close
Health

3 Cara Makan Pisang yang Efektif Turunkan Berat Badan

iStockphoto/Lecic
Langitku Networks

LANGITKU NETWORKS, Jakarta – Konsumsi buah pisang adalah salah satu yang kerap direkomendasikan kala Anda mulai menjalani diet untuk menurunkan berat badan.

Pasalnya, makan lebih banyak buah dan sayuran adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kesehatan Anda. Cara ini juga diyakini dapat membantu menurunkan berat badan.

Buah pisang mengandung vitamin dan mineral penting yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Buah ini juga kaya serat dan rendah lemak, yang menjadikannya camilan baik untuk mencegah kelaparan dan mengisi energi kembali.

Ada sejumlah cara makan pisang yang direkomendasikan dan diyakini efektif menurunkan berat badan.

Berikut 3 cara makan pisang efektif menurunkan berat badan, sebagaimana dilansir India Times.

1. Banana oatmeal untuk sarapan pagi

Entah Anda sedang mencoba menurunkan berat badan atau tidak, buatlah aturan untuk tidak pernah melewatkan sarapan Anda.

Sarapan adalah makanan pertama dan terpenting hari itu. Di pagi hari, setelah 10-12 jam berpuasa semalaman, tubuh kita membutuhkan sesuatu untuk diisi ulang dan diberi energi kembali.

Sarapan berat di pagi hari yang kaya protein dan serat serta nutrisi lainnya dapat mengurangi konsumsi kalori Anda sepanjang hari.

Pisang mengandung pati dan kalium resisten tinggi, yang dapat meningkatkan perasaan kenyang dan memberikan energi instan Anda. Menyajikannya dengan oatmeal, dan biji chia, akan menjadikannya sarapan yang lezat dan mengenyangkan.

2. Pisang dengan selai kacang

Banyak ahli setuju bahwa pisang bisa menjadi camilan sebelum dan sesudah olahraga yang sempurna.

Buah ini kaya akan glukosa, yang memberikan energi instan, sangat dibutuhkan setelah sesi latihan yang intens. Selain itu, kandungan kalium di dalamnya bisa membantu menangkal kram otot pasca latihan dan pusing.

Untuk mengimbanginya, sandingkan pisang ukuran sedang dengan selai kacang atau segenggam kacang.

3. Smoothie pisang mentah

Sesuai penelitian, kandungan pati dalam pisang juga dapat membantu meningkatkan metabolisme.

Bahkan kandungan kalium di dalamnya dipercaya dapat mengatur perpindahan nutrisi ke dalam sel, yang dapat meningkatkan metabolisme.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition & Metabolism mengungkapkan bahwa mengganti 5 persen karbohidrat hari itu dengan sumber pati resisten dapat meningkatkan pembakaran lemak setelah makan sebesar 23 persen.

Pisang mentah mengandung paling banyak pati sehingga menjadi pilihan terbaik untuk memasukkannya ke dalam makanan Anda.

Karena rasanya agak pahit jadi Anda bisa mengolahnya menjadi smoothie dengan sedikit madu dan kacang-kacangan. Sajian ini bisa Anda dinikmati setelah sesi olahraga atau tengah hari untuk mencegah rasa lapar yang terlalu dini.

 

 

 

source : CNN Indonesia

Leave a Response