close
Health

Bisa Redakan Mual dan Muntah Saat Hamil, Ini Sederet Manfaat Pisang

Manfaat pisang bagi ibu hamil (Foto: iStock)
Langitku Networks

LANGITKU NETWORKS, Jakarta – Mengonsumsi sayuran dan buah-buahan selama kehamilan sangat dianjurkan untuk kesehatan ibu dan janin. Salah satu buah yang penting dikonsumsi selama kehamilan yakni pisang. Selain kaya nutrisi, pisang diketahui dapat meredakan mual dan muntah selama hamil.

Pisang merupakan buah tropis yang mengandung vitamin esensial, mineral, karbohidrat, dan serat makanan. Semua nutrisi tersebut dapat membantu perkembangan janin yang sehat selama kehamilan.

Menurut Megha Mukhija seorang nutrisionis, pisang diketahui dapat membantu meredakan muntah dan mual yang kerap dialami para ibu hamil.

“Pisang kaya akan vitamin B6 atau piridoksin. Vitamin B6 ini dapat menyembuhkan mual dan morning sickness. Makanya, dengan mengonsumsi pisang terutama pada trimester pertama sangatlah dianjurkan,” ujarnya.

Selain itu, manfaat pisang untuk ibu hamil juga dapat membantu menurunkan risiko edema. Banyak wanita hamil mengalami edema atau retensi air pada trimester kedua dan ketiga kehamilannya.

Dikutip dari Standardmedia, berikut beberapa manfaat pisang bagi ibu hamil yang tidak kalah penting bagi kesehatan ibu dan janin.

1. Meningkatkan hemoglobin

Kekurangan zat besi adalah penyebab paling umum dari rendahnya kadar hemoglobin. Kebanyakan ibu hamil menderita anemia karena kadar hemoglobin biasanya cukup rendah.

Mengonsumsi pisang selama kehamilan dapat membantu meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh yang dapat meningkatkan sel darah merah dalam darah dan membantu kadar hemoglobin meningkat. Serta, dapat mencegah berbagai macam komplikasi pada kehamilan.

Selain meningkatkan hemoglobin, pisang juga punya sederet manfaat lain bagi ibu hamil.

2. Sumber asam folat yang bagus

Pisang diperlukan untuk perkembangan otak dan sumsum tulang belakang bayi. Dengan mengonsumsi pisang tentunya dapat mencegah kekurangan asam folat yang menyebabkan bayi lahir prematur, sekaligus mengurangi risiko cacat lahir.

3. Meningkatkan energi

Pisang kaya akan karbohidrat karena mengandung gula sederhana seperti glukosa, fruktosa dan sukrosa yang dapat dimetabolisme dengan cepat oleh tubuh untuk memberikan dorongan energi langsung.

4. Meningkatkan pencernaan

Pisang menyediakan banyak serat makanan dan kalium serta mineral penting. Baik serat dan potasium bermanfaat bagi sistem pencernaan dan membantunya berfungsi dengan lancar. Pisang juga kaya akan pektin di mana membantu menormalkan proses pencernaan.

5. Membantu perkembangan tulang

Pisang merupakan sumber kalsium yang sangat baik dimana diperlukan untuk perkembangan tulang yang kuat baik pada bayi maupun ibu. Kalsium juga diperlukan untuk pengaturan kontraksi otot dalam tubuh.

 

source : Farah Nabila – detikHealth

Leave a Response