close
Lifestyle

Mati Listrik, Bagaimana Selamatkan Makanan di dalam Kulkas?

Ilustrasi menyimpan daging di dalam kulkas(Shutterstock)
Langitku Networks

LANGITKU NETWORKS, Mati listrik selalu terjadi di saat-saat tak terduga. Jika sedang tak beruntung, kondisi itu bisa berlangsung lama, hingga berjam-jam. Ketika mati listrik, kondisi makanan di kulkas menjadi hal yang perlu kita perhatikan. Nah, bagaimana menyelamatkan makanan di dalam kulkas ketika mati listrik dan memastikannya tetap aman dikonsumsi?

1. Tetap tutup pintu kulkas

Ketika mati listrik, pastikan pintu kulkas tetap tertutup selama mungkin.
Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), ketika pemadaman listrik, lemari es tertutup akan tetap dingin hingga empat jam. Lalu, freezer tertutup akan mempertahankan suhunya selama 24 jam jika setengah penuh dan 48 jam jika penuh. Sehingga, selama beberapa jam pertama pemadaman listrik, mau tidak mau kita harus makan makanan yang ada di luar kulkas.

2. Menyediakan alat pengukur suhu

Menurut USDA, suhu kulkas harus berada pada atau di bawah suhu empat derajat celcius dan freezer pada atau di bawah -17 derajat celcius. Menyimpan alat pengukur suhu di dalam lemari es dan freezer adalah cara yang baik untuk bersikap antisipatif jika listrik padam. Cara ini akan dapat memberi tahu kita ketika lemari es atau freezer telah menghangat ke titik yang tidak aman ketika tanpa listrik.

3. Simpan es tambahan

Belilah kantong es tambahan untuk disimpan di dalam freezer untuk membantu menjaga suhunya, dan untuk digunakan jika kita harus memindahkan makanan ke kotak pendingin. Jika freezer kita memiliki kotak pembuat es, kosongkan es batu ke dalam kantong penyimpanan setiap kali penuh. Kita juga dapat mempertimbangkan membeli es kering untuk antisipasi jika terjadi pemadaman listrik. Sebanyak 20 kilogram es kering akan membuat kulkas dingin selama 18-24 jam. Pastikan untuk menanganinya dengan aman dan hindari menyentuhnya dengan tangan kosong. USDA juga merekomendasikan untuk menyimpan botol air di dalam freezer. Tips ini tidak hanya akan membantu menjaga makanan beku dingin lebih lama, tetapi sambil menyimpan persediaan air minum segar untuk masa-masa darurat.

4. Kelompokkan frozen food di freezer

Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) merekomendasikan untuk mengelompokkan semua makanan beku di dalam freezer demi mengantisipasi pemadaman listrik. Cara ini akan membantu menjaga makanan dingin dalam jangka waktu yang lebih lama.

5. Pindahkan barang dari kulkas ke freezer

Tidak semua kasus mati listrik terjadi tiba-tiba. Jika kita sudah tahu kemungkinan pemadaman listrik, FDA juga menyarankan untuk memindahkan beberapa makanan dingin dari kulkas biasa ke freezer. Hal itu demi menjaga makanan pada suhu yang aman untuk jangka waktu lebih lama. Barang seperti susu, daging, dan sisa makanan yang tidak terlalu dibutuhkan perlu segera dipindahkan agar aman di dalam freezer selama pemadaman listrik.

6. Miliki cooler cadangan

Jika pemadaman listrik sering terjadi dan biasanya terjadi dalam waktu lama, berinvestasilah dengan memiliki cooler atau kotak pendingin. Palang Merah Nasional AS merekomendasikan untuk mengemas makanan dingin ke dalam cooler. Pastikan kotak pendingin dikemas dengan es. Jika listrik akan padam lebih dari sehari, siapkan cooler kedua untuk item beku lainnya.

7. Simpan stok makanan di lemari

Usahakan dapur penuh dengan stok makanan yang tahan lama. Menurut aplikasi FoodKeeper USDA, makanan seperti kornet, sarden, atau sayur kalengan dapat bertahan di rak selama 2-5 tahun. Bahan pokok lain yang bisa bertahan beberapa waktu tanpa harus disimpan di kulkas adalah selai kacang, beras, oatmeal, dan kacang-kacangan.

Source :  Penulis Nabilla Tashandra | Editor Glori K. Wadrianto (Kompas.com)

Leave a Response