close
DaerahNews

Gubernur Sulsel Dorong Pengembangan Buah Stroberi di Bantaeng

Langitku Networks

LANGITKU NETWORKS, Makassar – Gubernur Sulawesi Sekatan, Nurdin Abdullah melakukan kunjungan kerja sekaligus memanen buah Stroberi di Desa Bonto Tallasa, Kecamatan Uluere, Kabupaten Bantaeng.Selasa (2/2).

Gubernur Sulsel mengaku sangat mengapresiasi Pemerintah Daerah Bantaeng yang terus mengembangkan buah favorit ini yang banyak dijadikan berbagai jenis bentuk makanan.

“Alhamdulillah saya mengapresiasi pemerintah daerah terus mendorong masyarakat untuk mengembangkan berbagai komoditas termasuk stroberi ini. Dan ini tugas kita sekarang adalah bagaimana kita promosi supaya lebih banyak pengunjung ke sini,”ungkapnya.

Ia menjelaskan pengembangan stroberi di Bantaeng dimulai saat dirinya memimpin daerah ini, Dengan awalnya para petani dibawa studi banding ke Malang (Jawa Timur) kebun apel dan ke Ciwidey (Jawa Barat). Karena melihat potensi kabupaten ini memiliki tiga cluster. Mulai pinggir pantai, dataran rendah sampai dataran tinggi.

“Nah ini cocoknya di dataran tinggi. Saya kira diawali dengan bibit dari Ciwidey terus ada konsultan Jepang kita, mereka bawa bibit Jepang ke sini. Akhirnya, bisa mengembangkan di sini lebih besar dan manis, bedanya itu. Biasanya stroberi itu ke kecut, ini manis,” jelasnya.

Nurdin Abdullah juga mengaku pemerintah terus mengajak masyarakat untuk mengembangkan stroberi.

“Memang tidak sulit, karena mereka datang studi banding langsung melihat pengelolaan dan pemeliharaannya dan melihat animo pengunjung wisata. Sehingga mereka tertarik. Pemerintah hanya mendorong saja. Saya bersyukur kita datang dan berharap Pak Bupati mengembangkan lebih luas,” imbuhnya.

Lebih jauh ia mengapresiasi Pemkab Bantaeng mendorong ekonomi kerakyatan dan menjadi suatu langkah yang baik dalam masa pandemi Covid-19.

“Ini banyak saudara kita harus dirumahkan dan PHK. Ini adalah peluang yang sangat bagus untuk kita kembali ke desa untuk mendorong ekonomi desa,”pungkasnya.

Orang nomor satu di Sulsel ini menambahkan sangat gembira ternyata masyarakat sekarang sudah mengembangkan Stroberi.

“Saya gembira sekali ternyata masyarakat sekarang sudah mengembangkan Stroberi yang saya dulu bawa dari Jepang,”tambahnya.

“Buah ini sangat layak untuk dikembangkan apalagi kalau masyarakat dibudayakan makan ini, karena kandungan vitamin c sangat tinggi. Di masa pandemi, saya kira konsumsi stroberi ini salah satu untuk mencegah kita kena covid-19 supaya imun kita terus terjaga,” tutupnya.

Sementara itu, Bupati Bantaeng, Ilham Azikin mengaku pemerintah daerah mendukung pembudidayaan termasuk membangun green house dan perluasan lahan.

“Kami terus mendukung pengembangan buah stroberi ini termasuk membangun green house dan perluasan lahan.”ungkapnya

Ia Juga mengapresiasi inisiasi Gubernur Sulsel menghadirkan budidaya stroberi di Bantaeng.

“Inisiasi Gubernur Sulsel ini sangat cemerlang dan harapannya selain memiliki nilai ekonomis kesejahteraan bagi petani juga menjadi ruang edukasi dan rekreasi bagi masyarakat.”ucapnya.

Bupati Bantaeng menambahkan pemasaran buah ini terus dilakukan termasuk di Makassar.

“Pasaranya sampai di Makassar, baik itu di cafe dan warkop yang buat jus stroberi,”pungkasnya.

Diketahui di kebun seluas 2 hektare ini pengunjung disajikan dengan pemandangan pepohonan yang rindang dan udara sejuk.

Pengunjung tak hanya bisa memetik buah stroberi, juga disediakan fasilitas gazebo dan spot foto yang Instagram able karena dilengkapi berbagai atribut berwarna warni, misalnya payung dan kincir angin kecil.

 

 

source : sulselprov

Leave a Response