close

Health

Health

Masalah Kulit yang Rentan Dialami Bayi

LANGITKU NETWORKS, Banyak orang yang ingin kulitnya terlihat mulus seperti kulit bayi. Padahal, kulit bayi juga tak luput dari sejumlah masalah.

Menurut dr Armansjah Dara Sjahruddin, SpKK, masalah kulit yang sering terjadi pada bayi antara lain ruam popok, dermatitis atopik, dan dermatitis seboroik.

Bayi juga bisa mengalami pioderma atau kulit bernanah, keratosis piliaris (kulit kasar seperti kulit ayam), dan skabies (kudis).

Salah satu alasan yang membuat bayi bisa mengalami peradangan kulit karena kondisi kulitnya yang berbeda dengan orang dewasa.

Kulit bayi lebih tipis sehingga lebih mudah mengeluarkan penguapan cairan dalam tubuh. Selain itu, kulit bayi juga belum tumbuh dengan sempurna.

Dampaknya, fungsi kulit sebagai pertahanan atau pelindung tubuh dari suhu udara dan benda-benda yang menyentuhnya belum optimal.

“Dengan begitu kecenderungan terjadinya iritasi dan kulit sensitif pada bayi lebih tinggi dibandingkan dengan orang dewasa,” kata dermatolog yang akrab disapa Dara itu.

Dara mengungkapkan, masalah kulit pada bayi dapat diatasi dengan cara menjaga kebersihan dan memberikan produk yang tepat.

Namun sebelumnya, orangtua perlu mengetahui jenis kulit bayi. Sekadar informasi, bayi yang terlahir dari orangtua dengan riwayat asma, lebih rentan mengalami dermatitis atopik.

Kemudian, orangtua juga harus menjaga kondisi kulit bayinya selalu lembap. Salah satu caranya adalah memakaikan produk perawatan kulit khusus bayi.

Dara mengimbau agar orangtua lebih berhati-hati dan teliti sebelum memilih produk. Sesuaikan produk dengan kebutuhan kulit bayi dan gunakan produk yang mengandung bahan alami dan bebas bahan.

“Bahan kandungan untuk produk perawatan bayi lebih ke arah yang memberi nutrisi seperti aloe vera dan rice bran oil,” ujar Dara.

Dia menambahkan, produk perawatan kulit yang setidaknya diberikan pada bayi adalah losion atau shooting cream.

Kedua produk tersebut mampu memberikan pertahanan dan proteksi karena menjaga kelembapan kulit. Dengan begitu masalah kulit akan jarang terjadi.

“Ingat juga, jangan pakai produk karena melihat orang lain. Sebab belum tentu produk itu cocok untuk anak kita,” ujar Dara.

 

SC : Kompas.com

read more
Health

Beragam Manfaat Minyak Eucalyptus, untuk Pernapasan hingga Antibakteri

LANGITKU NETWORKS – Suku Aborigin di Australia secara tradisional menggunakan daun eucalyptus sebagai minyak esensial yang membantu meredakan sesak napas, batuk, demam, dan penyembuhan otot yang sakit.

Minyak esensial ini diekstrak dari pohon eucalyptus tidak lama setelah orang-orang Eropa pertama tiba di benua itu.

Setelah itu, sejak pertengahan 1800an, minyak eucalyptus mulai diproduksi secara komersial, dan menjadi sangat populer di seluruh dunia.

Minyak eucalyptus di Indonesia sering disamakan dengan minyak kayu putih. Padahal, kayu putih atau melaleuca cajuput hanya satu famili dengan eucalyptus, yakni myrtaceae.

Ada sekitar 700an spesies eucalyptus yang ada di dunia. Kebanyakan, tanaman ini tumbuh dan berkembang di Australia.

Sebagian kecil lain ada di Papua Nugini dan juga Indonesia. Sementara, satu spesies, eucalyptus deglupta, dapat ditemukan di sebelah utara Filipina.

Dari 15 spesies yang ditemukan di luar Australia, hanya sembilan spesies yang merupakan varietas asli non-Australia.

Nah, sejak awal komersialisasinya minyak eucalyptus populer karena sifat antiseptik, serta antibakteri.

Minyak eucalyptus juga mengandung beberapa konstituen aktif, dan yang paling penting adalah eucalyptol.

Eucalyptol memiliki efek antimikroba terhadap berbagai bakteri penyebab penyakit, virus, maupun jamur.

Untuk kondisi pernapasan seperti asma, sinusitis, bronkitis, pilek dan flu, minyak eucalyptus sering digunakan sebagai inhalasi.

Umumnya, melalui nebulizer atau vaporizer di mana minyak diencerkan dalam uap air.

Kadang-kadang, minyak ini digunakan sebagai krim atau salep yang digosokkan ke dada untuk memberikan tindakan terapeutik melalui kombinasi inhalasi dan penetrasi minyak melalui kulit.

Selain itu, eucalyptus dapat dijadikan lozengesalias permen pelega tenggorokan atau bahan-bahan di dalam obat batuk dalam jumlah yang kecil.

Anti-bakteri

Dikenal sebagai antibakteri, eucalyptus sering dimasukkan ke dalam produk obat kumur guna membantu membunuh bakteri yang menyebabkan plak, gingivitis, dan bau mulut.

Minyak eucalyptus juga dapat ditambahkan ke tempat cucian untuk membunuh tungau dan debu dalam seprai, mendisinfeksi pakaian, serta membiarkan cucian berbau segar.

Sebuah penelitian menunjukkan, salep yang mengandung eucalyptus dan zat antimikroba lainnya bermanfaat dalam pengobatan infeksi akibat jamur pada kuku kaki.

Meskipun sangat bermanfaat, minyak eucalyptus ternyata tidak cocok untuk bayi, anak-anak, wanita hamil atau menyusui.

Minya ini juga tak cocok untuk orang yang alergi terhadap tanaman eucalyptus.

Penggunaan minyak eucalyptus juga disarankan harus ekstra hati-hati karena dapat mengiritasi mata, selaput lendir atau mukosa, dan kulit.

 

SC : The Healthy (Kompas.com)

read more
Health

5 Tips Diet Penangkal Stroke dan Serangan Jantung

LANGITKU NETWORKS, Jakarta – Makan makanan yang sehat dan seimbang adalah salah satu hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk melindungi kesehatan Anda. Faktanya, hingga 80 persen penyakit jantung dan stroke dapat dicegah melalui kebiasaan hidup, seperti makan makanan yang sehat dan aktif secara fisik.

Pola makan yang sehat memiliki beberapa manfaat. Mulai dari menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke, mengurangi tekanan darah, membantu Anda mengatur berat badan, dan mengontrol gula darah.

Berikut 5 tips pola diet sehat dikutip dari Heartandstroke:

1. Perbanyak makan buah dan sayur

Ini adalah salah satu kebiasaan diet paling penting. Sayuran dan buah mengandung nutrisi berupa antioksidan, vitamin, mineral dan serat yang membantu Anda menjaga berat badan serta kenyang lebih lama.

2. Memilih karbohidrat kompleks

Makanan yang mengandung gandum utuh termasuk roti gandum, oatmeal, dan sereal. Makanan gandum utuh memiliki serat, protein, dan vitamin B untuk membantu Anda tetap sehat dan kenyang lebih lama.

3. Makan makanan berprotein

Makanan berprotein termasuk kacang-kacangan, biji-bijian, tahu, ikan, telur, dan yogurt. Protein membantu membangun dan memelihara tulang, otot, dan kulit.

Selain itu, produk susu adalah sumber protein yang bagus. Pilih susu rendah lemak dan tanpa rasa agar tidak menaikkan berat badan.

4. Membatasi makanan cepat saji

Makanan cepat saji adalah makanan yang diolah dari sumber makanan aslinya dan memiliki banyak bahan tambahan. Selama pemrosesan, seringkali nutrisi penting seperti vitamin, mineral dan serat dihilangkan, sementara garam dan gula ditambahkan.

Contohnya berupa burger, pizza, kentang goreng, hot dog, dan lain sebagainya. Terlalu banyak mengonsumsi makanan cepat saji dapat meningkatkan kalori yang berujung pada obesitas.

5. Perbanyak minum air putih

Air putih dapat menurunkan berat badan karena meningkatkan hidrasi tanpa menambahkan kalori ke dalam makanan. Air putih juga bagus untuk menurunkan risiko berbagai penyakit seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker, serta mengurangi kadar stres.

 

 

source : Kanya Anindita – detikHealth

read more
Health

Bahaya Minuman Bersoda untuk Pasien Diabetes

LANGITKU NETWORKS, Penelitian menunjukkan bahwa minum terlalu banyak soda memiliki kaitan kuat dengan diabetes.

Riset 2017 juga membuktikan konsumsi soda juga bisa menurunkan kemampuan orang yang sudah mengidap diabetes untuk mengontrol glukosa darah.

Bahkan, soda diet yang diklaim rendah pemanis buatan pun juga tidak dapat mengurangi risiko diabetes.

Mengapa minuman soda bisa berakibat buruk pada diabetes?

Minuman bersoda seringkali dikemas dengan pemanis buatan. Mengonsumsi terlalu banyak minuman manis membuat tubuh menyimpan energi berlebih dalam bentuk lemak.

Jadi, mengonsumsi terlalu banyak soda bisa memicu kelebihan berat badan dan obesitas.

Penelitian telah menunjukkan bahwa kelebihan berat badan atau obesitas merupakan faktor risiko diabetes tipe 2 dan berbagai penyakit kronis lainnya.

Asupan gula yang tinggi bisa memicu diabeteste karena bisa memicu konsentrasi glukosa darah yang lebih tinggi dari muatan tinggi karbohidrat yang cepat dicerna berarti lebih banyak permintaan insulin.

Permintaan insulin yang lebih tinggi dalam jangka panjang membuat pankreas lelah.

Hal ini dapat menyebabkan intoleransi glukosa dari sel.

Itu sebabnya, konsumsi makanan tinggi gula bisa meningkatkan resistensi insulin.

Apakah soda diet aman untuk penderita diabetes?

Meski tidak mengandung gula, soda diet biasanya mengandung pemanis buatan, perasa alami, zat pewarna, asam, pengawet, dan kafein.

Soda diet juga rendah nutrisi dan mengandung kalori kosong.

Padahal, mengonsumsi makanan olahan tinggi yang tinggi gula, lemak tidak sehat, dan kalori kosong meningkatkan risiko bertambahnya berat badan, yang merupakan faktor risiko diabetes.

Riset 2014 juga membuktikan, pemanis buatan, seperti yang ada di dalam soda diet, bisa berdampak negatif pada bakteri baik di usus.

Riset tersebut juga menemukan soda diet bisa meningkatkan resistensi insulin, yang dapat menyebabkan atau memperburuk diabetes.

Itu sebabnya, sebaiknya kita membatasi atau bahkan menghindari minuman ini dan menggantinya dengan pilihan yang lebih sehat.

 

source : kompas.com

read more
Health

4 Alasan Harus Banyak Minum Air Putih Biar Diet Nggak Sia-sia

LANGITKU NETWORKS, Jakarta – Rutin minum air putih bisa memberikan banyak mafaat kesehatan. Air yang masuk, dapat mengatur banyak fungsi dalam tubuh termasuk membantu menurunkan berat badan.

Jika saat ini kamu sedang menjalani diet sehat dan berolahraga secara teratur, pastikan untuk mengonsumsi cukup air setiap hari guna membantu penurunan berat badan. Air berperan dalam penurunan berat badan pada sistem pencernaan dan fungsi otot.

Studi yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa minum lebih banyak air dapat membantu dalam mengatur berat badan dan penurunannya.
Dikutip dari Healthshots, berikut empat alasan harus banyak mengonsumsi air putih saat diet.

1. Konsumsi air putih membantu membakar lebih banyak kalori

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Acta Physiologica menemukan bahwa 12 peserta penelitian yang minum setengah liter air dingin dan air suhu ruangan, masing-masing membakar antara dua dan tiga persen lebih banyak kalori. Dalam studi tersebut, peserta mengalami peningkatan pengeluaran energi. Selain itu, minum air dingin dapat membakar lebih banyak kalori dalam tubuh.

2. Air putih menekan nafsu makan

Minum air putih sebelum makan lebih disarankan bagi mereka yang ingin mengontrol jumlah kalori yang dikonsumsi. Melakukan hal itu akan mengisi perut dan membantu menghindari makan berlebihan.

Dalam studi yang sama, peneliti menemukan bahwa 50 keluarga yang minum setengah liter air sebelum makan mengalami penurunan berat badan, lemak tubuh, dan indeks massa tubuh dalam delapan minggu. Maka, minum air putih sebelum makan dapat membantu melancarkan program diet.

3. Minum air putih bisa membakar lemak

Air putih membantu sistem pencernaan dan memetabolisme lemak serta karbohidrat yang tersimpan. Saat mengonsumsinya, air berkontribusi untuk membakar lemak ekstra di tubuh.

Studi yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Nutrition juga menegaskan bahwa peningkatan asupan air dapat membantu menghilangkan lemak tak sehat di tubuh.

4. Sebagai pengganti minuman berkalori

Disadari atau tidak, banyak orang cenderung mengonsumsi lebih banyak kalori dari cairan selain air putih. Minum air putih adalah cara yang bagus untuk menghindari konsumsi kalori ekstra dari minuman lain seperti soda, jus, kopi, dan teh manis.

Studi yang diterbitkan dalam The Americal Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa ketika para peserta mengganti minuman berkalori tinggi dengan minuman non-kalori setiap hari selama enam bulan, mereka menghilangkan sekitar 2 hingga 2,5 persen berat badan. Jadi, jika sudah melakukan diet maka tambahlah asupan air putih yang efektif dalam menurunkan berat badan.

 

source : Zintan Prihatini – detikHealth

read more
Health

Bisa Redakan Mual dan Muntah Saat Hamil, Ini Sederet Manfaat Pisang

LANGITKU NETWORKS, Jakarta – Mengonsumsi sayuran dan buah-buahan selama kehamilan sangat dianjurkan untuk kesehatan ibu dan janin. Salah satu buah yang penting dikonsumsi selama kehamilan yakni pisang. Selain kaya nutrisi, pisang diketahui dapat meredakan mual dan muntah selama hamil.

Pisang merupakan buah tropis yang mengandung vitamin esensial, mineral, karbohidrat, dan serat makanan. Semua nutrisi tersebut dapat membantu perkembangan janin yang sehat selama kehamilan.

Menurut Megha Mukhija seorang nutrisionis, pisang diketahui dapat membantu meredakan muntah dan mual yang kerap dialami para ibu hamil.

“Pisang kaya akan vitamin B6 atau piridoksin. Vitamin B6 ini dapat menyembuhkan mual dan morning sickness. Makanya, dengan mengonsumsi pisang terutama pada trimester pertama sangatlah dianjurkan,” ujarnya.

Selain itu, manfaat pisang untuk ibu hamil juga dapat membantu menurunkan risiko edema. Banyak wanita hamil mengalami edema atau retensi air pada trimester kedua dan ketiga kehamilannya.

Dikutip dari Standardmedia, berikut beberapa manfaat pisang bagi ibu hamil yang tidak kalah penting bagi kesehatan ibu dan janin.

1. Meningkatkan hemoglobin

Kekurangan zat besi adalah penyebab paling umum dari rendahnya kadar hemoglobin. Kebanyakan ibu hamil menderita anemia karena kadar hemoglobin biasanya cukup rendah.

Mengonsumsi pisang selama kehamilan dapat membantu meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh yang dapat meningkatkan sel darah merah dalam darah dan membantu kadar hemoglobin meningkat. Serta, dapat mencegah berbagai macam komplikasi pada kehamilan.

Selain meningkatkan hemoglobin, pisang juga punya sederet manfaat lain bagi ibu hamil.

2. Sumber asam folat yang bagus

Pisang diperlukan untuk perkembangan otak dan sumsum tulang belakang bayi. Dengan mengonsumsi pisang tentunya dapat mencegah kekurangan asam folat yang menyebabkan bayi lahir prematur, sekaligus mengurangi risiko cacat lahir.

3. Meningkatkan energi

Pisang kaya akan karbohidrat karena mengandung gula sederhana seperti glukosa, fruktosa dan sukrosa yang dapat dimetabolisme dengan cepat oleh tubuh untuk memberikan dorongan energi langsung.

4. Meningkatkan pencernaan

Pisang menyediakan banyak serat makanan dan kalium serta mineral penting. Baik serat dan potasium bermanfaat bagi sistem pencernaan dan membantunya berfungsi dengan lancar. Pisang juga kaya akan pektin di mana membantu menormalkan proses pencernaan.

5. Membantu perkembangan tulang

Pisang merupakan sumber kalsium yang sangat baik dimana diperlukan untuk perkembangan tulang yang kuat baik pada bayi maupun ibu. Kalsium juga diperlukan untuk pengaturan kontraksi otot dalam tubuh.

 

source : Farah Nabila – detikHealth

read more
Health

Kenapa Mulut Terasa Pahit Saat Sakit?

LANGITKU NETWORKS, Banyak orang yang sedang tidak enak badan atau sakit merasakan mulutnya terasa pahit.

Rasa pahit atau tak enak di mulut ini terkadang membuat penderita tidak nafsu makan saat sakit.

Pasalnya, semua asupan yang masuk ke mulut rasanya akan berubah jadi pahit, hambar, sampai aneh seperti logam.

Dalam dunia medis, kondisi ini dikenal sebagai dysgeusia atau perubahan indra perasa.

Melansir Bustle, penyebab mulut terasa pahitbisa disebabkan sakit karena infeksi kuman seperti pilek, flu, atau gangguan tenggorokan.

Selain itu, mulut terasa pahit juga bisa muncul saat hamil sampai efek samping kemoterapi.

Kenapa mulut terasa pahit saat sakit?

Sebuah penelitian pada 2015 dari Monell Chemical Senses Center di AS berhasil memecahkan teka-teki kenapa mulut terasa pahit saat sakit.

Para ahli menyimpulkan, perubahan indra perasa saat sakit dipengaruhi protein dari sistem daya tahan tubuh bernama tumour necrosis factor (TNF).

Seperti diketahui, tubuh akan melepaskan zat kimia yang disebut sitokin saat terjadi infeksi dan peradangan.

Sitokin atau protein yang membantu sel daya tahan tubuh ini membantu tubuh melawan penyakit.

Pelepasan protein TNF dapat meningkatkan kepekaan rasa, sehingga terkadang mulut terasa lebih pahit saat sakit.

Selain itu, penyebab mulut terasa pahit saat sakit juga disebabkan imbas indra penciuman kurang peka saat tidak enak badan.

Penyakit tertentu membuat penderitanya jadi tidak peka bau. Mengingat indra penciuman dan indra pengecap saling berhubungan, saat salah satu indra ini bermasalah, indra yang lain turut terpengaruh.

Jadi, jika Anda tidak bisa mencium bau; besar kemungkinan segala rasa di mulut berubah hambar, jadi pahit, atau tidak enak.

Mulut terasa pahit saat sakit umumnya berlangsung selama beberapa hari dan tak memerlukan perawatan khusus.

Anda tak perlu repot menjajal cara mengatasi mulut pahit saat sakit karena masalah kesehatan ini bisa sembuh sendiri seiring kondisi tubuh yang berangsur-angsur membaik.

 

 

 

 

source : Nature,Bustle

Editor: Mahardini Nur Afifah

kompas.com

read more
Health

4 Bahaya Susu Sapi Jika Dikonsumsi Berlebihan

LANGITKU NETWORKS – Susu sapi banyak digunakan sebagai bahan tambahan pada masakan, diolah menjadi produk lain, atau dikonsumsi secara langsung.

Susu sapi memang kaya akan gizi yang berguna bagi tubuh. Menurut data Healthline, susu sapi megandung selenium, vitamin B6, Vitamin K, niasin, thiamin, dan riboflavin.

Mengonsumsi susu sapi juga telah terbukti membantu pertumbuhan tulang dan gigi, menjaga kesehatan jantung, dan mencegah diabetes.

Akan tetapi, konsumsi susu sapi berlebihan juga bisa memicu berbagai efek samping berikut:

1. Jerawat

Riset 2016 menemukan minum susu rendah lemak atau skim berlebihan bisa memicu jerawat, terutama di kalangan remaja.

Paslanya, susu bisamemengaruhi hormon tertentudalam tubuh, termasuk insulin dan faktor pertumbuhan mirip insulin-1 (IGF-1).

2. Alergi

Alergi susu terjadi karena tubuh bereaksi terhadap protein yang ada di dalamnya.

Alergi susu sapi bisa menyebabkan gejala seperti, asma, sesak naoas, diare, muntah, dan gangguan pencernaan.

Dalam kasus parah, alergi susu juga bisa menyebabkan anafilaksis yang mengancam nyawa.

3. Meningkatkan risiko patah tulang

Konsumsi tiga gelas susu sapi atau lebih bisa meningkatkan risiko patah tulang.

Pasalnya, protein hewani pada susu sapi menghasilkan asam saat dipecah.

Untuk menetralkan dan membuang asam, tubuh harus menggunakan kalsium yang dikandung susu serta simpanan kalsium dalam tubuh.

Itu sebabnya, konsumsi susu sapi berlebihan bisa meningkatkan risiko patah tulang.

4. Mengandung residu hormon dan antibiotik

Susu sapi biasanya mengandung residu hormon dan antibiotik, serta dioksin dan polychlorinated biphenyls (PCBs).

Zat residu ini dapat berdampak negatif bagi kesehatan manusia, antara lain berdampak buruk pada sistem saraf, sistem reproduksi, dan sistem kekebalan tubuh.

Hal ini juga berpotensi meningkatkan risiko jenis kanker tertentu.

 

 

source : Healthline,Medical News Today

editor : Ariska Puspita Anggraini

Kompas.com

read more
Health

Sakit Leher saat Bangun Tidur, Begini Solusinya

LANGITKU NETWORKS – Pernakah Anda merasa sakit di bagian leher setelah bangun dari tidur? Jika pernah, bisa jadi hal itu karena bantal atau posisi tidur kita yang keliru. Menurut chiropraktor dari Cleveland Clinic, Andrew Bang, jenis bantal dan cara kita memposisikan diri menjelang tidur juga bisa memengaruhi kondisi tubuh saat bangun. “Memilih bantal yang tepat, menghilangkan beberapa kebiasaan tidur yang buruk, dan mengetahui cara terbaik untuk memposisikan diri di tempat tidur bisa membantu meningkatkan kualitas tidur kita,” ucapnya.

Penyebab sakit leher Sakit leher bisa terjadi karena kebiasaan yang buruk, seperti membungkuk saat duduk atau postur tubuh keliru saat berjalan. Apalagi, kebiasaan bermain ponsel atau komputer juga bisa memengaruhi kondisi leher. “Tidur dengan posisi dagu ke dada dapat membuat otot leher tegang karena sebagian besar aktivitas kita sehari-hari dilakukan dengan cara itu,” ucap Bang. Selain itu, tidur miring dengan kepala ditekuk atau tidur tengkurap dengan kepala miring juga bisa menyebabkan hal yang sama.

Lalu bagaimana cara mencegahnya?

Menurut laporan Harvard Medical School, ada dua posisi tidur terbaik untuk mencegah sakit leher, yaitu tidur miring dan telentang.

– Tidur telentang

Jika memilih posisi tidur telentang, pilih bantal berbentuk bulat untuk menopang lekuk alami leher.Gunakan pula bantal yang lebih rata sebagai bantalam kepala. Hindari penggunaan bantal yang terlalu tinggi atau kaku agar leher tidak tertekuk dan memicu nyeri.

– Tidur miring

Jika memilih tidur miring, jaga agar tulang belakang tetap lurus dengan menggunakan bantal yang tinggi atau padat agar posisi leher dan kepala sejajar. Salah satu cara terbaik untuk mencegah sakit leher adalah memilih bantal yang tepat untuk tidur.

Posisi tidur yang harus dihindari

Hindari tidur dalam posisi tengkurang karena membuat punggung melengkung dan leher miring ke samping. Selain memicu sakit leher, tidur telentang juga bisa memicu ketegangan di area tulang belakang. Tulang belakang adalah saluran saraf. Tekanan di area tersebut bisa memicu rasa sakit di sekujur tubuh. Alhasil, kita juga bisa mengalami kesemutan dan mati rasa.

 

 

 

source : Kompas.com

Penulis : Ariska Puspita Anggraini
Editor : Ariska Puspita Anggraini

read more
Health

Sering Dijadikan Pemanis Buatan, Ini Bahaya Sirup Jagung

LANGITKU NETWORKS – Sirup jagung seringkalimenjadi pemanis tambahan pada makanan. Selain harganya murah, sirup jagung juga memiliki citarasa manis yang lebih tinggi daripada pemanis buatan lainnya.

Sayangnya, mengonsumsi terlalu banyak sirup jagung tinggi fruktosa juga bisa menyebabkan resistensi insulin, obeistas, diabetes tipe 2, dan tekanan darah tinggi.

Pakar pengobatan fungsional dari Cleveland Clinic, Mark Hyman, juga mengatakan sirup jagung tinggi fruktosa memiliki efek buruk untuk tubuh.

Pasalnya, sirup jagung mengandung glukosa yang tinggi. Fruktosa memang memiliki indeks glikemik yang rendah.

Akan tetapi, hanya sel hati yang dapat memproses fruktosa. Kondisi inilah yang memicu masalah kesehatan.

“Saat dikonsumsi, fruktosa diolah menjadi lemak oleh hati. Hal ini memicu produksi trigiliserida dan kolesterol,” ucap Hyman.

Jika dikonsumsi berlebihan, fruktosa juga bisa memicu lubang kecil di lapisan usus, yang membuat protein asing makanan dan bakteri masuk ke aliran darah.

Kondisi ini bisa memicu peradangan, yang semakin memperparah dan meningkatkan risiko diabetes tipe 2.

Memicu obesitas

Riset juga menunjukan sirup jagung tinggi fruktosa dapat memicu nafsu makan yang turut meningkatkan risiko obesitas.

“Sirup jagung tinggi fruktosa juga berkontribusi terhadap diabetes, peradangan, trigliserida tinggi, dan sesuatu yang kami sebut penyakit hati berlemak non-alkohol,” kata Dr. Hyman.

Tak hanyaitu, sirup jagung tinggi fruktosa juga bisa menyebabkan sirosis.

Adakah pemanis makanan yang menyehatkan?

Hyman merekomendasikan kita untuk menghindari sirup jagung sebagai pemanis makanan.

Sebaiknya, kita memilih makanan yang benar-benar mengandung pemanis alami, seperti buah-buahan.

Jika ingin mengonsumsi makanan kemasan, sebaiknya baca label kemasan terlebih dahulu.

“Seringkali makanan kemasan mengandung sirup jagung hampir 80 persen. Jadi, baca label kemasan sebelum membelinya,” saran Hyman.

 

 

source : health.clevelandclinic.org
Editor: Ariska Puspita Anggraini

kompas.com

read more