close
DaerahNews

5 Cara agar Kulit Tetap Terhidrasi Sepanjang Hari

Langitku Networks

LANGITKU NETWORKS, Jakarta – Kulit wajah yang kering dan dehidrasi menjadi permasalahan yang sering sekali timbul dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Guna mengatasi hal ini, tak jarang para wanita rela mencoba berbagai skincare agar bisa tampil percaya diri setiap saat. Namun, tahukah Anda bahwa kondisi kulit kering berbeda dengan kulit dehidrasi?

Melansir Healthline, kulit yang mengalami dehidrasi terjadi karena menurunnya kadar air pada kulit sehingga menyebabkan kulit menjadi kering, gatal, bahkan terlihat kusam. Meskipun kulit yang dehidrasi sering sekali terlihat kering, namun kondisi ini tetap berbeda dengan jenis kulit kering.

Kulit kering merupakan kondisi permanen yang terjadi karena faktor genetik sejak lahir. Orang dengan kulit kering memiliki lapisan minyak yang sedikit sehingga sulit untuk mempertahankan kelembapan kulit. Biasanya kulit kering memiliki gejala seperti kulit teras kasar, kering, mengelupas, gatal, dan kemerahan.

Sementara itu kulit dehidrasi disebabkan karena kondisi kulit yang kekurangan air, sering terpapar AC dan matahari, atau kurang tidur. Pada kondisi ini, skin barrier(lapisan pelindung kulit) tidak bisa berfungsi dengan optimal sehingga menimbulkan gejala seperti kulit kusam, sensitif, kering, kasar, berminyak, atau berisisik. Berbeda dengan kulit kering, kulit dehidrasi bersifat sementara dan bisa terjadi pada semua jenis kulit.

Meskipun terkesan biasa, kulit yang mengalami dehidrasi bisa menjadi sumber permasalahan kulit lainnya seperti iritasi dan jerawat. Untuk mengetahuinya, cobalah remas perlahan sebagian kecil kulit di area pipi. Jika terlihat ada kerutan, kulit Anda mungkin mengalami dehidrasi. Biar kulit terus terhidrasi setiap saat, yuk coba ikuti 5 tips yang dilansir dari bebeautiful.in berikut ini.

1. Perbanyak Minum Air

Salah satu hal yang perlu dilakukan saat ingin menghidrasi kulit adalah dengan perbanyak minum air putih. Dalam satu hari, pastikan untuk minum air setidaknya 8 gelas untuk memenuhi level cairan dalam tubuh. Sehingga kadar air pada kulit pun juga akan ikut terjaga.

2. Istirahat yang Cukup

Setelah beraktivitas seharian, tubuh tentu memerlukan waktu untuk relaksasi dan istirahat. Namun, sebagian orang sering sekali mengabaikan hal ini. Padahal, tubuh yang kekurangan waktu istirahat bisa membuat stres dan berdampak terhadap kesehatan kulit. Oleh karena itu, pastikan untuk tidur cukup minimal 6-8 jam setiap malamnya.

3. Makan Buah dan Sayur

Selain sebagai sumber serat, buah dan sayur juga merupakan makanan penuh nutrisi yang baik untuk tubuh. Di dalam sayur dan buah juga terdapat vitamin, mineral, dan air yang bagus untuk kesehatan kulit. Beberapa buah dan sayur yang bisa membantu menghidrasi kulit antara lain, semangka, jeruk, bayam, tomat, dan timun.

4. Rutin Olahraga

Nggak hanya menyehatkan tubuh, olahraga juga bisa membuat kulit menjadi sehat. Saat olahraga, detak jantung tentunya akan meningkat sehingga memompa lebih banyak darah. Dalam kondisi ini, aliran darah yang lancar akan meningkatkan sirkulasi oksigen serta nutrisi dalam tubuh, termasuk untuk kulit. Oleh karena itu, cobalah untuk rutin berolahraga 3-5 kali dalam seminggu. Beberapa olahraga ringan yang bisa dilakukan seperti jogging, bersepeda, jalan sehat, atau aerobik.

5. Gunakan Pelembap Wajah

Dehidrasi pada kulit wajah bisa juga diatasi dengan penggunaan pelembap. Namun, pastikan pelembap yang Anda gunakan memiliki nutrisi yang mampu menghidrasi kulit.

 

 

source : Advertorial – detikHealth

Leave a Response