close
Health

Masalah Kulit yang Rentan Dialami Bayi

Ilustrasi (Shutterstock/denniro)
Langitku Networks

LANGITKU NETWORKS, Banyak orang yang ingin kulitnya terlihat mulus seperti kulit bayi. Padahal, kulit bayi juga tak luput dari sejumlah masalah.

Menurut dr Armansjah Dara Sjahruddin, SpKK, masalah kulit yang sering terjadi pada bayi antara lain ruam popok, dermatitis atopik, dan dermatitis seboroik.

Bayi juga bisa mengalami pioderma atau kulit bernanah, keratosis piliaris (kulit kasar seperti kulit ayam), dan skabies (kudis).

Salah satu alasan yang membuat bayi bisa mengalami peradangan kulit karena kondisi kulitnya yang berbeda dengan orang dewasa.

Kulit bayi lebih tipis sehingga lebih mudah mengeluarkan penguapan cairan dalam tubuh. Selain itu, kulit bayi juga belum tumbuh dengan sempurna.

Dampaknya, fungsi kulit sebagai pertahanan atau pelindung tubuh dari suhu udara dan benda-benda yang menyentuhnya belum optimal.

“Dengan begitu kecenderungan terjadinya iritasi dan kulit sensitif pada bayi lebih tinggi dibandingkan dengan orang dewasa,” kata dermatolog yang akrab disapa Dara itu.

Dara mengungkapkan, masalah kulit pada bayi dapat diatasi dengan cara menjaga kebersihan dan memberikan produk yang tepat.

Namun sebelumnya, orangtua perlu mengetahui jenis kulit bayi. Sekadar informasi, bayi yang terlahir dari orangtua dengan riwayat asma, lebih rentan mengalami dermatitis atopik.

Kemudian, orangtua juga harus menjaga kondisi kulit bayinya selalu lembap. Salah satu caranya adalah memakaikan produk perawatan kulit khusus bayi.

Dara mengimbau agar orangtua lebih berhati-hati dan teliti sebelum memilih produk. Sesuaikan produk dengan kebutuhan kulit bayi dan gunakan produk yang mengandung bahan alami dan bebas bahan.

“Bahan kandungan untuk produk perawatan bayi lebih ke arah yang memberi nutrisi seperti aloe vera dan rice bran oil,” ujar Dara.

Dia menambahkan, produk perawatan kulit yang setidaknya diberikan pada bayi adalah losion atau shooting cream.

Kedua produk tersebut mampu memberikan pertahanan dan proteksi karena menjaga kelembapan kulit. Dengan begitu masalah kulit akan jarang terjadi.

“Ingat juga, jangan pakai produk karena melihat orang lain. Sebab belum tentu produk itu cocok untuk anak kita,” ujar Dara.

 

SC : Kompas.com

Leave a Response