close
Health

Bahaya Minuman Bersoda untuk Pasien Diabetes

Langitku Networks

LANGITKU NETWORKS, Penelitian menunjukkan bahwa minum terlalu banyak soda memiliki kaitan kuat dengan diabetes.

Riset 2017 juga membuktikan konsumsi soda juga bisa menurunkan kemampuan orang yang sudah mengidap diabetes untuk mengontrol glukosa darah.

Bahkan, soda diet yang diklaim rendah pemanis buatan pun juga tidak dapat mengurangi risiko diabetes.

Mengapa minuman soda bisa berakibat buruk pada diabetes?

Minuman bersoda seringkali dikemas dengan pemanis buatan. Mengonsumsi terlalu banyak minuman manis membuat tubuh menyimpan energi berlebih dalam bentuk lemak.

Jadi, mengonsumsi terlalu banyak soda bisa memicu kelebihan berat badan dan obesitas.

Penelitian telah menunjukkan bahwa kelebihan berat badan atau obesitas merupakan faktor risiko diabetes tipe 2 dan berbagai penyakit kronis lainnya.

Asupan gula yang tinggi bisa memicu diabeteste karena bisa memicu konsentrasi glukosa darah yang lebih tinggi dari muatan tinggi karbohidrat yang cepat dicerna berarti lebih banyak permintaan insulin.

Permintaan insulin yang lebih tinggi dalam jangka panjang membuat pankreas lelah.

Hal ini dapat menyebabkan intoleransi glukosa dari sel.

Itu sebabnya, konsumsi makanan tinggi gula bisa meningkatkan resistensi insulin.

Apakah soda diet aman untuk penderita diabetes?

Meski tidak mengandung gula, soda diet biasanya mengandung pemanis buatan, perasa alami, zat pewarna, asam, pengawet, dan kafein.

Soda diet juga rendah nutrisi dan mengandung kalori kosong.

Padahal, mengonsumsi makanan olahan tinggi yang tinggi gula, lemak tidak sehat, dan kalori kosong meningkatkan risiko bertambahnya berat badan, yang merupakan faktor risiko diabetes.

Riset 2014 juga membuktikan, pemanis buatan, seperti yang ada di dalam soda diet, bisa berdampak negatif pada bakteri baik di usus.

Riset tersebut juga menemukan soda diet bisa meningkatkan resistensi insulin, yang dapat menyebabkan atau memperburuk diabetes.

Itu sebabnya, sebaiknya kita membatasi atau bahkan menghindari minuman ini dan menggantinya dengan pilihan yang lebih sehat.

 

source : kompas.com

Leave a Response