close
Lifestyle

Pinterest Beberkan Tren Mode di 2021, Apa Saja?

Athflow, atau pakaian santai yang cocon untuk pribadi yang aktif, diprediksi akan menjadi tren di 2021.(indiras work/SHUTTERSTOCK)
Langitku Networks

LANGITKU NETWORKS,   Tren mode selalu berubah setiap tahunnya. Tahun ini, situasi pandemi rupanya juga memengaruhi prediksi tren di tahun mendatang.

Pinterest, melalui Pinterest Predicts, menyampaikan ulasan tentang prediksi tren di 2021, termasuk tren di bidang mode.

Tren ini disusun berdasarkan data pencarian internal Pinterest secara global, membandingkan pencarian dalam periode Oktober 2018 – September 2019 dan periode Oktober 2019 – September 2020.

Ada tiga tren mode yang diperkirakan akan mendominasi di tahun depan, apa saja tren yang dimaksud?

1. Athflow
Istilah athflow mengacu pada gaya berbusana yang santai, elegan, namun juga cocok untuk pribadi yang aktif.

Beberapa item yang masuk kategori athflow antara lain celana longgar, terusan kasual, hingga pakaian oversized, yang dinilai dapat menggantikan baju atletik sebagai pakaian santai andalan.

Meski bergaya santai, pakaian athflow juga cukup profesional untuk digunakan berkantor di rumah, cukup elastis untuk yoga dan nyaman untuk bersantai.

Sepanjang tahun, pencarian kata kunci pakaian lembut di Pinterest bahkan naik hingga 185 persen dan kata kunci terusan katun untuk wanita naik 160 persen.

Sementara kata kunci pakaian rumah wanita naik dua kali lipatnya dan pakaian oversized naik tiga kali lipatnya.

2. Busana rumahan multifungsi
Situasi pandemi memaksa kebanyakan dari kita untuk tetap berada di rumah. Oleh karena itu, pakaian yang nyaman kerap menjadi prioritas untuk beraktivitas.

Pencarian Pinterest setahun ke belakang juga menunjukkan tren serupa. Faktanya, pencarian kata kunci sweater kepompong naik hingga 155 persen.

Sementara pencarian sandal bulu naik 90 persen dan kaus kaki longgar naik 55 persen.

Meski mengutamakan kenyamanan, nyatanya sebagian orang tetap ingin tampil prima. Pencarian kata kunci pakaian estetis yang nyaman pun naik hingga dua kali lipatnya.

3. Pakaian bikinan sendiri
Di 2021 akan semakin banyak masyarakat yang senang berkreasi dengan pakaian sesuai dengan gaya sendiri, terutama untuk kelompok Gen Z.

Kreasi unik dilakukan mulai dari membuat lukisan di denim hingga jaket kaus crewneckkustom.

Bahkan, pencarian kata kunci hoodie custom naik hingga 130 persen dan kata kunci desain totebag kreasi sendiri naik 115 persen.

Sejumlah orang juga mencari ide desain denim di Pinterest, sehingga angka pencariannya naik hingga tiga kali lipat.

 

source : Kompas.com
Editor: Nabilla Tashandra

 

Leave a Response