close
Lifestyle

Bantu Turunkan Berat Badan, Ini Jumlah Air yang Harus Dikonsumsi

Ilustrasi orang minum air mineral. (Dok.Shutterstcok)
Langitku Networks

LANGITKU NETWORKS, Jakarta – Rutin minum air putih tidak hanya menjaga tubuh terhidrasi tapi juga membantu menurunkan berat badan.

Penelitian membuktikan minum air secara teratur dapat mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi serta meningkatkan rasa kenyang dan metabolisme tubuh.

Air membantu meningkatkan thermogenesis atau produksi panas dalam tubuh. Semakin tinggi panas tubuh, maka metabolisme semakin meningkat.

Suatu penelitian di Korea menyatakan, konsumsi air sebelum makan dapat mencegah konsumsi kalori berlebih karena sensasi rasa kenyang yang diberikan. Oleh karenanya dianjurkan untuk meminum air 20-30 menit sebelum makan.

Penelitian lain di Amerika menemukan orang yang rutin minum air sebelum makan berat badannya turun 2 kg lebih banyak dibandingkan dengan orang yang tidak melakukan hal serupa.

Di sisi lain, air juga meningkatkan lipolisis yaitu kemampuan tubuh untuk memecah lemak untuk digunakan sebagai sumber energi.

Bagi yang sedang menjalani program penurunan berat badan, tidak perlu konsumsi minuman yang aneh-aneh untuk mencapai berat ideal. Cukup minum air putih lalu berbagai manfaat akan datang menghampiri.

Mulai dari menurunkan indeks massa tubuh hingga meningkatkan metabolisme karbohidrat dan sensitivitas insulin.

Manfaat lain yang tak kalah penting adalah air membantu membuang racun dan mengurangi peradangan di tubuh.

Lantas, berapa banyak air yang harus diminum agar mendapatkan manfaat penurunan berat badan?

Melansir Style Craze, jumlah air yang diminum antara perempuan dan laki-laki berbeda.

Perempuan harus minum setidaknya 2,2 liter air sedangkan pria minum 3 liter air. Jumlah ini dianjurkan untuk mereka yang tidak rutin berolahraga.

Namun, bagi yang bergerak aktif jumlahnya harus ditambah hingga 300 mL setiap 15-20 menit sekali ketika sedang berolahraga.

Dengan demikian jumlah air yang diminum jauh menjadi lebih banyak yakni sekira 4-5 liter pada perempuan atau 6-7 liter pada laki-laki.

 

 

source :Maria Adeline Tiara Putri
Editor: Lusia K us Anna

Leave a Response