close
Sains & Techno

Ide Bikin Foto Kolase hingga Mini Album Pakai Ponsel

Foto: Shutterstock
Langitku Networks

LANGITKU NETWORKS, Jakarta – Momen #DiRumahAja bisa kamu gunakan untuk menyalurkan kreativitas. Buat penyuka fotografi, membuat photo shoot di rumah dan merangkum hasil foto menjadi kolase atau mini album merupakan ide yang menarik.

Di rumah,kamu bisa mengambil objek-objek terdekat. Misalnya, foto keluarga di saat semua anggota keluarga sedang berkumpul di rumah. Momen Ramadhan di rumah juga bisa diabadikan, untuk menjadi kenang-kenangan di waktu mendatang.

Hasil foto dapat dikreasikan menjadi kolase foto untuk menyatukan gambar-gambar yang telah diambil. Membuatnya lebih menarik ketimbang hanya disimpan di galeri atau diposting di media sosial.

Saat ini, ada beberapa aplikasi di ponsel yang dapat membuat kolase foto dengan mudah. Gunakan saja aplikasi gratis, seperti PicsArt, Collage Maker, PicStitch, dan lainnya.

Di aplikasi pembuat kolase, sudah tersedia template untuk memuat foto-foto terbaik yang kamu dapatkan. Selain itu, di aplikasi tersebut kamu juga dapat menyunting gambar, memberikan filter dan efek yang membuat gambar terlihat lebih menarik.

Melansir berbagai sumber, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan ketika membuat foto kolase. Pertama, pilih bentuk template yang menarik, bisa menggunakan pola kotak, lingkaran, persegi panjang, dan sebagainya. Selanjutnya, crop dengan presisi agar objek utama foto tidak terpotong.

Tidak kalah penting, pilih foto yang terbaik dan usahakan foto yang dipasang dalam satu kolase memiliki tema yang sama, misalnya foto keluarga, foto kegiatan di rumah, atau foto pemandangan sehingga kolase yang dibuat memiliki makna. Kamu juga bisa menambahkan tulisan judul kolase dengan kata-kata yang unik buat menambah estetika kolase foto.

Selain dibuat kolase, hasil foto di rumah bisa juga dijadikan mini album versi cetak. Ingat lho, foto yang dibuat sekarang akan menyimpan memori untuk masa mendatang, jadi tidak ada salahnya mencetak foto meskipun sekarang sudah zaman digital. Mini album foto dapat dijadikan kenang-kenangan buat anggota keluarga.(prf/ega)

Yudistira Imandiar – detikInet

Leave a Response