close
Lifestyle

Bekerja Dari Rumah, Berikut Cara Mengatur Tim Agar Tetap Produktif

Langitku Networks

LANGITKU NETWORKS – Sebagian besar kantor dan institusi pendidikan telah menerapkan Work From Home atau bekerja dari rumah mulai hari ini. Bekerja dari rumah atau yang kini lebih sering disebut kerja “remote” punya banyak tantangan seperti, keinginan untuk rebahan, menuntaskan drama berseri, hingga kondisi rumah yang mungkin tidak biasa dipakai bekerja.

Jika Anda memimpin sebuah tim di kantor dan terpaksa harus kerja “remote,” cobalah untuk mengikuti beberapa cara ini:

Buat perencanaan

Ketahui apa saja alat yang diperlukan Anda dan tim untuk bekerja dari rumah. Jangan sampai Anda dan tim tidak memiliki alat yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan dari rumah.

Evaluasi perangkat lunak, informasi, dan sumber daya lain apa yang perlu Anda akses untuk menjaga produktivitas Anda.

Salin semua bookmarks, nomor telepon, dan informasi lain yang mungkin disimpan di layar komputer kantor atau meja Anda.

Sebab, seorang manajer harus memastikan bahwa timnya telah memiliki alat yang diperlukan untuk terus bekerja dari rumah, dan memiliki informasi kontak semua orang.

Siapkan ruang kerja

Bekerja dari rumah dapat membuat pemisahan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi menjadi abu-abu. Oleh sebab itu, penting untuk menyiapkan ruang kerja di rumah.

“Secara teknis, di mana saja dengan permukaan datar dan internet dapat bekerja, tetapi cobalah jadikan tempat paling bebas gangguan untuk menjadi lokasi yang paling produktif,” ujar CEO dan Pendiri FlexJobs, Sara Sutton.

Untuk menghindari bekerja selama 12 jam sehari, pastikan Anda memiliki beberapa cara untuk menandakan akhir hari kerja jarak jauh Anda, seperti menyingkirkan laptop dan menghindari bekerja setelah kewajiban kerja2 usai.

“Matikan semua notifikasi selama waktu istirahat sehingga Anda tidak melihat pesan yang mungkin menggoda Anda untuk memeriksanya,” kata Teresa Douglas, penulis  buku Working Remotely: Secrets to Success for Employees on Distributed Teams.

Komunikasi yang baik

Tidak ada yang akan mampir ke meja Anda untuk memberikan perkembangan laporan yang ditunggu ketika para karyawan bekerja dari rumah.

Itulah mengapa sangat penting untuk menetapkan tenggat waktu tugas yang sangat jelas dan memberikan update progress secara teratur untuk memastikan semua orang tetap produktif dan bekerja seefisien mungkin.

Mengirim agenda harian dan mingguan yang terus diperbarui dapat membantu menjaga semua orang tetap pada jalurnya.

Transparan tentang jadwal Anda

Sangat mungkin banyak pekerja tidak akan sendirian di rumah jika sekolah juga diliburkan, sehingga menjaga setiap orang bekerja dengan jam kerja yang khas mungkin agak sulit.

Pekerja harus jelas dengan jadwal mereka dan manajer harus fleksibel.

“Manajer perlu memilih pertempuran mereka,” kata Douglas. “Bekerja nine-to-five tidak akan berlaku untuk semua orang, bahkan termasuk klien dan pelanggan yang mungkin juga berurusan dengan virus corona.”

Pastikan untuk berkomunikasi dengan anggota tim Anda ketika Anda akan bekerja dan tersedia dan sangat jelas dengan tenggat waktu sehingga tidak ada yang bertanya-tanya kapan sesuatu akan dilakukan.

Simpan catatan rinci tentang kemajuan Anda tentang berbagai proyek dan tugas di tempat di mana orang lain dapat mengaksesnya meski Anda sedang offline.

Bersiap untuk meeting jarak jauh

Meeting jarak jauh bisa sama produktifnya dengan pertemuan tatap muka. Bedanya, akan ada lebih sedikit persiapan.

Sirkulasikan agenda sebelum pertemuan sehingga semua orang tahu apa yang akan dibahas. Untuk menghindari orang berbicara satu sama lain atau malu untuk berbicara, tetapkan objektif di awal pertemuan.

Dan jika karyawan tidak terbiasa dengan konferensi video, lakukan telepon.

“Saya menemukan rapat melalui telepon menjadi lebih baik dalam keadaan darurat,” kata Sutton. “Sederhana saja.”

Source : CNN
Penulis : 1
Editor : Gita Laras Widyaningrum
Nationalgeographic.co.id

Leave a Response