close

Health

Health

Catat! Ini Tips Bebas Diabetes ala Anak Muda

LANGITKU NETWORKS, Jakarta – Semua kebiasaan dan pola hidup sejak masih muda akan mempengaruhi kesehatan saat tua nanti, termasuk risiko diabetes. Jadi, penting menjalankan pola hidup sehat sejak masih muda untuk menekan risiko diabetes!

Salah satu pola hidup sehat yang bisa dilakukan untuk mencegah diabetes, adalah dengan menjaga berat badan dalam kisaran normal dan menurunkan berat badan kalau berlebih.

Sebuah data pada jurnal Diabetologia menunjukkan faktor berat badan berlebih ternyata berkaitan dengan peningkatan risiko diabetes. Risiko diabetes 2 kali lipat lebih tinggi untuk mereka yang punya berat badan berlebih. Risiko diabetes lebih tinggi 5 kali lipat pada mereka yang menderita obesitas.

Untuk menjaga berat badan agar tetap ideal kuncinya adalah kombinasi pola makan sehat dan olahraga rutin minimal 150 menit per minggu. Pola makan sehat memang seringkali sulit dilaksanakan, belum lagi banyak godaan cemilan tinggi gula dan tinggi lemak ketika beraktivitas.

Lalu bagaimana menerapkan pola makan sehat untuk menjaga berat badan?

Konsumsi Buah & Sayur

Untuk menjaga berat badan ideal, cobalah untuk perbanyak mengonsumsi buah dan sayur, misalnya dengan menambahkan menu sayuran saat makan siang. Namun perhatikan juga penambahan bumbu salad yang relatif tinggi kalori dan tinggi lemak. Lengkapilah menu sarapan dengan 1 mangkuk buah, dan pastikan ½ piring makan terisi dengan buah dan sayur setiap kali makan besar.

Ubah Cara Memasak

Cara kedua adalah membuat olahan makanan yang menyehatkan, misalnya dengan mengurangi cara masak menggoreng, dan gantikan dengan tumis atau panggang. Bisa juga dengan menggunakan produk masak alternatif yang bebas gula dan rendah garam, serta gunakan minyak yang lebih rendah lemak jahat atau lemak jenuh, misalnya minyak jagung, minyak canola, atau minyak zaitun.

Batasi Porsi Makan

Caranya mudah yaitu dengan mengonsumsi segelas air sebelum waktu makan, gunakan peralatan makan yang lebih kecil agar makanan tampak lebih banyak, makan secara perlahan guna mencegah makan berlebihan, serta hindari tawaran promo upsize yang terasa menguntungkan namun akan menambah asupan kalori.

Mengurangi Minuman Tinggi Gula

Cobalah untuk mengurangi minuman manis yang tinggi gula; misalnya dengan membawa air minum sendiri setiap bepergian dan mengurangi minuman kekinian yang tinggi gula dan tinggi kalori.

Perhatikan Camilan

Waspada karena banyak cemilan yang tinggi kalori dan gula. Camilan yang tidak sehat seperti itu tidak hanya mengganggu kontrol berat badan, tapi juga dapat merusak kesehatan.

 

 

 

 

source : detikHealth

read more
Health

Dokter Gizi: Asupan Serat Tak Gagalkan Diet!

LANGITKU NETWORKS, Jakarta – Dalam buku diet terbitan selebritis yang sempat viral, serat disebut bisa bikin perut kembung dan gagal turun berat badan pada beberapa orang. Dokter gizi meluruskan, diet tanpa konsumsi sayur dan sumber serat adalah kesalahan besar.

Dokter spesialis gizi klinik Dr dr Samuel Oetoro, MS., SpGK(K) menyebut, serat wajib dikonsumsi baik oleh pengidap obesitas, atau yang sehat sekali pun. Sebab, kekurangan serat justru bisa menimbulkan masalah pada sistem pencernaan. Masalah paling umum, yakni konstipasi atau sulit buang air besar.

“Serat itu sehat sekali buat orang yang tidak obesitas, apa lagi yang obesitas. Jadi kalau Anda ingin menurunkan berat badan, serat ini hukumnya wajib karena dia menyehatkan. Efek samping dari diet ekstrem adalah konstipasi (sulit buang air besar) karena melakukan diet ekstrem dengan mengurangi serat atau tidak boleh makan sayur, itu kesalahan besar,” ujar dr Sam dalam talkshow Perhimpunan Dokter Spesialis Gizi Klinik Indonesia (PDGKI), Minggu (14/3/2021).

Berbeda dengan penjelasan buku diet selebritis, dokter-dokter gizi meluruskan, serat justru membantu proses penurunan berat badan dalam program diet.

Turut hadir dalam talkshow, dokter spesialis gizi dr Arti Indira, MGz., SpGK., FINEM menyebut, serat bisa diperoleh dari sayur, buah, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

Selama dikonsumsi dalam porsi yang sesuai dan diolah dengan cara yang baik, seperti tanpa digoreng dengan minyak berlemak jahat, tak perlu takut serat malah merusak program diet.

“Serat yang tidak larut menghambat perjalanan makanan dan bahan yang tidak dibutuhkan tubuh. Serta tidak larut membuat volume tambahan di perut dan membuat kita merasa kenyang lebih lama. Ini yang membantu program penurunan berat badan dan membantu saluran pencernaan kita,” ujar dr Arti.

 

 

 

 

 

source : detikhealth

read more
Health

Rambut Jagung untuk Obat Diabetes Melitus

LANGITKU NETWORKS, Jakarta – Jangan buang rambut yang menempel di jagung. Penelitian menunjukkan rambut jagung dapat digunakan sebagai obat untuk diabetes melitus.

Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) Inggrid Tania menjelaskan rambut jagung bisa dikombinasikan dengan obat dokter untuk menurunkan gula darah pada pasien diabetes.

“Sudah ada beberapa penelitian hingga uji klinik pada pasien diabetes. Hasilnya menunjukkan pasien-pasien yang diberikan asupan rambut jagung menunjukkan penurunan kadar gula darah,” kata Inggrid.

Inggrid menyebut rambut jagung terbukti menurunkan kadar gula darah sewaktu atau yang diuji kapan saja dan kadar gula darah puasa. Studi juga menemukan rambut jagung dapat membantu menurunkan berat badan, indeks massa tubuh, lingkar pinggang, dan lingkar atas.

Khasiat ini didapat dari kandungan nutrisi yang terdapat di dalam rambut jagung.

“Kandungannya serat, protein, vitamin A, vitamin C, asam folat, zat besi, magnesium dan senyawa-senyawa seperti flavonoid,” ungkap Inggrid.

Semua kandungan itu berperan dalam menjaga kestabilan gula darah, menangkal radikal bebas, dan melancarkan pencernaan.

Berikut cara membuat rambut jagung untuk obat diabetes.
1. Siapkan 5 gr rambut jagung kering
2. Seduh rambut jagung dengan air panas 100 ml selama 5 menit
3. Saring air rambut jagung lalu diminum.

“Minum 1-2 kali sehari. Dikombinasikan dengan obat diabetes dari dokter,” kata Inggrid.

Sementara itu, Ketua Umum Perkumpulan Endokrinologi Indonesia Profesor Ketut Suastika menyatakan belum pernah mendengar pengobatan diabetes menggunakan rambut jagung. Menurut Ketut, pengobatan pasien diabetes harus dikonsultasikan dengan dokter.

“Saya tidak tahu, tapi prinsip pengobatan diabetes itu bukan hanya untuk menurunkan gula darah, tapi bertujuan untuk mencegah komplikasi. Jadi, sebaiknya konsultasikan dengan dokter,” kata Ketut.

 

 

 

 

 

source : CNNIndonesia.com.

read more
Health

Ini Sumber Karbohidrat yang Baik Dikonsumsi Ibu Hamil

LANGITKU NETWORKS, Jakarta – Memenuhi kebutuhan nutrisi selama kehamilan sangat penting. Terutama pemenuhan kebutuhan sumber karbohidrat yang merupakan sumber energi.

Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal Birth Defects Researchbahwa diet rendah karbohidrat dan tanpa karbohidrat harus dihindari oleh wanita yang berusaha untuk hamil atau sedang hamil.

Ini dikarenakan karbohidrat memberikan energi dan karbohidrat berfungsi sebagai sumber serat yang penting untuk pertumbuhan janin di dalam rahim.

Selain itu, ibu hamil yang membatasi karbohidrat setidaknya 30 persen juga lebih mungkin memiliki bayi dengan cacat tabung saraf yang akhirnya dapat menyebabkan kematian bayi atau cacat seumur hidup jika dibandingkan dengan ibu hamil yang tidak membatasi asupan karbohidratnya.

“Pola makan ibu sebelum dan selama awal kehamilan memainkan peran penting dalam perkembangan janin,” ujar Tania Desrosier, assistant and professor of epidemiology di the UNC Gillings School of Global Public Health, seperti dikutip dari laman The Bump.

Bagi ibu hamil yang tidak dapat bersahabat dengan gluten pun tetap dapat mencari penggantinya. Sehingga, kebutuhan sumber karbohidrat harian tetap dapat terpenuhi guna menunjang tumbuh kembang janin di dalam rahim.

Melansir Parenting First Cry, karbohidrat merupakan makro nutrien yang terdiri dari atom hidrogen, karbon, dan oksigen. Bentuknya tersedia dalam item sederhana seperti gula atau dalam bentuk kompleks seperti serat dan pati.

Makanan seperti sereal, kacang-kacangan, sayuran, buah-buahan, dan produk susu merupakan sumber karbohidrat yang baik. Sehingga, ibu hamil dapat menjadikan asupan tersebut sebagai sumber karbohidrat harian.

Makanan sumber karbohidrat yang dapat dijadikan asupan harian lainnya, di antaranya oatmeal, ubi jalar, kentang, jagung, roti gandum, beras merah, kacang polong, dan lainnya.

Jenis makanan ini masuk dalam tipe karbohidrat kompleks yang menjadi sumber makanan yang lebih baik karena membutuhkan waktu lama untuk terurai dan menghasilkan energi selama periode waktu tertentu. ibu hamil dapat mengandalkannya sebagai sumber karbohidrat selama kehamilan.

 

 

 

 

source : detikfood

read more
Health

Kenali Gejala dan Penyebab Polip Hidung

LANGITKU NETWORKS – Polip hidungmerupakan jaringan yang tumbuh di bagian dalam saluran hidung. Kenali gejala dan penyebab polip hidung.

Meski berbentuk jaringan, pertumbuhan ini tak bersifat kanker. Namun, pertumbuhan jinak ini biasanya akan terasa menyakitkan.

Polip memiliki bentuk yang bervariasi. Beberapa pertumbuhan berwarna cokelat kekuningan, beberapa berwarna merah muda.

Pada kondisi lebih parah, polip dapat menghalangi jalur napas sehingga menyebabkan kesulitan bernapas dan memengaruhi indera penciuman.

Polip hidung dapat terjadi pada siapa saja. Namun, kondisi ini 2-4 kali lebih sering terjadi pada laki-laki daripada perempuan. Orang dengan asma, infeksi sinus, dan alergi berisiko mengembangkan polip.

Gejala Polip Hidung

Mengutip Medical News Today, orang dengan polip hidup mengalami peradangan kronis pada lapisan saluran hidung dan sinus. Polip yang besar akan menghalangi saluran hidung.

Polip kecil umumnya tak menimbulkan gejala yang kentara. Namun, beberapa orang mengalami sejumlah hal umum berikut:

1. Hidung meler yang mungkin bersifat kronis. Pasien merasa seolah-olah mengalami pilek yang bersifat menerus.
2. Hidung tersumbat terus menerus. Dalam beberapa kasus, pasien juga mengalami kesulitan bernapas melalui hidung.
3. Perasaaan lendir yang terus mengalir di bagian belakang tenggorokan.
4. Berkurangnya kemampuan indera penciuman.
5. Berkurangnya kemampuan indera perasa.
6. Rasa sakit di wajah
7. Sakit kepala
8. Gatal di sekitar mata
9. Sleep apnea
10. Penglihatan ganda atau kabur yang lebih mungkin terjadi pada pasien yang mengalami alergi sinusitis atau fibrosis kistik.

Penyebab Polip Hidung

Penyebab polip hidung tak diketahui secara pasti. Namun, sebagian besar ahli percaya bahwa polip merupakan hasil dari pembengkakan (inflamasi) dalam hidung atau sinus.

Beberapa ahli juga percaya bahwa peradangan menyebabkan penumpukan cairan di ruang interstisial hidung dan sinus. Gravitasi menarik sel-sel ini ke bawah dan membentuk polip.

Ada pun beberapa faktor risiko polip hidung di antaranya:
– Sensitivitas terhadap aspirin atau obat antiinflamasi non-steroid
– Asma
– Alergi jamur di udara
– Rhinnnosinusitis atau peradangan pada saluran hidung dan sinus
– Fibrosis kistik
– Sindrom Churg-Strauss yang menyebabkan peradangan pembuluh darah
– Usia dewasa muda dan paruh baya
– Riwayat polip hidung keluarga

 

 

 

 

source : cnnindonesia

read more
Health

Catat! Ini Efek Samping Terlalu Sering WFH di Atas Tempat Tidur

LANGITKU NETWORKS, Jakarta – Pandemi COVID-19 yang sampai saat ini masih melanda dunia telah mengubah banyak hal yang dilakukan setiap hari, termasuk dalam bekerja. Banyak perusahaan yang menyarankan sebagian besar karyawannya untuk bekerja dari rumah alias work from home (WFH).

Terkait hal itu, saat bekerja di rumah sebagian orang mungkin memilih bekerja di atas tempat tidur. Berdasarkan studi pada November 2020 lalu, sebanyak 72 persen dari 1.000 orang di Amerika melakukan WFH selama 24 hingga 40 jam di atas tempat tidur.

Apa akibatnya?

Para ahli mengatakan, mereka yang bekerja atau menjalani WFH di tempat tidur bisa mengalami kerusakan pada fisik dan emosional yang permanen. Hal ini bisa terjadi meskipun tidak langsung terlihat dari awal.

Bekerja di atas tempat tidur bisa membuat beban pada leher, punggung, dan pinggul menjadi lebih besar untuk menopang tubuh. Kondisi ini menyebabkan rasa sakit yang bisa terjadi berbulan-bulan hingga bertahun-tahun.

Selain sakit di bagian tubuh tertentu, WFH di atas tempat tidur juga bisa menyebabkan sakit kepala dan insomnia. Penyebabnya karena terlalu banyak menghabiskan waktu di atas kasur.

“Tidak ada yang optimal. Cara itu benar-benar tidak kondusif untuk bekerja,” kata Susan Hallbeck selaku direktur teknik sistem perawatan kesehatan di Mayo Clinic yang dikutip dari NYPost, Senin (22/2/2021).

Untuk mencegah hal ini terjadi, para ahli menyarankan untuk pindah dari tempat tidur dan mencari tempat yang lebih baik untuk bekerja. Misalnya seperti di meja dan kursi yang mendukung.

 

 

 

 

source : detikHealth

read more
Health

Punya Masa ‘Kedaluwarsa’, Masker Kain Disarankan Hanya Dipakai Sebulan

LANGITKU NETWORKS, Jakarta – Memakai masker menjadi upaya penting untuk memutus penularan Corona. Saat ini sudah banyak sekali jenis masker yang tersedia di masyarakat salah satunya masker kain.

Meski efektivitasnya tak sebesar masker medis, penggunaan masker kain tetap dirasa perlu sebagai alternatif untuk digunakan di tempat umum. Namun perlu diingat bahwa masker kain juga punya masa tahan dan tak bisa digunakan terlalu lama.

“Kalau masker kain bisa dicuci saja tapi ini jangan lebih dari satu bulan kita pakai terus karena biasanya sudah mulai renggang, sehingga partikelnya mudah masuk,” kata Ketua Subbidang Penanganan Limbah Medis Bidang Penanganan Kesehatan Satgas COVID-19, dr Lia G Partakusuma, SpPK, dalam dialog BNPB, Jumat (19/2/2021).
“Dan setiap empat jam sekali sebaiknya ganti maskernya karena pasti sudah penuh dengan droplet,” sambungnya.

Saat ini ahli merekomendasikan penggunaan masker medis dilapisi masker kain. Kombinasi ini disebut bisa memberikan perlindungan ganda terhadap infeksi virus Corona.

Penting untuk diingat, setiap masker punya potensi untuk menularkan bahaya infeksi termasuk COVID-19. Oleh karena itu masker kain tetap harus dicuci menggunakan detergen untuk menghilangkan partikel bakteri dan virus yang berada di dalamnya.

“Masker kain bisa dicuci dan dipakai kembali keesokan harinya,” pungkas dr Lia.

 

 

source : detikNet

read more
Health

4 Cara Menghilangkan Lidah Terasa Pahit Saat Sakit

LANGITKU NETWORKS, Makassar – Saat sedang sakit, tak jarang kita merasakan segala sesuatu di lidah jadi terasa pahit.

Perubahan rasa ini bukanlah suatu penyakit, melainkan gejala dari masalah kesehatan tertentu.

Dalam kondisi normal, lidah pahit umumnya muncul setelah kita makan sesuatu yang pahit seperti pare, kopi, dan sebagainya.

Dilansir dari Medical News Today, alasan kenapa lidah pahit saat sakit ternyata berhubungan dengan sistem daya tahan tubuh.

Saat terinfeksi kuman biang penyakit seperti flu, pilek, atau sinus, tubuh akan mengirimkan protein peradangan untuk menangkap sel berbahaya.

Keluarnya protein ini dapat memengaruhi lidah dan indra pengecap, sehingga lidah jadi lebih pahit ketimbang biasanya.

Selain saat sakit, penyebab lidah pahit juga bisa berasal dari mulut kering, masalah gigi dan gusi, penyakit asam lambung, kerusakan saraf, efek samping obat tertentu, sampai, pengobatan kanker.

Kabar baiknya, rasa pahit di lidah terkait suatu penyakit atau kondisi medis tertentu bisa sembuh dengan sendirinya setelah masalah kesehatan teratasi.

Namun, ada beberapa cara untuk mengurangi rasa tidak nyaman yang kerap memengaruhi selera makan ini.
Berikut beberapa cara menghilangkan rasa pahit di lidah saat sakit yang bisa dijajal:

1. Jaga kebersihan gigi dan mulut

Melansir Emedihealth, menjaga kebersihan gigi dan mulut bisa membantu mengatasi lidah pahit.

Pastikan Anda menyikat gigi dua kali sehari, membersihkan sela-sela gigi, membersihkan lidah, dan menggunakan obat kumur.

2. Cegah mulut kering

Usahakan untuk minum banyak air putih dan cairan lain. Bila perlu, kunyah permen karet bebas gula untuk merangsang keluarnya air liur di mulut.

3. Konsumsi makanan kaya nutrisi

Saat lidah terasa pahit, hindari makanan yang meninggalkan rasa pahit atau tak enak di mulut seperti daging merah, kopi, teh, atau makanan bercitarasa pedas.

Konsumsi makanan kaya nutrisi seperti telur, susu, ikan, buah-buahan, dan sayuran.

Untuk melatih kepekaan indra perasa dan meningkatkan serela makan, konsumsi makanan kaya rempah dan berbumbu.

4. Makan asupan tinggi zinc

Cara menghilangkan rasa pahit di lidah saat sakit juga bisa dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung zinc.

Beberapa makanan tinggi zinc di antaranya kerang, biji-bijian, kacang-kacangan, telur, gandum utuh, dan cokelat hitam.

Konsultasikan ke dokter apabila beragam cara mengatasi lidah pahit di atas sudah dicoba tapi masalah kesehatan ini tak kunjung sembuh.

Terutama jika rasa pahit di lidah terjadi terus-menerus sampai memengaruhi selera makan dan berat badan jadi turun drastis.

 

source : kompas.com

read more
Health

3 Cara Makan Pisang yang Efektif Turunkan Berat Badan

LANGITKU NETWORKS, Jakarta – Konsumsi buah pisang adalah salah satu yang kerap direkomendasikan kala Anda mulai menjalani diet untuk menurunkan berat badan.

Pasalnya, makan lebih banyak buah dan sayuran adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kesehatan Anda. Cara ini juga diyakini dapat membantu menurunkan berat badan.

Buah pisang mengandung vitamin dan mineral penting yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Buah ini juga kaya serat dan rendah lemak, yang menjadikannya camilan baik untuk mencegah kelaparan dan mengisi energi kembali.

Ada sejumlah cara makan pisang yang direkomendasikan dan diyakini efektif menurunkan berat badan.

Berikut 3 cara makan pisang efektif menurunkan berat badan, sebagaimana dilansir India Times.

1. Banana oatmeal untuk sarapan pagi

Entah Anda sedang mencoba menurunkan berat badan atau tidak, buatlah aturan untuk tidak pernah melewatkan sarapan Anda.

Sarapan adalah makanan pertama dan terpenting hari itu. Di pagi hari, setelah 10-12 jam berpuasa semalaman, tubuh kita membutuhkan sesuatu untuk diisi ulang dan diberi energi kembali.

Sarapan berat di pagi hari yang kaya protein dan serat serta nutrisi lainnya dapat mengurangi konsumsi kalori Anda sepanjang hari.

Pisang mengandung pati dan kalium resisten tinggi, yang dapat meningkatkan perasaan kenyang dan memberikan energi instan Anda. Menyajikannya dengan oatmeal, dan biji chia, akan menjadikannya sarapan yang lezat dan mengenyangkan.

2. Pisang dengan selai kacang

Banyak ahli setuju bahwa pisang bisa menjadi camilan sebelum dan sesudah olahraga yang sempurna.

Buah ini kaya akan glukosa, yang memberikan energi instan, sangat dibutuhkan setelah sesi latihan yang intens. Selain itu, kandungan kalium di dalamnya bisa membantu menangkal kram otot pasca latihan dan pusing.

Untuk mengimbanginya, sandingkan pisang ukuran sedang dengan selai kacang atau segenggam kacang.

3. Smoothie pisang mentah

Sesuai penelitian, kandungan pati dalam pisang juga dapat membantu meningkatkan metabolisme.

Bahkan kandungan kalium di dalamnya dipercaya dapat mengatur perpindahan nutrisi ke dalam sel, yang dapat meningkatkan metabolisme.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition & Metabolism mengungkapkan bahwa mengganti 5 persen karbohidrat hari itu dengan sumber pati resisten dapat meningkatkan pembakaran lemak setelah makan sebesar 23 persen.

Pisang mentah mengandung paling banyak pati sehingga menjadi pilihan terbaik untuk memasukkannya ke dalam makanan Anda.

Karena rasanya agak pahit jadi Anda bisa mengolahnya menjadi smoothie dengan sedikit madu dan kacang-kacangan. Sajian ini bisa Anda dinikmati setelah sesi olahraga atau tengah hari untuk mencegah rasa lapar yang terlalu dini.

 

 

 

source : CNN Indonesia

read more
Health

Masalah Kulit yang Rentan Dialami Bayi

LANGITKU NETWORKS, Banyak orang yang ingin kulitnya terlihat mulus seperti kulit bayi. Padahal, kulit bayi juga tak luput dari sejumlah masalah.

Menurut dr Armansjah Dara Sjahruddin, SpKK, masalah kulit yang sering terjadi pada bayi antara lain ruam popok, dermatitis atopik, dan dermatitis seboroik.

Bayi juga bisa mengalami pioderma atau kulit bernanah, keratosis piliaris (kulit kasar seperti kulit ayam), dan skabies (kudis).

Salah satu alasan yang membuat bayi bisa mengalami peradangan kulit karena kondisi kulitnya yang berbeda dengan orang dewasa.

Kulit bayi lebih tipis sehingga lebih mudah mengeluarkan penguapan cairan dalam tubuh. Selain itu, kulit bayi juga belum tumbuh dengan sempurna.

Dampaknya, fungsi kulit sebagai pertahanan atau pelindung tubuh dari suhu udara dan benda-benda yang menyentuhnya belum optimal.

“Dengan begitu kecenderungan terjadinya iritasi dan kulit sensitif pada bayi lebih tinggi dibandingkan dengan orang dewasa,” kata dermatolog yang akrab disapa Dara itu.

Dara mengungkapkan, masalah kulit pada bayi dapat diatasi dengan cara menjaga kebersihan dan memberikan produk yang tepat.

Namun sebelumnya, orangtua perlu mengetahui jenis kulit bayi. Sekadar informasi, bayi yang terlahir dari orangtua dengan riwayat asma, lebih rentan mengalami dermatitis atopik.

Kemudian, orangtua juga harus menjaga kondisi kulit bayinya selalu lembap. Salah satu caranya adalah memakaikan produk perawatan kulit khusus bayi.

Dara mengimbau agar orangtua lebih berhati-hati dan teliti sebelum memilih produk. Sesuaikan produk dengan kebutuhan kulit bayi dan gunakan produk yang mengandung bahan alami dan bebas bahan.

“Bahan kandungan untuk produk perawatan bayi lebih ke arah yang memberi nutrisi seperti aloe vera dan rice bran oil,” ujar Dara.

Dia menambahkan, produk perawatan kulit yang setidaknya diberikan pada bayi adalah losion atau shooting cream.

Kedua produk tersebut mampu memberikan pertahanan dan proteksi karena menjaga kelembapan kulit. Dengan begitu masalah kulit akan jarang terjadi.

“Ingat juga, jangan pakai produk karena melihat orang lain. Sebab belum tentu produk itu cocok untuk anak kita,” ujar Dara.

 

SC : Kompas.com

read more