close
Lifestyle

Selama WFH, Istirahatkan Mata Tiap 2 Jam

Ilustrasi bekerja dari rumah atau work from home (WFH). ((Dok. Vlada Karpovich - Pexels) )
Langitku Networks

LANGITKU NETWORKS – Sejak kebijakan kerja dari rumah atau work from home (WFH) diberlakukan karena pandemi Covid-19, banyak dari kita menatap gadget atau gawai jauh lebih lama dari biasanya. Hal ini tentunya tidak baik untuk kesehatan mata.

Menatap layar gawai selama berjam-jam dapat menyebabkan masalah penglihatan. Sebut saja mata kering, berkaca-kaca, mata lelah, hingga merasa sakit kepala.

Bila dibiarkan, tentunya hal itu bisa bertambah parah. Untuk menjaga kesehatan mata, ada lima langkah sederhana yang bisa dilakukan. Berikut ulasannya.

1. Batasi waktu layar

Saat WFH, kebanyakan orang seolah tidak bisa lepas dari gawai. Entah karena mengerjakan tugas di laptop maupun menonton serial favorit di ponsel. Kebiasaan itu tentu harus diubah.

Pasang pengingat atau alarm setiap dua jam sekali untuk beristirahat dari layar gawai. Paling tidak istirahatkan mata selama 20 detik dan pandanglah obyek minimal enam meter.

2. Konsumsi makanan tinggi vitamin A dan C

Pola makan seimbang dan memilih nutrisi yang tepat sangat penting untuk kesehatan penglihatan. Pilihlah makanan yang kaya vitamin A dan C. Bisa juga mengonsumsi salmon karena mengandung asam lemak omega-3 esensial

3. Pakai masker mata

Menatap layar gawai selama berjam-jam menyebabkan ketegangan di saraf mata. Oleh karenanya, penting untuk membuat saraf tersebut rileks kembali.
Gunakan masker mata gel (eye pads) untuk menenangkan mata. Bisa juga mengompres menggunakan es atau mentimun untuk menghilangkan mata berair dan merah.

4. Tidur nyenyak

Langkah penting untuk menjaga kesehatan mata adalah mendapatkan tidur nyenyak. Mengistirahatkan mata sama pentingnya dengan mengistirahatkan tubuh. Mata perlu memulihkan kekuatannya dan tidur cukup adalah kuncinya.

5. Pakai kacamata anti UV

Sinar ultraviolet pada matahari berbahaya untuk kesehatan mata. Oleh karenanya, saat beraktivitas di luar rumah usahakan untuk memakai kacamata hitam anti UV yang bisa melindungi mata dari sinar UVA dan UVB.

source : Pinkvilla
Penulis: Maria Adeline Tiara Putri
Editor: Lusia Kus Anna

kompas.com

Leave a Response