close
Sains & Techno

Foto Ini Tunjukkan Keindahan Pari Manta Merah Jambu yang Langka

Langitku Networks

LANGITKU NETWORKS – Ketika fotografer Kristian Laine mengunjungi Great Barrier Reef di dekat Pulau Lady Elliot untuk memotret beberapa penyu, pari, dan hiu, ia tidak menyangka akan bertemu dengan satu-satunya pari manta berwarna merah jambu di dunia.

“Saya tidak pernah mendengar tentang pari merah jambu. Dan ketika pertama kali melihatnya, saya pikir kamera mengelabui saya,” kata Laine kepada Science Alert.

Pari manta merah jambu (Mobula alfredi) pertama kali ditemukan pada 2015, ketika penyelam Ryan Jeffery mengambil beberapa foto makhluk tersebut. Pari ini sempat menggemparkan dunia saat itu. Ia diberi nama Inspector Clouseau sesuai dengan inspektur kikuk dalam kisah Pink Panther.

Inspector memiliki panjang sekitar 3,3 meter dan masih sulit dipahami. Meskipun para penduduk lokal mulai sadar akan keberadaannya, tapi pari manta merah jambu ini baru terlihat sepuluh kali dalam lima tahun.

Para peneliti masih berusaha mempelajari dari mana warna pink-nya berasal. Pada 2016, melakukan biopsi untuk lebih memahami pari manta merah jambu ini.

“Belum ada investigasi menyeluruh tentang diet atau analisis isotop mereka. Namum, mengingat ‘tanda lahir’ putih dan warna merah jambunya stabil dari waktu ke waktu, kami pikir penyebabnya bukan karena apa yang dia makan,” ungkap Asia Haines, ahli ekologi dari Project Manta.

“Teorinya adalah mungkin karena ia memiliki melanin yang unik, tapi ini juga belum dapat dikonfirmasi,” imbuhnya.

Laine bercerita, dia sangat senang karena berhasil melihat pemandangan langka ini. “Dia sangat tenang dan membiarkan saya berada di dekatnya,” ujarnya.

“Kemudian ketika saya menyadari apa yang saya saksikan, saya terpana. Saya tidak bisa percaya betapa langka momen yang saya alami tersebut,” pungkas Laine.

Source : Science Alert
Penulis : 1
Editor : Gita Laras Widyaningrum

Nationalgeographic.co.id

Leave a Response