close
Sains & Techno

WhatsApp Batasi Video di Status Jadi 15 Detik

Langitku Networks

LANGITKU NETWORKS, Jakarta – WhatsApp membatasi durasi video yang bisa diunggah di status menjadi 15 detik. Hal ini sepertinya dilakukan untuk mengatasi trafik yang melonjak tajam karena pandemi virus corona.

Dikutip detikINET dari Gizmochina, Selasa (31/3/2020) berdasarkan laporan WABetaInfo pengguna tidak lagi bisa mengunggah video di status jika durasinya lebih dari 15 detik. Biasanya pengguna bisa mengunggah video di status hingga 30 detik.

Jika pengguna mencoba mengunggah video dengan durasi lebih panjang dari batas tersebut, akan muncul peringatan yang mengatakan durasi video akan dipangkas menjadi 15 detik. Pengguna kemudian bisa mengedit videonya sesuai keinginan sebelum diunggah.

Kebijakan baru ini sepertinya baru diterapkan di India. Negara Asia Selatan tersebut memang sedang dalam masa lockdown nasional untuk mencegah penyebaran virus corona.

WABetaInfo dalam cuitannya mengatakan kebijakan ini dilakukan untuk mengurangi beban pada jaringan dan server. WhatsApp sendiri saat ini memiliki 400 juta pengguna di India yang mengandalkan aplikasi tersebut untuk berkomunikasi setiap hari.

Fitur Status termasuk populer di kalangan pengguna WhatsApp di India. Pembatasan ini mungkin hanya dilakukan untuk sementara waktu, tapi ada kemungkinan untuk diterapkan di negara lain jika trafik terus melonjak.

WhatsApp juga telah melaporkan kenaikan trafik di beberapa negara sejak virus corona merebak. Lewat survei yang dilakukan Kantar kepada 25.000 pengguna di 30 negara, ditemukan pengguna WhatsApp secara global meningkat 40%.

Saat awal-awal pandemi, penggunaannya meningkat 27% dan di pertengahan mencapai 41%. Lalu untuk negara-negara yang sudah dalam fase pandemi, penggunaan WhatsApp melonjak hingga 51%.

Di beberapa negara, penggunaan WhatsApp bahkan lebih lebih signifikan kenaikannya seperti penggunaan di Spyanyol yang melonjak tinggi mencapai 76%.

Virgina Maulita Putri – detikInet

Leave a Response