close
Sains & Techno

Ini Drone Terbesar Sejagat, Beratnya 28 Ton

Drone Ravn X yang terbesar di dunia. Foto: Aevum
Langitku Networks

LANGITKU NETWORKS, Jakarta – Ini bukan drone biasa. Ukurannya merupakan yang terbesar di dunia dan fungsinya pun khusus, yaitu untuk melesatkan satelit menuju ke orbit Bumi.

Drone bernama Ravn X ini adalah buatan startup Aevum yang berbasis di Amerika Serikat. Panjangnya mencapai 24 meter. Ia dapat terbang dari manapun asalkan ada lintasan setidaknya sejauh 1,6 kilometer.

Bodi Ravn X dapat menggendong roket dan satelit. Begitu drone yang dapat beroperasi secara otomatis ini sudah mengangkasa dan berada di ketinggian yang tepat, maka roket yang dibawanya itu akan dilepaskan dan kemudian meluncurkan satelit kecil menuju orbit rendah Bumi.

Ravn X lebarnya 18 meter dan tingginya sekitar 5,4 meter, serta beratnya mencapai 28 ton. Angkatan Udara Amerika Serikat telah menjadi klien mereka untuk menerbangkan satelit senilai USD 4,9 juta di tahun 2021.

Jay Skylus selaku pendiri dan CEO Aevum menyatakan drone buatan mereka sebenarnya cukup mirip dengan pesawat tradisional dan dayanya berasal dari bahan bakar. Hanya saja bentuk dan operasionalnya memang seperti drone.

“Kami tidak memerlukan lokasi peluncuran. Semua yang dibutuhkan adalah landasan yang sepanjang 1,6 kilometer serta hanggar,” kata Skylus yang dikutip dari Independent.

Maka peluncuran satelit dengan drone ini dikatakan bisa lebih efisien, terlebih jumlah staff yang diperlukan hanya 10% dari penerbangan satelit konvensional. Banyak operasi juga bisa dilakukan secara otomatis dengan software.

“Apa yang kami buktikan adalah kelincahan, fleksibilitas, responsif dan juga operasional yang efisien,” klaim Skylus.

Ia menambahkan bahwa drone Ravn X merupakan kendaraan yang benar-benar jenis baru dan belum pernah ada sebelumnya. Skylus sendiri mendirikan perusahaan Aevum pada tahun 2016. Dia sebelumnya bekerja di NASA dan beberapa perusahaan antariksa komersial.

 

 

 

 

 

source : Fino Yurio Kristo – detikInet

Leave a Response