close
Lifestyle

Alasan Sampo Perlu Digunakan Dua Kali Saat Keramas

Langitku Networks

LANGITKU NETWORKS – Keramas adalah aktivitas rutin yang kita lakukan untuk menjaga rambut dan kulit kepala tetap bersih.

Meski sudah menjadi aktivitas rutin seseorang sejak masih bayi, namun tak sedikit orang yang masih belum berkeramas dengan tepat.

Salah satunya adalah hanya melakukan satu kali proses sampo. Padahal, idealnya proses sampo dilakukan sebanyak dua kali setiap sesi keramas. Mengapa demikian?

“Dengan melakukan dua kali proses sampo setiap keramas, kita akan menjaga kulit kepala dan rambut bersih dan meminimalisir terkena masalah kulit kepala, seperti sensitif, ketombe dan berminyak.”

Demikian diungkapkan oleh Senior Education Manager Kérastase Indonesia, Sitoresmi pada peluncuran rangkaian peluncuran Chronologiste, belum lama ini.

Sitoresmi menjelaskan, proses sampo pertama berfungsi membersihkan sebum (minyak) dan polutan (debu) yang menempel di rambut dan permukaan kulit kepala.

Sementara proses sampo kedua berfungsi membersihkan sisa kotoran, polutan dan sebum yang menempel di pori-pori dan terjebak di kutikula batang rambut.
“Dengan begitu, kulit kepala dan rambut akan bersih optimal dan siap menerima perawatan selanjutnya,” kata dia.

Keramas sebetulnya bisa dilakukan dua hari sekali, namun kebutuhan keramas juga tergantung pada aktivitas yang dilakukan individu.

Seseorang yang sangat aktif atau sekadar ingin berkeramas setiap hari, sah saja melakukannya sebagai rutinitas harian.

Namun, selain melakukan dua kali proses sampo, lakukan pula tahap berikut untuk mengoptimalkan kebersihan kulit kepala dan rambut:

  • Gunakan conditioner setiap kali keramas untuk menutup kutikula rambut setelah proses shampoo, agar kutikula terawat, kuat, berkilau, serta menjadikan rambut tidak kusut dan mudah ditata.
  • Gunakan masker untuk kulit kepala atau rambut satu kali dalam seminggu untuk memberikan nutrisi tertinggi dan menjaga vitalitas kulit kepala dan rambut.

 

source : Kompas.com

Editor: Nabilla Tashandra

Leave a Response