close
Ilustrasi. Terdapat beberapa penyebab flek hitam di wajah. (iStockphoto/Manuel Faba Ortega)

LANGITKU NETWORKS, Makassar – Kemunculan flek hitam pada kulit wajah terkadang cukup mengganggu bahkan menurunkan mood sehari-hari. Penyebab flek hitam di wajah bermacam-macam.

Flek hitam pada kulit, atau hiperpigmentasi, terjadi ketika beberapa area kulit menghasilkan lebih banyak melanin daripada biasanya. Melanin merupakan pigmen pemberi warna pada mata, kulit, dan rambut.

Flek hitam pada kulit sebenarnya tidak perlu di khawatirkan dan tidak memerlukan perawatan. Hanya saja, beberapa orang mungkin memilih untuk menghilangkannya karena alasan mengganggu penampilan.
Selain di wajah, flek atau bintik hitam sering muncul di area seperti punggung tangan, punggung, serta bahu. Penyebab flek hitam berbeda-beda.

1. Paparan sinar matahari

Orang dapat mengembangkan flek hitam pada kulit mereka setelah terpapar sinar matahari atau tanning bed. Flek hitam yang disebabkan karena sinar matahari biasanya disebut sebagai bintik sinar matahari.

Area tubuh yang paling sering terpapar sinar matahari, seperti wajah, tangan, atau lengan, kemungkinan besar mengalami bintik matahari.

2. Perubahan hormonal

Melasma adalah kondisi kulit yang menyebabkan bercak kecil perubahan warna kulit. Kondisi ini lebih sering terjadi pada wanita, terutama saat hamil.

3. Efek samping obat

Obat-obatan tertentu dapat meningkatkan pigmentasi kulit dan menyebabkan bintik hitam. Penyebab paling umum adalah obat antiinflamasi non steroid (NSAID), tetrasiklin, dan obat psikotropika.

4. Peradangan

Flek hitam bisa berkembang setelah serangan peradangan pada kulit. Peradangan dapat terjadi karena berbagai alasan, termasuk eksim, psoriasis, luka pada kulit, dan jerawat.

5. Penyembuhan luka

Flek hitam mungkin tersisa setelah gigitan serangga, luka bakar, atau luka sembuh. Ini mungkin memudar seiring waktu.

6. Iritasi

Produk kosmetik untuk kulit atau rambut dapat mengiritasi kulit, yang bisa menyebabkan terbentuknya flek hitam.

7. Diabetes

Diabetes dapat menyebabkan area kulit menjadi lebih gelap.

Kondisi yang terkait dengan diabetes termasuk acanthosis nigricans, yang menyebabkan kulit menjadi gelap.

Siapapun bisa mengembangkan bintik hitam di kulit. Faktor risiko tertentu tampaknya meningkatkan peluang seseorang termasuk:

– kehamilan
– kondisi kulit, seperti jerawat, eksim, atau psoriasis
– trauma atau cedera pada kulit
– penyakit hati

Cara mencegah flek hitam

Tidak selalu mungkin mencegah munculnya bintik-bintik hitam pada kulit. Misalnya, perubahan hormonal selama kehamilan yang dapat menyebabkan melasma tidak dapat dicegah.

Namun, ada beberapa hal yang dapat dilakukan orang untuk mengurangi kemungkinan bintik hitam dan mencegahnya menjadi lebih gelap:

– Gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 setiap hari, bahkan saat matahari tidak cerah.
– Kenakan topi bertepi lebar dan kacamata hitam untuk melindungi kulit lebih jauh.
– Atasi kondisi kulit, seperti jerawat yang dapat memicu peradangan.
– Hindari matahari antara jam 10 pagi dan 4 sore. ketika itu cenderung menjadi yang terkuat.

 

 

 

 

source : cnnindonesia

Leave a Response