close
Health

Minum Air Kelapa Setelah Vaksin Benarkah Hilangkan Efek Vaksin COVID-19?

Benarkah minum air kelapa setelah vaksin dapat menghilangkan efek vaksin COVID-19? (Foto: iStock)

LANGITKU NETWORKS, Jakarta – Tak sedikit orang yang masih percaya minum air kelapa setelah vaksin dapat menghilangkan fungsi dari vaksin COVID-19. Perlu diketahui, vaksin bukanlah racun sehingga masyarakat tidak perlu takut.
Air kelapa sendiri kerap dianggap ampuh dalam menetralisir racun yang masuk ke dalam tubuh. Maka dari itu, mereka yang khawatir terhadap efek vaksin COVID-19 merekomendasikan minum air kelapa sebagai penetralisir.

“Jadi, fenomena ramai-ramai minum air kelapa untuk mencegah fungsi vaksin itu sebaiknya dihentikan, karena fungsi vaksin yang masuk ke dalam tubuh itu tetap ada,” ucap Edi Hidayat, dokter ahli penyakit dalam di Kabupaten Nagan Raya, Aceh, dikutip dari Antara.

Edi menjelaskan kandungan material di dalam vaksin COVID-19 adalah antigen yang bertujuan untuk membentuk antibodi, sehingga masyarakat dapat memiliki kekebalan terhadap virus Corona. “Jadi, jangan berpikir minum air kelapa untuk menetralisir racun. Vaksin itu bukan racun,” ujarnya.

Air kelapa memang memiliki banyak nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Misalnya, 100 mililiter air kelapa mengandung sejumlah senyawa, seperti natrium, fosfor, kalsium, karbohidrat, dan vitamin yang dapat memperkuat kekebalan tubuh.

Oleh karenanya, minum air kelapa setelah vaksin tidak akan menghilangkan efek dari vaksin COVID-19. Justru air kelapa dan vaksin sama-sama dapat meningkatkan imunitas.

“Yang harus dipahami oleh masyarakat, kita divaksin supaya tidak terinfeksi COVID-19, sekaligus mencegah kematian. Kalaupun misalnya sudah divaksin terkena COVID-19, efeknya sangat kecil, karena imunitas tubuh kita sudah diperkuat,” jelas Edi.

Hal senada juga disampaikan oleh juru bicara vaksinasi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Lucia Rizka Andalusia. Menurutnya, minum air kelapa setelah vaksin tidak akan berefek apa-apa, karena vaksin bukanlah racun.

“Vaksin ini disuntikkan masuk ke otot lengan, sedangkan air kelapa diminum masuk ke lambung, jadi tidak ada hubungannya,” ucap Lucia.

 

source :
Achmad Reyhan Dwianto – detikHealth

 

Leave a Response