close
DaerahNews

Siap aliri 100ha sawah, wagub tinjau proyek irigasi Lalengrie

Langitku Networks

LANGITKU NETWORKS, Makassar – Infrastruktur pertanian menjadi salah satu program kerja Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, dikepemimpinan Nurdin Abdullah dan Andi Sudirman Sulaiman sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan.

Melalui pembangunan bendung dan jaringan irigasi. Seperti yang tengah dalam proses pengerjaan pada bendung dan jaringan irigasi Lalengrie di Desa Ujung Lamuru, Kecamatan Lappariaja, Kabupaten Bone.

Selasa (8/9/2020), Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman meninjau langsung pembangunan bendung dan jaringan irigasi itu.

Pekerjaan rehabilitasi dan peningkatan jaringan irigasi dan air bersih itu menggunakan anggaran senilai Rp 21,5 Miliar yang bersumber dari APBD Provinsi Sulawesi Selatan


Hadirnya bendung ini pun sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Diantaranya untuk mencegah banjir, mengukur debit sungai, dan memperlambat aliran sungai sehingga menjadikan sungai lebih mudah dilalui. Bahkan hadirnya bendung untuk irigasi pertanian ini, nantinya bisa meningkatkan produksi hasil pertanian. Terlebih Kabupaten Bone sudah memenuhi lumbung pangan di Provinsi Sulawesi Selatan.

Untuk tahun 2020 ini, kata Andi Sudirman, “tahap pertama bangunan Induk dan saluran 3 km dengan kapasitas perkiraan sekitar 100-an hektar sudah bisa terairi,” ungkapnya.

Pemprov Sulsel, lanjutnya, bahwa akan dilanjutkan dengan tahap kedua pembangunan yang direncanakan pada tahun 2021. “Agar fungsional maksimal sesuai rencana,” pungkasnya.

“Bendung Lalengrie ini memiliki kapasitas mengairi sekitar kurang lebih sekitar 1000-an hektar sawah dan juga bisa digunakan untuk kebun yang dilewati,” jelasnya.(jalu)

Leave a Response