close
DaerahNews

Ketua Dekranasda Sulsel, Hj Lies F Nurdin Apresiasi Festival Aksara Lontaraq

Langitku Networks

LANGITKU NETWORKS, Makassar – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sulawesi Selatan, Hj Liestiaty F Nurdin memberi apreasisi dan dukungan pelaksanaan Festival Aksara Lontaraq 2020. Dimana puncak perayaannya  bakal di gelar pada 27- 29 Agustus 2020 mendatang.

Hal itu disampaikan Hj Lies F Nurdin  saat menerima audiensi panitia Festival Aksara Lontaraq 2020 yang dipimpin Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulsel Moh Hasan Sijaya, bersama stakeholder di rumah jabatan Gubernur Sulsel, saat memberikan laporan kegiatan dinas Provinsi Sulawesi Selatan, Sabtu (15/08/2020)

Turut hadir dalam pertemuan itu,  Ketua Panitia Festival Aksara Lontaraq 2020 Upi Asmaradhana, Pustakawan senior Syahruddin Umar, Plt Kabid Perpustakaan Nilma, Syamsul Arif, Pustakawan Madya dan A. Wildanti staf pimpinan Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulsel.

“Kita apresiasi kegiatan ini, apalagi tujuannya menjaga tradisi Sulawesi Selatan. Aksara lontaraq ini adalah warisan leluhur kita. Ia harus dilestarikan. Jangan mau kalah dengan kebudayaan negara lain, ” kata Lies F Nurdin.


Dalam pertemuan dengan panitia Festival Aksar Lontaraq, Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel ini juga berpesan, kiranya kegiatan ini berkesinambungan, dan melibatkan masyarakat yang lebih luas, khususnya anak-anak sekolah.Sehingga pemahanan dan pengetahuan aksara Lontaraq tidak hilang dan dilupakan. Ia juga menyatakan kesiapannya hadir di acara Fashion Show Lontaraq yang juga didukung dan atas kerjasama Dekranasda Sulsel.

“Kita harus bangga dengan budaya sendiri khususnya aksara Lontaraq. Tak banyak bangsa-bangsa di dunia yang memiliki aksara. Kita akan support kegiatan ini.Penting buat anak-anak kita,” ujarnya.

Ketua Panitia Aksara  Lontaraq yang juga Founder dan CEO PT Kabar Grup Indonesia, Upi Asmaradhana mengatakan, kegiatan kebudayaan ini akan menjadi warisan buat generasi kita yang akan datang. ” Festival tahunan ini hasilnya bukan satu, dua, tiga tahun tapi untuk 100 tahun yang akan datang. Dukungan pemerintah daerah, khususnya Ibu Gubernur selaku Ketua Dekranasda akan menjadi momentum gerakan kebudayaan bersama, yang kami sebut Gotong royong kebudayaan anak negeri, “Kata Upi.

Saat ini kegiatan festival sedang memasuki tahapan lomba, yang dimulai 25 Juli- 15 Agustus 2020. Festival ini sendiri dilanuching secara virtual  25 Juni 2020 dihadiri tujuh negara dan 765 peserta. (jalu)

Leave a Response