close
Sains & Techno

Lobster Super Langka 1 Banding 30 Juta Ditemukan

Langitku Networks

LANGITKU NETWORKS, Maine, AS– Seekor lobster yang sangat langka ditemukan di perairan Maine, Amerika Serikat dan dinamakan Banana. Kelangkaannya terkait dengan warna tubuhnya yang kuning, tidak seperti umumnya lobster.

Akademisi di University of New England menyatakan bahwa hewan itu ditangkap oleh seorang pemburu lobster setempat bernama Marley Babb, untuk kemudian ia donasikan ke kampus agar dilakukan riset yang lebih mendalam.
Warna kuningnya sendiri berasal dari mutasi genetik di protein pigmen dan cangkang lobster dan peluang untuk menangkapnya hanya 1 banding 30 juta. Karena warnanya itu juga, lobster ini lebih terlihat oleh predator sehingga peluang hidupnya di alam liar lebih kecil.

Selain lobster berwarna kuning, ada lagi jenis lainnya yang lebih langka, juga sebagai akibat mutasi genetis. Yaitu lobster berwanra putih yang peluang dijumpai hanya 1 banding 100 juta. Sedangkan lobster warna putih 1 banding 2 juta.

Seperti dikutip dari Daily Mail, Jumat (12/2/20219), mengenai berat dan wujudnya sama saja dengan lobster pada umumnya. Lobster yang dalam keadaan hidup ini akan diteliti lebih lanjut.

University of New England sendiri mendapatkan donasi USD 860 ribu untuk meneliti bagaimana imbas pemanasan terkait perubahan iklim di perairan pada larva lobster dan peluangnya tumbuh besar. Pada studi sebelumnya di tahun 2019, pemanasan lautan diduga berdampak pada turunnya populasi lobster di area tersebut.

Netizen pun ramai berkomentar terhadap kabar ditemukannya lobster berwarna kuning itu. “Alam ini memang cantik dan amat mengagumkan,” tulis sebuah komentar online.

“Kenapa tidak dimasak saja lobster itu? Jangan sih, lebih baik memang disumbangkan untuk ilmu pengetahuan,” sebut warganet yang lain.

 

 

source : Fino Yurio Kristo – detikInet

Leave a Response