close
DaerahNews

4 Manfaat Baca Buku Sebelum Tidur yang Perlu Kamu Tahu

Langitku Networks

LANGITKU NETWORKS, Jakarta – Seringkali orang memiliki kesalahan persepsi bahwa membaca bukusebelum tidur akan merusak mata. Padahal hal tersebut belum tentu terjadi, apalagi jika kamu memastikan baca buku dengan kondisi ruangan yang terang.

Selain bisa menambah wawasan, membaca buku sebelum tidur juga memiliki segudang manfaat positif. Berikut manfaat membaca buku sebelum tidur yang dilansir dari myfitnesspal:

1. Mengurangi stres

Suatu studi menemukan bahwa membaca selama 30 menit dapat membuat tekanan darah dan detak jantung menjadi lebih rendah, serta dapat mengurangi tingkat stres.
Para peneliti di University of Sussex melaporkan bahwa membaca selama enam menit sebelum tidur akan mengurangi stres sebesar 68 persen dan bisa membuat lebih rileks daripada mendengarkan musik atau minum secangkir teh.

2. Meningkatkan kualitas tidur

Daripada menggunakan ponsel, membaca buku jadi cara yang lebih efektif untuk membuatmu cepat tertidur.

Memainkan ponsel pada malam hari bisa membuat kecanduan, sehingga mengalami kesulitan tidur. Hal ini dikarenakan fitur yang terdapat pada ponsel begitu banyak, yang artinya kamu dapat memainkan game, menonton video, chatting, sehingga dapat mengganggu jam tidur.

3. Mengeksplorasi imajinasi

Tak masalah jika kamu suka membaca novel fiksi. Kisah-kisah fiksi sangat mempengaruhi imajinasimu. Imajinasi dapat memampukan dirimu untuk menjadi sosok yang kreatif, penuh ide, dan inovatif.

4. Mengasah rasa empati

Membaca buku dapat melatih emosi dalam dirimu. Dengan membaca buku, kamu juga bisa mempelajari berbagai jenis hubungan dan komunikasi dengan orang lain.

Peneliti Keith Oatley, PhD, yang merupakan seorang profesor di University of Toronto, menyebutkan bahwa membaca buku memiliki kesamaan dengan bermeditasi karena aktivitas keduanya dapat membuat orang-orang mengesampingkan pemikiran akan diri sendiri dan hanya berfokus pada kegiatan itu saja.

 

source : Elsa Himawan – detikHealth

Leave a Response