close

Automotive

Automotive

Bocoran Fitur Canggih Daihatsu Rocky, Bisa Ngerem Sendiri

LANGITKU NETWORKS, Jakarta – Menjelang peluncurannya, Daihatsu membocorkan keunggulan dari SUV kecil Daihatsu Rocky. Setelah membocorkan keunggulan mesin turbo yang juga ada pada Daihatsu Rocky, kali ini Daihatsu mengungkapkan fitur canggihnya.

Di dalam Daihatsu Rocky telah tersemat salah satu teknologi keselamatan teranyar Daihatsu, yaitu teknologi A.S.A. (Advanced Safety Assist). Teknologi ini bekerja dengan menggunakan sensor dari Stereo Camera yang mendeteksi objek di sekitar mobil, lalu memberikan perintah dan mengontrol mobil jika mobil dalam keadaan berpotensi bahaya.

Daihatsu Jepang sudah memproduksi kendaraan dengan teknologi A.S.A. sejak tahun 2012. Dengan memegang prinsip bahwa kendaraan kecil pun harus secara optimal dilengkapi perangkat keselamatan yang advance, Daihatsu ingin pelanggan selalu memiliki peace of mind ketika berkendara dengan Daihatsu. Beberapa kendaraan Daihatsu yang sudah menggunakan teknologi keselamatan ini adalah Move, Tanto, Thor, Cast, Taft, dan yang paling baru Rocky.
“Dengan adanya teknologi A.S.A. pada mobil Daihatsu, dapat memberikan perasaan yang lebih aman dan nyaman, sehingga pelanggan merasa tenang saat berkendara. Karena bagi Daihatsu, keamanan dan kenyamanan berkendara adalah prioritas utama.” Ujar Anjar Rosjadi, Marketing Product Planning Division Head Astra Daihatsu Motor.

Daihatsu Rocky, SUV Kecil Bermesin 1.000 cc Turbo Foto: Dok. Daihatsu

Teknologi A.S.A. dapat membantu mengurangi potensi bahaya ataupun dampak dari kecelakaan pada kendaraan. Hal ini dimungkinkan karena kendaraan Daihatsu yang memiliki teknologi A.S.A. diperlengkapi dengan berbagai fitur keselamatan, beberapa di antaranya adalah fitur Pre Collision Brake atau rem otomatis pencegah tabrakan dan Lane Departure Warning atau peringatan keluar lajur jalan.

Pre Collision Brake merupakan fitur yang mampu mencegah benturan dengan mengaktifkan pengereman darurat ketika mendeteksi kendaraan lain pada jarak dan kecepatan tertentu. Dengan demikian, dapat membantu pengendara menghindari atau meminimalkan efek benturan. Sedangkan Lane Departure Warning adalah sistem yang membuat pengemudi dapat lebih terjaga dan terbantu dengan memberi peringatan ketika kendaraan berpindah lajur secara tidak disengaja.

Sebelumnya, melalui siaran pers, Daihatsu membocorkan keunggulan mobil dengan mesin turbo. Bocoran keunggulan mobil bermesin turbo yang disiarkan Daihatsu di atas seakan menjadi pertanda kehadiran Daihatsu Rocky semakin dekat ke Indonesia. Apalagi, data NJKB atau Nilai Jual Kendaraan Bermotor Toyota Raize dan Daihatsu Rocky sudah muncul di Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No 1 Tahun 2021.

Dalam dokumen tersebut, termuat informasi bahwa Daihatsu Rocky dan kembarannya Toyota Raize bakal mengusung pilihan mesin 1.000 cc turbo dan 1.200 cc (N/A atau non-turbo). Mesin 1.000 cc turbo ditandai dengan kode A250, sedang mesin 1.2000 cc (N/A) pakai kode A251. Sementara kode kedua mobil ini ditandai sebagai RA untuk Raize dan RS untuk Rocky.

 

 

 

source : detikOto

read more
Automotive

Royal Enfield Meteor 350 Resmi Dijual, Harga di Bawah Rp 100 Juta

LANGITKU NETWORKS, Jakarta – Royal Enfield Meteor 350 resmi dijual di Indonesia mulai hari ini (15/2), dengan harga di bawah Rp 100 juta.

Bicara spesifikasi, Royal Enfield Meteor 350 akan tersedia dalam 7 warna dengan 3 varian berbeda, yakni Fireball, Stellar, serta Supernova. Meteor 350 Fireball tersedia dengan tangki bahan bakar satu warna, yakni merah atau kuning cerah, dengan lapisan pelek roda yang serasi, memiliki fitur blacked-out cycle parts dan mesin, yang dilengkapi dengan machined fins.

Sementara varian Stellar dilengkapi dengan tangki berwarna merah, biru, atau hitam doff dan komponen bodi yang serasi, hadir dengan setang dan knalpot krom ditambah sandaran punggung untuk pembonceng. Lalu Supernova merupakan varian tertinggi, dengan finishing dua warna biru atau coklat, dengan bagian bodi yang serasi, serta dilengkapi dengan pilihan jok premium, dan windshield.

Sebagai informasi, Meteor 350 mewarisi nama besar motor ikonik Royal Enfield tahun 1950-an. Diluncurkan pada akhir 1952, Meteor adalah motor touring yang sudah teruji oleh waktu. All New Royal Enfield Meteor 350 easy-cruise hadir dengan gaya khas klasik Royal Enfield namun tetap menghadirkan fitur-fitur terkini.

Royal Enfield Meteor 350 dirancang dan dikembangkan tim insinyur di dua pusat teknik mutakhir Royal Enfield di Chennai, Tamil Nadu, dan Bruntingthorpe, Inggris.

Motor ini dibekali mesin silinder tunggal 349cc dan berpendingin udara. Meteor 350 menghasilkan daya 20,2 dk dan torsi 27 Nm, menghasilkan suara low-down mendengung, yang merupakan karakteristik mendasar dari sebuah cruiser.

Royal Enfield Meteor 350 Foto: Royal Enfield
Royal Enfield Meteor 350 Foto: Royal Enfield

Fitur baru di Meteor 350 adalah pod navigasi TBT (Turn-By-Turn), atau yang dikenal sebagai Royal Enfield Tripper, perangkat tampilan navigasi yang fokus untuk memberi petunjuk arah secara real time, dirancang dengan Google Maps Platform.

“Indonesia merupakan salah satu pasar utama Royal Enfield di Kawasan Asia Pasifik. Kami telah mendapatkan sambutan baik untuk sepeda motor kami dan kami terus mengembangkan komunitas Royal Enfield di sini. Untuk memperluas jangkauan, kami meluncurkan all-new Meteor 350. Dengan Royal Enfield Meteor 350, kami menghadirkan cruiser yang unggul, mudah digunakan dan diakses,” kata Vimal Sumbly, Head Business APAC of Royal Enfield.

“Motor ini menawarkan kombinasi menawan dari gaya klasik cruiser dengan kemampuan modern; Sangat cocok bagi pengendara baru maupun yang sudah berpengalaman dalam menikmati penjelajahan. Sepeda motor ini juga merupakan cara kami untuk memenuhi permintaan yang semakin tinggi akan pengalaman berkendara yang santai dan terjangkau pada segmen kelas menengah kami,” tambah Vimal.

 

source : detikOto

read more
Automotive

Ducati Luncurkan SuperSport 950, Jadi Mirip Panigale V4

LANGITKU NETWORKS, Ducati resmi meluncurkan Ducati SuperSport 950. Motor ini didesain sebagai motor sport yang mudah digunakan bagi pemula.

Ducati SuperSport 950 adalah motor yang menggabungkan kesan sporty dengan penggunaan harian. Model baru telah direvisi dalam desain dan fitur elektronik dan peralatan yang diperbarui. Kini, motor itu juga sudah standar Euro 5.

Ducati merancang SuperSport 950 dengan bahasa desain Panigale V4. Motor ini dibekali lampu depan full LED dengan DRL yang mirip seperti Panigale V4. Sementara fairing didesain ulang secara khusus untuk menonjolkan kesan sporty.
SuperSport 950 hadir dengan swingarm satu sisi, rangka teralis yang dipasang pada engine yang berfungsi sebagai elemen bertekanan/penahan beban untuk mengurangi bobot. Motor ini memiliki bobot kering 184 kg.

Ducati SuperSport 950 Foto: Dok. Ducati

Paket elektronik terdiri dari ABS Cornering, kontrol traksi, kontrol wheelie, gearbox elektronik dan fungsi Riding Mode (Sport, Touring, Urban).

Joknya memiliki bantalan baru dan bentuk yang lebih datar yang menawarkan kenyamanan dan kebebasan pergerakan longitudinal. Ketinggian setang memungkinkan pengendara memiliki posisi berkendara yang sporty tanpa terlalu membebani pergelangan tangan, sedangkan pijakan kaki diposisikan agar tidak melelahkan lutut.

Ducati SuperSport 950 versi standar juga dilengkapi dengan fitur Quick Shift Up & Down. Kontrol kopling bersifat hidraulik, dan tuas dapat disetel, sedangkan girboks telah dimodifikasi untuk memfasilitasi pemasangan netral saat motor diam dan untuk memastikan pemasangan gigi yang tepat.

Ducati SuperSport 950 memiliki layar TFT 4.3″ yang menyajikan beragam informasi.

Soal jantung pacunya, Ducati SuperSport 950 menggendong mesin Ducati Testastretta dua silinder dengan homologasi Euro 5. Mesin itu mampu memuntahkan tenaga hingga 110 daya kuda pada 9.000 rpm dan torsi maksimal 93 Nm pada 6.500 rpm. Mesin itu diklaim tidak terlalu liar sehingga tidak mengintimidasi pemula.

 

 

SC : Rangga Rahadiansyah – detikOto

read more
Automotive

Triumph TRW 500 Sand Racer, Kejenuhan Seorang Seniman

LANGITKU NETWORKS, Jakarta – Nama Danny Hacka cukup terkenal di dunia motor custom. Seniman berbakat yang kerap memberikan sentuhan tiap motor custom menjadi lebih bernyawa. Danny Hacka yang terkenal melalui Hacka Pinstriping tak jarang untuk diminta melakukan kepiawaiannya menggambar pada motor custom. Dengan tangan dinginnya, material logam pun terasa seperti kanvas baginya.

Namun, berbeda dari motor-motor garapannya yang sebagian besar memiliki tampilan yang mulus. Pada motornya sendiri, Danny Hacka melakukan pemberontakan.

Triumph TRW 500 bergaya sand racer garapan Pitstop Motor Werk dan Danny Hacka(Dok. Kustomfest)

Pemberontakan atas kejenuhan dirinya yang selalu menggambar pada motor custom yang memiliki tampilan bersih, mengilap, dan mulus.

“Atas dasar kejenuhan tersebut saya membuat motor ini jauh dari kata bersih dan mulus alias kesan kusam seolah-olah saya menemukan motor balap jaman dahulu kala dan saya menghidupkannya kembali,” ujar Danny, dalam keterangan resminya.

Danny menambahkan, pemilihan tema motor sand racer atau balap pasir yang dari dulu hingga sekarang selalu digemari dan tidak terhempas tren menjadi pilihannya.

Tema tersebut juga menyatu dengan basis motornya, yakni Triumph TRW 500 produksi tahun 1950. Pengerjaan motornya sendiri berkolaborasi dengan Pitstop Motor Werk. Sedangkan untuk pengecatannya, dilakukan seluruhnya oleh Danny Hacka.

 

source : kompas.com

penulis Donny Dwisatryo Priyantoro | Editor Agung Kurniawan

read more
Automotive

Rayakan Ultah Porsche Kenalkan Edisi Terbatas Boxster GTS 4.0

LANGITKU NETWORKS, Jakarta – Merayakan hari jadi ke-25, Porsche hadirkan Boxster edisi terbatas GTS 4.0. Berbeda dengan model Boxster lainnya, edisi ini bakal menawarkan berbagai kelebihan yang mampu memanjakan setiap penggunanya.

Dikutip autocar, Perjalanan Porsche Boxster tidaklah singkat. Tercatat 1.250 unit Boxster telah terjual ke seluruh dunia dalam kurun waktu 25 tahun. Kini Edisi terbatas Porsche Boxster GTS 4.0 diperkenalkan untuk merayakan hari jadi Porsche.

Dikatakan edisi terbatas Porsche ini akan dikirim ke tangan konsumen pada musim semi tahun ini. Edisi terbatas ini akan dilepas dengan harga 72.760 poundsterling atau sekitar Rp 1,4 miliaran.

Perbedaan mencolok pda model ini bisa dilihat dalam desain yang disajikan. Porsche limited edition ini ditampilkan dalam bentuk original Porsche Boxster yang diperkenalkan pada 1993.

Soal pilihan warna Porsche Boxster GTS 4.0 ini akan ditawarkan dalam Neodyme atau warna tembaga, meski pilihan warna lain seperti hitam metalik dan putih metalik juga akan menjadi opsi pilihan konsumen.

Posche Boxster GTS 4.0 Foto: Pool (Autocar)

Pilihan lain yang tidak kalah original alias layaknya generasi 1993, terlihat pada pemilihan atap rooftop yang bisa dibuka tutup bersama dengan sentuhan kain merah bertulisan Boxster 25. Begitu juga dengan perubahan desain pipa knalpot yang kini lebih tinggi, serta sentuhan tutup pengisian bahan bakar yang dibuat dari bahan aluminium membuat mobil ini semakin mewah.

Begitu juga dengan tampilan interior, kemewahan Porsche Boxster edisi limited tersaji dalam pemilihan kulit jok terbaik yakni Bordeaux. Begitu juga tampilan ekslusif mobil ini sangat terasa baik dari eksterior maupun interior.

Soal mesin penggerak dikatakan mesin flat-six 4.0 liter akan menjadi pilihanya. Mesin dini diklaim akan memiliki kekuatan 395 tenaga kuda dan mampu mencapai top speed hingga 182 mph atau setara dengan 292 km/jam.

 

 

source : M Luthfi Andika – detikOto

read more
Automotive

Hasil MotoGP Ceko: Rookie KTM Juara, Yamaha Kedua, Ducati Podium Tiga

LANGITKU NETWORKS, Jakarta – MotoGP 2020 seri ketiga berlangsung di Sirkuit Brno, Republik Ceko, Minggu (9/8) malam WIB. KTM berjaya dengan menjadi juara pertama. Sementara Yamaha yang diprediksi menggila di sirkuit ini hanya berhasil mengirimkan wakilnya di podium kedua. Sedangkan podium ketiga menjadi milik Ducati.

Jalannya balapan berlangsung cukup seru sejak awal-awal lap. Pebalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli, sedari awal langsung melesat sendirian di depan. Namun di posisi kedua, ketiga, dan keempat, jarak antara rider cukup dekat, sehingga tersaji aksi saling menyalip.

Semula, perlombaan seperti hanya persaingan antara tim Petronas Yamaha SRT dan Reale Avintia saja. Tapi kemudian tim Red Bull KTM melalui pebalap rookie-nya, Brad Binder, tampil atraktif dan mengintimidasi Fabio Quartararo yang berusaha mengejar kompatriotnya di depan.

Secara mengejutkan Binder berhasil menyalip Zarco, Quartararo, hingga Morbidelli di 9 lap tersisa. Binder pun berhasil menjadi pebalap yang finis pertama di MotoGP Ceko, dengan catatan waktu 41 menit 38,764 detik.

Sementara Morbidelli menyelamatkan muka Yamaha di posisi kedua dengan gap waktu 5 detik. Zarco yang sempat kesusahan di awal-awal balapan, bahkan menyenggol motor Pol Espargaro hingga terjatuh, akhirnya berhasil naik podium tiga dengan selisih waktu 6 detik. Zarco pun mendapat hukuman long lap penalty.

Apresiasi juga patut diberikan kepada pebalap Suzuki Alex Rins dan sang legenda Valentino Rossi yang menuntaskan balap di posisi keempat dan kelima. Rins start dari posisi ke-11, sementara The Doctor memulai dari posisi 10 bersama Yamaha YZR-M1-nya.

 

 

source : Luthfi Anshori – detikOto

read more
Automotive

Begini Cara Mengemudi Aman Memanfaatkan Aplikasi Maps

LANGITKU NETWORKS, Jakarta – Menyetir mobil ke tempat yang belum pernah dituju tentunya membutuhkan arahan. Kemajuan teknologi saat ini, bisa menggunakan aplikasi navigasi yang ada di telepon genggam atau ada juga yang terintegrasi dengan sistem hiburan di mobil. Menggunakan navigasi memaksa perhatian pengemudi terbelah menjadi dua, antara konsentrasi ke jalan atau melihat peta agar tidak tersesat. Kondisi ini tentunya bisa berbahaya bagi pengemudi atau pengguna jalan lain. Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, Sony Susmana mengatakan, mengemudi sambil membaca peta merupakan hal yang berbahaya, sebaiknya pengemudi bisa memanfaatkan fitur audio dari aplikasi navigasi tersebut.

Tren GPS tambahan pada mobil mulai menurun akibat maraknya penggunaan smartphone.(thrumylens.org)

“Gunakan mode suara, sehingga perjalanan dapat dipandu secara audio. Apabila tidak yakin, berhentikan kendaraan di tempat yang aman untuk melihat peta,” ucapnya. Sony juga tidak menyarankan agar pembacaan peta dilakukan oleh penumpang lain, khawatir salah dalam membacanya. Pasalnya, persepsi orang bisa berbeda-beda, apalagi dengan jalanan di Indonesia yang banyak cabangnya.

Training Director The Real Driving Centre, Marcell Kurniawan menyarankan, sebelum mulai perjalanan, pengemudi bisa pelajari terlebih dahulu rute yang akan dilewati. “Jadi ketika diperjalanan, sudah mengetahui titik-titik tikungan dan nama jalan yang akan dilewati.

source : Kompas.com

Penulis : Muhammad Fathan Radityasani
Editor : Agung Kurniawan

 

read more
Automotive

Motor Bebek Termahal Honda Dapat Penyegaran Warna

LANGITKU NETWORKS Jakarta – Honda Jepang memberikan penyegaran pada lini produk klasik mereka, Super Cub C125. Penyegaran tersebut berupa pilihan warna baru yang lebih berani. Honda Super Cub C125 mendapatkan opsi kelir hitam yang terlihat lebih sporty dan maskulin.

Dikutip dari Young Machine, Super Cub C125 dengan pilihan warna hitam ini akan dirilis resmi di Jepang pada 31 Juli mendatang, seharga 407 ribu yen (Rp 54 juta). Selain warna hitam, Honda juga menawarkan dua opsi warna lainnya, biru dan abu-abu.

Di luar pembaruan warna, tak ada perubahan signifikan dari sisi performa maupun penambahan fitur-fitur advance. Mesinnya masih mengusung konfigurasi 125cc, 4 tak, satu silinder, SOHC 2 katup, dengan output tenaga 9,7 ps di 7.500 rpm dan torsi 9,79 Nm pada 5.000 rpm. Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi semi otomatis 4 percepatan.

Honda Super Cub C125 versi 2020 Foto: Young Machine

Honda Super Cub C125 juga dipasarkan di Tanah Air oleh PT Astra Honda Motor (AHM). Motor bebek ini diimpor secara utuh dari Thailand. Honda Super Cub C125 dipasarkan dengan satu pilihan warna saja, yakni biru. Untuk banderolnya sekitar Rp 72,7 juta. Honda Super Cub C125 disebut sebagai motor bebek termahal.

Kendati berharga selangit, Super Cub C125 justru jadi buruan kolektor motor di Indonesia. Inden atau masa tunggu Super Cub C125 bahkan pernah hingga 1 tahun.(lua/din)

source : Luthfi Anshori – detikOto

read more
Automotive

Ada Sejak 1893, Siapa Pemilik Sepeda Motor Pertama di Indonesia?

LANGITKU NETWORKS, Jakarta – Sejarah panjang kendaraan bermotor di Indonesia dimulai jauh sebelum republik ini berdiri. Sepeda motor pertama di Indonesia telah ada sejak akhir abad ke-19, di mana saat itu Indonesia masih berbentuk koloni dengan nama Hindia-Belanda. Lalu siapakah orang pertama yang berkesempatan memiliki sepeda motor itu?

James Luhulima dalam buku Sejarah Mobil & Kisah Kehadiran Mobil di Negeri Ini, menyebut nama John C Potter sebagai orang pertama di Hindia-Belanda, yang memiliki sepeda motor. Alkisah waktu itu Potter bekerja sebagai Masinis Pertama di Pabrik Gula Oemboel, Probolinggo, Jawa Timur.

Diceritakan, Potter memesan kendaraan tersebut langsung di pabriknya, Hildebrand und Wolfmuller, di Munchen, Jerman. Kendaraan ini tiba di Pelabuhan Semarang pada 1893. Dan sepanjang tahun tersebut, Potter tercatat sebagai satu-satunya orang di Hindia-Belanda yang menggunakan sepeda motor.

Bicara spesifikasi, sepeda motor buatan Hildebrand und Wolfmuller itu menggendong mesin berkonfigurasi dua silinder, empat tak, dengan kapasitas mesin 1.489 cc.

Mesin itu menghasilkan tenaga sebesar 2,5 dk, dan harus membawa bobot kosong motor 50 kg. Motor ini bisa melaju hingga kecepatan maksimum 35 km/jam di 325 rpm.

Hildebrand und Wolfmuller Foto: cybermotorcycle

“Jangan membayangkan sepeda motor pada waktu itu mirip dengan sepeda motor saat ini. Sepeda motor buatan Hildebrand und Wolfmuller itu belum menggunakan rantai, belum menggunakan persneling, belum menggunakan magnet, belum menggunakan aki, belum menggunakan koil, dan belum menggunakan kabel-kabel listrik,” tulis James.

Dengan teknologi setua itu untuk ukuran zaman sekarang, proses menghidupkan mesin motor Hildebrand und Wolfmuller pun cukup rumit dan perlu waktu hingga 20 menit untuk membuatnya stabil.

“Agar mesin sepeda motor itu mudah dinyalakan, John C Potter memanaskan mesinnya secara harafiah terlebih dahulu, yakni dengan membakar bagian luar mesin dengan menggunakan spiritus. Atau kadang-kadang John C Potter menggunakan cara lain, yakni menuntun sepeda motor itu dan mendorongnya dengan cepat hingga mesinnya menyala,” terang James.

(lua/lth)

Luthfi Anshori – detikOto

read more
Automotive

Bocoran 2 Motor Harley-Davidson Bergaya Klasik Tren Zaman Now

LANGITKU NETWORKS, Jakarta – Belakangan ini Harley-Davidson tampak berusaha merubah citranya dengan menyajikan lebih banyak motor. Salah satu tujuannya adalah mendapatkan pangsa pasar yang lebih luas.
Terakhir pabrikan motor asal Amerika Serikat ini diketahui mendaftarkan dua model baru ke kantor hak paten Eropa. Dua motor itu bergaya cafe racer dan flat track.
Melihat dua paten tersebut jelas sekali Harley-Davidson berusaha bersaing dengan motor-motor Inggris seperti Royal Enfield dan Triumph yang telah lebih dulu menganut gaya klasik. Gambar model motor itu pun kini sudah tersebar, namun belum keterangan jadwal peluncurannya.

Di paten itu terlihat kedua motor menggunakan mesin yang baru. Mesin V-Twin berpendinginn cairan akan menajadi sesuatu dalam kinerja dapur pacu Harley-Davidson.
Baik Tracker dan Café Racer ditenagai oleh mesin 1.250 cc dari Pan America. Meskipun modular itu sangat tidak mungkin langsung diaplikasikan kemungkinan Harley-Davidson akan menggunakan mesin yang sedikit lebih kecil tepatnya 1.200 cc.
Dari rancangannya kedua motor menggunakan prinsip desain modular baru. Gir dan kaki depan tampaknya menggunakan komponen sama sedangkan swingarm menggunakan model dari Future Custom yang akan rilis tahun depan.

Untuk model cafe racer terinspirasi dari XLCR buatan Willie G. Davidson di tahun 1970-an. Layaknya cafe racer, stang dibuat sangat dekat dengan tangki tak lupa pula penutup headlamp khas cafe racer.
Sementara itu pada model tracker terinspirasi dari Harley-Davidson XR750 dan XG750R. Dulunya motor tersebut cukup berprestasi di lintasan tanah. Knalpot besar dipasang tinggi di samping hampir mendekati tempat duduk. Lengan ayun juga berbeda dari model cafe.

Rizki Pratama – detikOto

read more