close
DaerahNews

Di Hari Pahlawan, Wagub Sulsel Terima Penghargaan dari Kemenristek

Langitku Networks

LANGITKU NETWORKS, Jakarta – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan kembali menerima penghargaan di kancah Nasional. Yakni menerima Anugerah Peringkat Pertama (1) sebagai Pemerintah Provinsi Progresif Kemaritiman Inovatif Tahun 2020. Penghargaan itu dari Kementerian Riset dan Teknologi / Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek-BRIN).

Penyerahannya dilaksanakan pada acara Peluncuran Inovasi Indonesia Expo 2020, di Auditorium BJ Habibie, Jalan Thamrin, Jakarta, Selasa, 10 November 2020. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-25.

Dalam kesempatan itu, Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman menerima langsung penghargaan itu. Yang diserahkan oleh Menteri Riset dan Teknologi (Menristek)/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Bambang PS Brodjonegoro.

Wagub Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan, “penghargaan ini adalah sebagai pemberi semangat kepada kami pemerintah dan seluruh masyarakat untuk terus berinovasi demi kemajuan Sulsel yang lebih baik,” ujarnya.

Dalam pembukaan yang dilakukan secara resmi oleh Presiden RI, Joko Widodo mengingatkan kerja sama Tripple Helix, atau kolaborasi antara peneliti, Pemerintah, dan industri untuk diperkuat.

“Kerja sama tersebut tidak akan berhenti, sehingga para peneliti tidak sebatas membuat prototipe saja, melainkan inovasinya bisa diproduksi dan dijual,” pintanya.

Jokowi menyambut gembira atas dilaksanakannya Inovasi Indonesia Expo 2020. Dia juga menyebutkan bahwa inovasi adalah kunci, menciptakan perubahan, solusi untuk mengatasi permasalahan, dan model dalam memenangkan persaingan.

Ia menambahkan bahwa inovasi tidak muncul begitu saja, dan harus memiliki ekosistem. “Expo ini salah satu ekosistemnya, kita harus memperkuat Tripple Helix. Indonesia butuh lebih banyak inovator di berbagai sektor seperti pangan, energi, kesehatan, manajemen, model bisnis dan digital planner, saya mengajak inovator memberikan sumbangsih kepada bangsa,” kata Jokowi.

Sementara, Menteri Ristek/Kepala BRIN Bambang Brodjonegoro menerangkan Inovasi Indonesia Ekspo 2020 merupakan pameran virtual riset dan inovasi akbar sebagai acara penutup dari rangkaian acara peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ke-25. Kegiatan ini, kata dia, terbagi menjadi dua kategori, Pameran Interaktif 10-13 November 2020 dan Pameran Statis 14 November-10 Desember 2020.

Di acara ini masyarakat dapat menyaksikan produk inovasi dari berbagai lembaga penelitian dan pengembangan, pengkajian dan penerapan (Litbangjirap), baik dari LPMK, litbang kementerian, pemerintah daerah, perguruan tinggi, dan industri, masyarakat maupun mitra internasional.

“Ekspo ini juga menandai integrasi antara komunitas dan lembaga Litbangjirap di Indonesia dengan lebih erat. Hal ini tercermin dari beberapa kegiatan, di antaranya AI Summit 2020, Nuclear Expo 2020, Indonesian Science Expo,” ucapnya.(jalu)

Leave a Response