sebagai yang paling menarik, atraktif dan paling ramah terhadap pengunjung. Dimana para pengunjung disambut musik sinrilik.

“Alhamdulillah kita mendapatkan terbaik satu kategori stand terbaik. Dan hari ini kita kembali meraihnya setelah beberapa tahun kota Makassar tidak pernah lagi mendapatkannya,” ucap Danny.

Kata Danny, berdasarkan laporan yang ia terima pemantauan pada siang, sore, dan malam hari, booth Makassar menjadi sorotan banyak pengunjung.

Karena Pemkot Makassar dinilai oleh penyelenggara sebagai stand yang paling total menjual program dan memperkenalkan seluruh inovasi. Mulai dari perkenalan inovasi masa kini dan masa mendatang, perkenalan sejarah yang dikemas ke dalam teknologi Sombere Smart City.

Desain stand Pemkot Makassar yang merupakan hasil rancangan langsung Walikota Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto juga dinilai sebagai stand paling futuristik.

Sekedar informasi, total poin yang diperoleh kota Makassar yakni 2.925 Poin. Sementara, terbaik kedua memperoleh poin sebanyak 2.785 poin.

 

 

 

 

source : Hidayat

read more
DaerahNews

sikapi aspirasi AMPR pekan lalu, komisi C DPRD makassar gelar RDP

LANGITKU NETWORKS, Makassar – Sikapi aspirasi Aliansi Mahasiswa Peduli Rakyat (AMPR) pekan lalu, Komisi C DPRD Makassar gelar rapat dengar pendapat (RDP),Jumat (15/10).

Aspirasi terkait Izin Amdalalin oleh Royal Apartement ini menjadi perhatian penting oleh Komisi C DPRD Makassar sehingga dilakukan RDP dengan menghadirkan pihak manajemen,perwakilan mahasiswa dan dinas terkait diantaranya Dinas Perhubungan,Dinas Penataan Ruang serta Dinas Lingkungan Hidup kota Makassar.

Dalam kesempatannya, Arifin Dg Kulle selaku ketua komisi C mengungkapkan bahwa rapat dengar pendapat dilaksanakan selain menjalankan fungsi pengawasan, juga ingin menyatukan persepsi mengenai yang dikeluhkan oleh Aliansi Mahasiswa tersebut.

Diketahui setelah dilaksanakannya RDP, Komisi C DPRD Makassar bersama pihak Manajemen Royal,Dinas terkait, dan Perwakilan Mahasiswa langsung turun meninjau keadaan gedung Royal Apartement.

read more
DaerahNews

Hari pertama APEKSI, sekretariat DPRD jadi penanggungjawab stand booth pemkot makassar

LANGITKU NETWORKS, Makassar – Hari Pertama kegiatan City Ekspo Asosiasi Pemerintah Kota se-Indonesia (APEKSI) 2021, Sekretariat DPRD bersama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), BPKAD,Bapenda,Dinas Penataan Ruang,Dinas Kesehatan dan Dinas Informasi dan Komunikasi (Infokom) menjadi penanggung jawab stand Booth pemerintah kota Makassar.

Pada pembukaan Rabu kemarin (13/10) stand booth pemerintah kota Makassar menjadi primadona bagi pengunjung yang hadir, itu terlihat saat para pengunjung meluangkan waktu mampir ke standy yang bentuknya mirip layar kapal phinisi dengan disambut dua orang pemain sinrilik dengan aluman musik khas seni tutur puitis.

Selain disambut dengan alunan musik, tetamu yang berkunjung juga diterima dara dan daeng yang berpakaian adat dengan disuguhkan penganan tradisional khas kota Makassar.

Saking uniknya stand Pemerintah kota Makassar yang mengusung tema seperti program Makassar Recover ini juga dikunjungi Walikota Bogor Bima Arya selaku ketua APEKSI dan Walikota Solo Gibran Rakabuming.

Dihari yang sama Walikota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menjadi pembicara pada Indo Smart City Forum dan Expo 2021 Rakernis Apeksi 2021.

Dihadapan Walikota se-Indonesia dengan tema “Kesiapan Ekosistem Smart City di Indonesia”,Walikota yang berjuluk Urban Planner ini menyampaikan bahwa Makassar Recover merupakan contoh nyata penggunaan smart city ke masyarakat yang diketahui merupakan bagian dari solusi ditengah pandemi.

Terkhusus pada pengaplikasian Satgas Detektor yang merangkum semua data kesehatan dan barcode.

Danny sapaan akrabnya menambahkan, Smart City kota Makassar yang digagas pemerintah kota Makassar menempati urutan ke 80 dari 102 kota smart city di dunia pada tahun 2019 dan juga salah satu kota yang mewakili Indonesia ditingkat Asean.

Diketahui Kegiatan APEKSI 2021 yang digelar dikota Yogyakarta ini berlangsung dari tanggal 13-15 oktober.

read more
DaerahNews

HUT Sulsel ke 352 Diisi Penyerahan Penghargaan bagi ASN dan OPD Terbaik

LANGITKU NETWORKS, Makassar – Pemerintah Provinsi Sulsel terus melakukan persiapan untuk pelaksanaan hari jadi provinsi sulsel yang 352 yang akan dilaksanakan dalam rapat paripurna istimewa pada tanggal 19 Oktober mendatang.

Ketua panita HUT Sulsel ke 352, Ahmadi Akil mengatakan pelaksanaan HUT Sulsel tahun ini yang akan dilaksanakan di Gedung DPRD Sulsel akan diisi berbagai kegiatan.

“Hasil pertemuan dengan Plt Gubernur Sulsel telah di sepakati kalau yang hadir lansung di Gedung DPRD Sulsel mulai dari menteri dalam negeri, perwakilan DPD dan DPR RI,85 anggota DPRD Sulsel, Bupati, Walikota se Sulsel serta pimpinan OPD,” ungkapnya usai melakukan rapat di Ruang Pimpinan Kantor Gubernur Sulsel, Rabu (13/10/21).

Ia menjelaskan pelaksanaan HUT Provinsi Sulsel ke 352 tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat.

“Karena masih dalam suasana pandemi covid-19 maka prokes dilaksanakan secara ketat,mulai dari penataan ruang dengan menjaga jarak, undangan di batasi,  diantaranya pejabat eselon 3 dan 4 bersama staf hanya mengikuti secara virtual termasuk wakil bupati dan wakil walikota mengikuti secara virtual di daerahnya masing-masing bersama forkopindanya,”jelasnya.

Lebih jauh, Ahmadi Akil mengaku pemberian penghargaan akan mengisi rangkaian kegiatan HUT Sulsel tahun ini.

“Penghargaan itu rencananya akan di berikan terkait dengan asn terbaik dilihat dari sisi fungsional misalnya asn dari penjaga pintu air, pelayanan kesehatan,maupun lainnya jumlahnya ada sekitar 10 orang kemudian penghargaan diberikan kepada 5 opd terbaik yang dinilai memberikan kontribusi terbaik untuk pemerintahan, serta penghargaan bagi pihak lainnya yang membantu dalam penyelamatan aset bermasalah contoh di gedung juang 45 diberikan kepada perseroda, kapolda, pangdam, satpol, KPK, di aset almarkas diberikan penghargaan kepada kejaksaan,” pungkasnya.

Sementara itu Wakil sekretaris HUT Sulsel, idham Kadir menambahkan penerapan prokes dilakukan secara ketat, mulai dari pemeriksaan suhu badan dan wajib memakai masker.

“Setiap undangan yang masuk keruangan paripurna akan dicek suhu tubuhnya, harus memakai masker, disiapkan handsanitaiser, termasuk distanbaykan tim medis bersama mobil ambulance,”ungkapnya.

Ia juga menghimbau ASN eselon 3,4 bersama staf agar tidak menhadiri langsung kegiatan HUT di Gedung DPRD Sulsel.

“Undangan lainnya seperti ASN eselon 3,4 bersama staf untuk tidak menhadiri langsung kegiatan HUT di Gedung DPRD Sulsel dan mengikuti secara virtual saja, untuk menghindari terjadinya kerumunan dimasa pandemi covid-19,”tutupnya.(*)

read more
DaerahNews

Danny Jadi Pembicara Pada Indo Smart City Forum Dan Expo 2021

LANGITKU NETWORKS, Yogyakarta – Walikota Makassar, Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto didaulat menjadi pembicara pada Indo Smart City Forum dan Expo 2021, di Rich Hotel Yogyakarta, Rabu (13/10/21).

Dengan tema “Kesiapan Ekosistem Smart City di Indonesia” Danny menyebutkan Smart City merupakan bagian dari solusi di tengah pandemi.

Hal itu dibuktikan dengan melandasinya kasus covid 19 dari status level 4 terjun bebas ke level 2 dan tidak melewati status level 3.

Dihadapan Wali Kota se-Indonesia, Danny menyebutkan Makassar Recover merupakan contoh nyata penggunaan smart city ke masyarakat. Khususnya pada pengapklikasian Satgas Detektor yang merangkum semua data kesehatan dalam satu barcode.

“Smart city yang baik adalah smart city yang usefull, di makassar sedikit berbeda lebih ke menyentuh hati. Kami sebut Sombere and Smart City yang bisa diterima oleh masyarakat. Saya menggunakan smart city menyasar kesehatan. Kesehatan masyarakat itu merespon cepat. Kami ada 112, ditengah pandemi kami ada satgas detektor. Ini salah satu solusi nyata,” ucap Danny.

Menurut Danny, Smart city tanpa penerimaan rakyat hanya sebuah aplikasi pajangan yang memiliki biaya yang mahal.

Smart city kota Makassar yang digagas Danny juga menempati urutan ke 80 dari 102 kota smart city di dunia. Dan juga salah satu kota yang mewakili Indonesia di tingkat Asean.

Namun, Danny mengingatkan kedepannya Smart city di setiap kota harus lebih disempurnakan kehadirannya.

“Kita tidak boleh lengah gelombang ketiga pandemi ini kita harus lebih hati-hati. Karenanya smart city harus lebih disempurnakan khususnya di Kota Makassar agar kesehatan masyarakat semuanya dapat terpantau lewat satu barcode,” sebutnya.

Danny juga meminta agar inovasi-inovasi dan smart city dibuatkan Undang-Undang agar patent.

“Jadi ketika sudah usefull ke masyarakat pemerintah pusat bisa membuatkan undang-undang agar ketika pemimpin berganti sistem dan inovasinya tetap bisa dinikmati oleh masyarakat,” harapnya.

Selain Danny, turut jadi pembicara yakni Staf Ahli Kemendagri Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Hamdani MM, Msi, Wali Kota Bogor, Bima Arya dan Wali Kota Jambi, Syarif Fasha.

 

 

 

 

 

 

source: Hidayat

read more
DaerahNews

serikat jukir makassar sampaikan keluhan terkait retribusi

LANGITKU NETWORKS, Makassar – Demonstran yang tergabung dalam Serikat Juru Parkir Makassar (SJPM) menyambangi gedung DPRD Makassar. Didominasi juru parkir jalan pengayoman dan boulevard, mereka menyampaikan sejumlah aspirasi terkait pengelolaan perparkiran yang semakin amburadul. hal itu membuat Serikat jukir “naik pitam” hingga menyuarakan untuk membubarkan Perusahaan Daerah Parkir Makassar.

Terutama penarikan retribusi parkir dan pajak parkir oleh Badan Pendapatan Daerah. Dipimpin Koordinator Lapangan Petrus Sihombing, yang menuturkan tuimpang tindihnya pelaksanaan penarikan retribusi antara Bapenda dan PD. Parkir Makassar.

Dalam tuntutannya, mereka mendukung walikota makassar mengevaluasi sekaligus membubarkan PD. Parkir, menyerahkan sepenuhnya pengelolaan retribusi parkir ke dinas perhubungan, sedangkan pengelolaan pajak parkir oleh Bapenda.

“Kami juga meminta untuk mencabut atau meniadakan sejumlah parkir elektronik yang terletak di jalan boulevard dan jalan pengayoman,” pungkasnya.

Aspirasi ini diterima langsung Wakil Ketua DPRD Makassar Andi Nurhaldin, NH didampingi Wakil Ketua Komisi B Andi Hadi Ibrahim Baso, Senin (12/10/2021) di ruang Penerimaan Aspirasi DPRD Makassar.

Wakil Ketua DPRD Makassar Andi Nurhaldin menyampaikan, pihaknya akan langsung berkoordinasi dengan pihak terkait, menruskan aspirasi ini untuk diagendakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) guna mediasi yang akan menghasilkan rtekomendasi dan ditidaklnjuti oleh eksekutif.

“Selaku Pimpinan DPRD, saya sendiri akan meneruskan aspirasi ini hingga dilakukana RDP dengan pihak terkait untuk menemukan duduk perkara yang dihadapi oleh teman-teman jukir dan sekaligus menemukan solusi yang benar-benar mengedapanlan kemanusiaan,” tutup Legislator Golkar itu.(*)

read more
DaerahNews

Tinjau Booth Makassar, Bima Arya-Gibran : Luar Biasa Persembahan Sang Inovator

LANGITKU NETWORKS, Yogyakarta – Usai mengikuti pembukaan secara resmi Indo Smart City Forum dan Expo 2021 oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia, Luhut Binsar Panjaitan, di Rich Hotel, Rabu (13/10/21).

Ketua APEKSI, Bima Arya bersama Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming didampingi Walikota Makassar, Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto meninjau kegiatan Expo. Dimana semua booth dari berbagai kota hadir.

Bima dan Gibran pun tak melewatkan Booth Kota Makassar. Kunjungannya disambut dengan irama sinrilik khas sejarah kota Makassar.

Saat memasuki booth, Bima dan Gibran terpincut dengan konsep yang ditampilkan Danny.

“Luar biasa booth dari Makassar ini. Terlihat jelas yang membuat konsepnya sangat inovator. Tak diragukan lagi Pak Danny,” ucap Bima Arya.

Tak hanya itu, Bima Arya juga mengungkapkan bagaimana Kota Makassar bisa menyelaraskan konsep kearifan lokal yang berbasis teknologi Smart City sesuai dengan tema APEKSI saat ini.

“Perpaduan kearifan lokal dan teknologi pada Booth Makassar terlihat jelas. Bagaimana visualisasi kebudayaan dipadukan Smart City untuk solusi di masa pandemi sangat luar biasa,” sebutnya.

Apresiasi juga datang dari Wali Kota Surakarta, Gibran. Katanya, banyak hal yang dapat dipetik dari Kota Makassar.

“Luar biasa boothnya. Sangat kental dengan budaya di Kota Makassar,” pungkasnya.

Sementara, Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto menjelaskan beberapa inovasi yang terpampang pada background booth Kota Makassar.

 

 

 

 

 

source: Hidayat

read more