close

Automotive

Automotive

Hasil MotoGP Ceko: Rookie KTM Juara, Yamaha Kedua, Ducati Podium Tiga

LANGITKU NETWORKS, Jakarta – MotoGP 2020 seri ketiga berlangsung di Sirkuit Brno, Republik Ceko, Minggu (9/8) malam WIB. KTM berjaya dengan menjadi juara pertama. Sementara Yamaha yang diprediksi menggila di sirkuit ini hanya berhasil mengirimkan wakilnya di podium kedua. Sedangkan podium ketiga menjadi milik Ducati.

Jalannya balapan berlangsung cukup seru sejak awal-awal lap. Pebalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli, sedari awal langsung melesat sendirian di depan. Namun di posisi kedua, ketiga, dan keempat, jarak antara rider cukup dekat, sehingga tersaji aksi saling menyalip.

Semula, perlombaan seperti hanya persaingan antara tim Petronas Yamaha SRT dan Reale Avintia saja. Tapi kemudian tim Red Bull KTM melalui pebalap rookie-nya, Brad Binder, tampil atraktif dan mengintimidasi Fabio Quartararo yang berusaha mengejar kompatriotnya di depan.

Secara mengejutkan Binder berhasil menyalip Zarco, Quartararo, hingga Morbidelli di 9 lap tersisa. Binder pun berhasil menjadi pebalap yang finis pertama di MotoGP Ceko, dengan catatan waktu 41 menit 38,764 detik.

Sementara Morbidelli menyelamatkan muka Yamaha di posisi kedua dengan gap waktu 5 detik. Zarco yang sempat kesusahan di awal-awal balapan, bahkan menyenggol motor Pol Espargaro hingga terjatuh, akhirnya berhasil naik podium tiga dengan selisih waktu 6 detik. Zarco pun mendapat hukuman long lap penalty.

Apresiasi juga patut diberikan kepada pebalap Suzuki Alex Rins dan sang legenda Valentino Rossi yang menuntaskan balap di posisi keempat dan kelima. Rins start dari posisi ke-11, sementara The Doctor memulai dari posisi 10 bersama Yamaha YZR-M1-nya.

 

 

source : Luthfi Anshori – detikOto

read more
Automotive

Begini Cara Mengemudi Aman Memanfaatkan Aplikasi Maps

LANGITKU NETWORKS, Jakarta – Menyetir mobil ke tempat yang belum pernah dituju tentunya membutuhkan arahan. Kemajuan teknologi saat ini, bisa menggunakan aplikasi navigasi yang ada di telepon genggam atau ada juga yang terintegrasi dengan sistem hiburan di mobil. Menggunakan navigasi memaksa perhatian pengemudi terbelah menjadi dua, antara konsentrasi ke jalan atau melihat peta agar tidak tersesat. Kondisi ini tentunya bisa berbahaya bagi pengemudi atau pengguna jalan lain. Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, Sony Susmana mengatakan, mengemudi sambil membaca peta merupakan hal yang berbahaya, sebaiknya pengemudi bisa memanfaatkan fitur audio dari aplikasi navigasi tersebut.

Tren GPS tambahan pada mobil mulai menurun akibat maraknya penggunaan smartphone.(thrumylens.org)

“Gunakan mode suara, sehingga perjalanan dapat dipandu secara audio. Apabila tidak yakin, berhentikan kendaraan di tempat yang aman untuk melihat peta,” ucapnya. Sony juga tidak menyarankan agar pembacaan peta dilakukan oleh penumpang lain, khawatir salah dalam membacanya. Pasalnya, persepsi orang bisa berbeda-beda, apalagi dengan jalanan di Indonesia yang banyak cabangnya.

Training Director The Real Driving Centre, Marcell Kurniawan menyarankan, sebelum mulai perjalanan, pengemudi bisa pelajari terlebih dahulu rute yang akan dilewati. “Jadi ketika diperjalanan, sudah mengetahui titik-titik tikungan dan nama jalan yang akan dilewati.

source : Kompas.com

Penulis : Muhammad Fathan Radityasani
Editor : Agung Kurniawan

 

read more
Automotive

Motor Bebek Termahal Honda Dapat Penyegaran Warna

LANGITKU NETWORKS Jakarta – Honda Jepang memberikan penyegaran pada lini produk klasik mereka, Super Cub C125. Penyegaran tersebut berupa pilihan warna baru yang lebih berani. Honda Super Cub C125 mendapatkan opsi kelir hitam yang terlihat lebih sporty dan maskulin.

Dikutip dari Young Machine, Super Cub C125 dengan pilihan warna hitam ini akan dirilis resmi di Jepang pada 31 Juli mendatang, seharga 407 ribu yen (Rp 54 juta). Selain warna hitam, Honda juga menawarkan dua opsi warna lainnya, biru dan abu-abu.

Di luar pembaruan warna, tak ada perubahan signifikan dari sisi performa maupun penambahan fitur-fitur advance. Mesinnya masih mengusung konfigurasi 125cc, 4 tak, satu silinder, SOHC 2 katup, dengan output tenaga 9,7 ps di 7.500 rpm dan torsi 9,79 Nm pada 5.000 rpm. Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi semi otomatis 4 percepatan.

Honda Super Cub C125 versi 2020 Foto: Young Machine

Honda Super Cub C125 juga dipasarkan di Tanah Air oleh PT Astra Honda Motor (AHM). Motor bebek ini diimpor secara utuh dari Thailand. Honda Super Cub C125 dipasarkan dengan satu pilihan warna saja, yakni biru. Untuk banderolnya sekitar Rp 72,7 juta. Honda Super Cub C125 disebut sebagai motor bebek termahal.

Kendati berharga selangit, Super Cub C125 justru jadi buruan kolektor motor di Indonesia. Inden atau masa tunggu Super Cub C125 bahkan pernah hingga 1 tahun.(lua/din)

source : Luthfi Anshori – detikOto

read more
Automotive

Ada Sejak 1893, Siapa Pemilik Sepeda Motor Pertama di Indonesia?

LANGITKU NETWORKS, Jakarta – Sejarah panjang kendaraan bermotor di Indonesia dimulai jauh sebelum republik ini berdiri. Sepeda motor pertama di Indonesia telah ada sejak akhir abad ke-19, di mana saat itu Indonesia masih berbentuk koloni dengan nama Hindia-Belanda. Lalu siapakah orang pertama yang berkesempatan memiliki sepeda motor itu?

James Luhulima dalam buku Sejarah Mobil & Kisah Kehadiran Mobil di Negeri Ini, menyebut nama John C Potter sebagai orang pertama di Hindia-Belanda, yang memiliki sepeda motor. Alkisah waktu itu Potter bekerja sebagai Masinis Pertama di Pabrik Gula Oemboel, Probolinggo, Jawa Timur.

Diceritakan, Potter memesan kendaraan tersebut langsung di pabriknya, Hildebrand und Wolfmuller, di Munchen, Jerman. Kendaraan ini tiba di Pelabuhan Semarang pada 1893. Dan sepanjang tahun tersebut, Potter tercatat sebagai satu-satunya orang di Hindia-Belanda yang menggunakan sepeda motor.

Bicara spesifikasi, sepeda motor buatan Hildebrand und Wolfmuller itu menggendong mesin berkonfigurasi dua silinder, empat tak, dengan kapasitas mesin 1.489 cc.

Mesin itu menghasilkan tenaga sebesar 2,5 dk, dan harus membawa bobot kosong motor 50 kg. Motor ini bisa melaju hingga kecepatan maksimum 35 km/jam di 325 rpm.

Hildebrand und Wolfmuller Foto: cybermotorcycle

“Jangan membayangkan sepeda motor pada waktu itu mirip dengan sepeda motor saat ini. Sepeda motor buatan Hildebrand und Wolfmuller itu belum menggunakan rantai, belum menggunakan persneling, belum menggunakan magnet, belum menggunakan aki, belum menggunakan koil, dan belum menggunakan kabel-kabel listrik,” tulis James.

Dengan teknologi setua itu untuk ukuran zaman sekarang, proses menghidupkan mesin motor Hildebrand und Wolfmuller pun cukup rumit dan perlu waktu hingga 20 menit untuk membuatnya stabil.

“Agar mesin sepeda motor itu mudah dinyalakan, John C Potter memanaskan mesinnya secara harafiah terlebih dahulu, yakni dengan membakar bagian luar mesin dengan menggunakan spiritus. Atau kadang-kadang John C Potter menggunakan cara lain, yakni menuntun sepeda motor itu dan mendorongnya dengan cepat hingga mesinnya menyala,” terang James.

(lua/lth)

Luthfi Anshori – detikOto

read more
Automotive

Bocoran 2 Motor Harley-Davidson Bergaya Klasik Tren Zaman Now

LANGITKU NETWORKS, Jakarta – Belakangan ini Harley-Davidson tampak berusaha merubah citranya dengan menyajikan lebih banyak motor. Salah satu tujuannya adalah mendapatkan pangsa pasar yang lebih luas.
Terakhir pabrikan motor asal Amerika Serikat ini diketahui mendaftarkan dua model baru ke kantor hak paten Eropa. Dua motor itu bergaya cafe racer dan flat track.
Melihat dua paten tersebut jelas sekali Harley-Davidson berusaha bersaing dengan motor-motor Inggris seperti Royal Enfield dan Triumph yang telah lebih dulu menganut gaya klasik. Gambar model motor itu pun kini sudah tersebar, namun belum keterangan jadwal peluncurannya.

Di paten itu terlihat kedua motor menggunakan mesin yang baru. Mesin V-Twin berpendinginn cairan akan menajadi sesuatu dalam kinerja dapur pacu Harley-Davidson.
Baik Tracker dan Café Racer ditenagai oleh mesin 1.250 cc dari Pan America. Meskipun modular itu sangat tidak mungkin langsung diaplikasikan kemungkinan Harley-Davidson akan menggunakan mesin yang sedikit lebih kecil tepatnya 1.200 cc.
Dari rancangannya kedua motor menggunakan prinsip desain modular baru. Gir dan kaki depan tampaknya menggunakan komponen sama sedangkan swingarm menggunakan model dari Future Custom yang akan rilis tahun depan.

Untuk model cafe racer terinspirasi dari XLCR buatan Willie G. Davidson di tahun 1970-an. Layaknya cafe racer, stang dibuat sangat dekat dengan tangki tak lupa pula penutup headlamp khas cafe racer.
Sementara itu pada model tracker terinspirasi dari Harley-Davidson XR750 dan XG750R. Dulunya motor tersebut cukup berprestasi di lintasan tanah. Knalpot besar dipasang tinggi di samping hampir mendekati tempat duduk. Lengan ayun juga berbeda dari model cafe.

Rizki Pratama – detikOto

read more
Automotive

Berhenti di Lampu Merah Tuas Transmisi Mobil Matik Wajib di Huruf N, Ini Kata Ahli

LANGITKU NETWORKS – Semua yang kendarai mobil matik, pastinya paham banget fungsi masing-masing huruf di tuas transmisi.
P buat parkir, N itu artinya netral, D itu drive, R untuk mundur dan lainnya.
Nah kalau memang paham banget, pertanyaannya kalau harus berhenti di lampu merah tuas transmisinya ada di huruf apa?.
Ini dia nih, ada ladies yang jawab harus pindah dari huruf D ke N agar komponen transmisi matik bisa lebih awet.
Tapi ada juga loh yang bilang, biarin saja di huruf D sambil injak rem.
Nah loh ada 2 jawaban dan menurut Hermas Efendi Prabowo pemilik bengkel spesialis Worner Matic yang Otofemale.id kutip dari Kompas.com, saat berhenti lebih baik tuas transmisi ada di huruf N.
Apa yang dibilang Hermas itu bukan karena mobil berhenti dan membiarkan tuas transmisi di huruf D akan bikin masalah dikemudian hari.
Dijelaskan oleh Hermas bahwa sistem transmisi di dalam girboks otomatis akan berhenti bergerak saat mobil berhenti meskipun posisi tuas berada di huruf D.
Sementara soal adanya entakan saat keadaan tersebut, menurutnya adalah hal yang wajar.
Sebab putaran mesin saat idle sudah cukup menghasilkan tekanan oli ke transmisi untuk membuat mobil melaju.
“Itu wajar memang seperti itu, tapi hanya sebentar.
Clutch yang bergesekan saat mobil berhenti tidak akan bikin jebol transmisi, karena tidak berpengaruh signifikan,” terangnya.
Sedangkan untuk urusan lebih baik tuas transmisi dipindahkan ke huruf N saat harus berhenti, kaitannya dengan safety driving.
Lantaran, menekan pedal rem terlalu lama berisiko tak sengaja terlepas dan dapat menyebabkan kecelakaan.
“Karena soal keselamatan berkendara, tuas transmisi di D saat macet berpotensi menyebabkan kecelakaan.
Soalnya kaki pengemudi akan tidak nyaman jika terus-terusan menekan rem, bikin pegal juga,” papar Hermas.
Tapi kalau berhentinya sebentar, bagi Hermas direm nggak ada masalah.
Source : Kompas.com
Penulis : Kartika Afriyani
Editor : Octa
read more
Automotive

Setelah Bikin Mobil, Xiaomi Ikut Bikin Motor

LANGITKU NETWORKS, Jakarta -Tak sedikit perusahaan dari kancah elektronik seperti telepon genggam merambah industri otomotif. Seperti halnya Xiaomi yang sebelumnya sudah membuat Redmi Car kini membuat sepeda motor listrik.

Xiaomi meluncurkan skuter listrik yang diorientasikan sebagai komuter perkotaan. Skuter listrik Xiaomi ini dinamai A1 dalam dua varian A1 dan A1 Pro. Xiaomi A1 merupakan hasil kerjasama Xiamoi dengan perusahaan China lainnya bernama 70mai.

Sekilas ukuran skuter listrik Xiaomi ini sangat kecil dibanding dengan skuter listrik sejenis yang sudah ada saat ini. Rancangan ini tampaknya memang sengaja dibuat untuk menjadi pionir motor listrik perkotaaan ramah lingkungan masa depan.

Xiaomi A1 memiliki berat 115 lb atau 52 kg saja. Cukup ringan untuk sebuah skuter. Skuter ini memiliki pedal seperti sepeda angin. Pedal ini berfungsi untuk menghasilkan energi listrik ke skuter ini. Jika malas mengayuh pedalnya tentu tetap bisa diisi dengan pengisian daya biasa ke baterainya. Dalam kondisi baterai penuh Xiaomi A1 dapat menempuh jarak 59km sedangkan A1 Pro 69 km.

Roda belakang 16 inci ditenagai oleh motor hub yang kemungkinan merupakan motor 750W. Xiaomi belum mengungkapkan output rinci mengenai penggerak listrik motor ini. Kendati begitu, skuter listrik ini kecepatannya dibatasi sampai 25 kpj saja.

A1 dan A1 Pro menggunakan rem cakram hidrolik tunggal di depan dan rem tromol di belakang. Baterai dapat dilepas dan dapat diisi secara terpisah dari skuternya. A1 Pro menawarkan teknologi lebih keren, yakni layar sentuh. Unit ini juga dapat menerima perintah suara untuk berbagai kebutuhan seperti GPS.

Fitur lain yang tak kalah menarik adalah adanya kamera 1080p di bagian depannya untuk merekam perjalanan. Saat ini harga skuter ini dibanderol USD 424 atau sekitar Rp 6,9 juta untuk A1 sedangkan A1 Pro USD 566 atau setara Rp 9,2 juta sesuai nilai tukar hari ini.

Rizki Pratama – detikOto

read more
Automotive

Cegah Virus, Amankah Interior Mobil Dibersihkan Pakai Alkohol?

LANGITKU NETWORKS – Alkohol menjadi salah satu alternatif untuk mencegah penyebaran virus Corona baru atau COVID-19. Cairan yang menjadi bahan dari hand sanitizer ini digunakan untuk membersihkan tangan saat kita tidak menemukan air atau sabun untuk membersihkan tangan.

Lalu apakah alkohol aman untuk digunakan untuk membersihkan interior mobil?

Mengutip dari Autoindustriya, Selasa (24/3/2020) cairan beralkohol bisa merusak interior mobil dalam jangka waktu yang panjang.

Alkohol isopropil dan ethanol disebut bisa merusak material mobil yang terbuat dari lapisan vinyl. Begitu alkohol disemprotkan dalam jangka panjang akan menyerap dan merembes sehingga membuatnya lapisan itu retak.

Bagian lain yang bisa rusak adalah pada trim yang dicat, terutama panel berwarna ‘piano black’. Mengapa? perhatikan alkohol yang bisa mengeringkan kulit Anda? Hal yang sama juga bisa terjadi untuk menggunakan ethyl alkohol pada interior mobil.

Kerusakan juga terjadi jika jok mobil Anda menggunakan lapisan kulit asli atau kulit sintetis dan terus terpapar cairan alkohol. Warnanya akan lebih cepat pudar meski dilap menggunakan microfiber.

Sedangkan untuk trim plastik, alkohol juga dapat meninggalkan noda di permukaan. Bagaimana dengan trim material kayu? Jika itu kayu asli, alkohol akan menyerang pernis dan akan membuatnya retak.

“Ada beberapa kasus (kerusakan interior-Red) yang sangat tinggi di Turki dan kami berhasil melacaknya. Etanol yang berpotensi menjadi faktor penyumbang (masalah yang terjadi).” ujar Material Engineer Ford, Richard Kylie seperti dikutip dari Cnet.

Lalu bagaimana cara aman agar interior mobil bebas dari virus?

Dokter Wibisono, salah satu anggota MedDocs & Friends menyebut ada beberapa langkah mudah untuk menjaga kebersihan kabin mobil. Pertama, memastikan kabin mobil dijamin bersih dari kotoran-kotoran yang berpotensi membawa virus.

“Yang pasti dibersihkan dari debu dengan lap biasa dan vacum cleaner, selanjutnya bisa dibersihkan dengan cairan pembersih seperti yang dijual di toko-toko, disesuaikan dengan peruntukannya,” katanya saat dihubungi detikoto beberapa waktu yang lalu.

Dokter yang juga lekat dengan kehidupan otomotif ini mengatakan tidak perlu menyemprot disinfektan atau cairan pembersih lain yang bukan diperuntukkan bagi interior mobil.

“Artinya kalau untuk membersihkan dashboard ya pakai cairan pembersih untuk dashboard, pun demikian untuk jok atau bahan kulit, plafon dan lain-lain. Jenis pembersih disesuaikan,” kata dia.

“Tidak perlu cairan pembersih lain yang bukan peruntukannya karena justru dikhawatirkan bisa merusak atau menimbulkan noda pada bagian-bagian interior mobil tersebut,” jelasnya.

Laman tersebut juga menyebut untuk mendisinfeksi interior mobil cukup menggunakan sabun dan air bersih. Dengan sabun ringan, air, botol semprot, dan lap microfiber, Anda dapat mendesinfeksi kabin mobil tanpa harus menggunakan bahan kimia kuat yang dapat menimbulkan bekas dan kerusakan.

read more
Automotive

Jangan Asal Aktifkan Fitur Sirkulasi Udara Kabin Mobil

Penulis Aprida Mega Nanda | Editor Azwar Ferdian

JAKARTA, KOMPAS.com – Fitur sirkulasi udara umumnya sudah terdapat pada semua pabrikan mobil. Biasanya, fitur ini memiliki dua tombol pengaturan, yaitu sirkulasi udara dari luar, dan sirkulasi udara yang hanya di dalam kabin. Membuka fitur sirkulasi dalam mobil ibarat seperti mengganti udara yang terperangkap lama dalam mobil kemudian mengganti dengan udara yang baru. Namun, tidak sedikit pemilik kendaraan yang memilih untuk jarang menggunakan fitur tersebut dengan alasan agar kualitas udara tetap bersih. Mengingat, udara dan polusi di jalanan Ibu Kota yang baik untuk kesehatan. Lantas sebaiknya kapan fitur ini dinyalakan?

“Fungsinya memang untuk sirkulasi udara keluar masuk, namun mengingat kondisi di Indonesia yang berdebu dan polusi sebaiknya ditutup untuk menghindari udara luar masuk ke kabin,” ujar Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi, kepada Kompas.com, Sabtu (22/03/2020).

Menurutnya, fitur ini bisa digunakan untuk beberapa kondisi. Misal, ketika pengemudi melintasi jalan perbukitan atau pegunungan seperti di puncak, yang masih memiliki udara segar khas dataran tinggi. “Fitur ini juga bisa membantu untuk mengeluarkan hawa panas lebih cepat ketika habis parkir di tempat yang panas,” ujar Didi. Business Development Rotary Bintaro, Kelvin Ong, juga mengingatkan, untuk tidak sering menyalakan fitur di jalanan ibukota. Karena bisa membuat debu tembus ke filter AC dan evaporator, sehingga tidak bisa memfilter udara dengan baik. “ Sirkulasi udara yang diaktifkan juga bisa membuat kecoa, cicak, dan serangga masuk hingga bersarang di dalam mobil atau dasbor dan box evaporator AC yang lembap,” ujar Kelvin. Untuk itu sebaiknya sirkulasi udara diaktifkan saat kondisi tertentu saja, dan jangan lupa untuk menutupnya kembali ketika sudah tidak digunakan.

read more
Automotive

Modifikasi Honda ADV 150 Berjubah Batman

Luthfi Anshori – detikOto

Jakarta – Sebagai skutik adventure pertama di kelas 150 cc, Honda ADV 150 cukup gampang dimodifikasi berbagai genre, termasuk diubah dengan karakter superhero Batman.

Seperti dikutip dari Moto Saigon, Honda ADV 150 disulap dengan karakter superhero DC Comics. Secara tampilan memang masih mempertahankan kondisi bawaan. Hanya ada beberapa penambahan aksesori serba hitam.

Penambahan komponen aksesori ini berupa besi pelindung yang memanjang dari bodi samping depan hingga menyentuh area footstep belakang. Besi ini sekaligus difungsikan sebagai dudukan lampu kabut (foglamp).

Sementara untuk bagian jok, masih menggunakan model standar, namun di jok belakang diberi semacam cover untuk memunculkan kesan single seater.

Di area depan, ubahan menyasar pada bagian cover samping lampu depan, di mana cover bawaan diganti dengan cover aksesori yang memiliki semacam saringan udara di kedua sisinya.

Ubahan lainnya ada di bagian windshield yang dibuat lebih kecil dan pada area kaki-kaki yang menggunakan spakbor aksesori dan cover kaliper rem depan bermotif karbon.

(lua/rgr)

read more