close
Health

Ini Dia Manfaat Berjalan Kaki yang Perlu Kita Ketahui!

Ilustrasi berolahraga(Shutterstock)
Langitku Networks

LANGITKU NETWORKS – Berjalan kaki nampaknya menjadi aktivitas fisik yang paling mudah dan menyenangkan untuk dilakukan jika ingin menurunkan berat badan. Lebih dari itu, ternyata berjalan kaki juga bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan.

Untuk lebih memahaminya, kepala di bidang nutrisi untuk Nucific, dr. Amy Lee akan memaparkan manfaat-manfaatnya sebagai berikut ini, yang dilansir dari laman Eat This Not That.

1. Meningkatkan kesehatan mental

Menurut Lee, memiliki jadwal berjalan kaki yang rutin itu sangat baik untuk kesehatan mental.

Dia juga merekomendasikan kita untuk memiliki teman berjalan dengan waktu yang teratur.

“Kita bisa menurunkan stres dan membiarkan tubuh mengeluarkan endorfin alami yang merupakan hormon yang memberikan perasaan senang,” katanya.

Hal yang hebat adalah, endorfin dari jalan-jalan membantu kita merasa sedikit lebih berenergi dan memiliki pola pikir yang lebih baik.

2. Menjaga berat badan

Berjalan kaki membantu menjaga berat badan dan tetap sehat, terutama jika kita melakukan jumlah langkah yang tepat setiap hari.

“Data menunjukkan, bahwa ada manfaat bagi kesehatan dan kebugaran secara keseluruhan jika kita bisa melakukan 10.000 langkah sehari,” ungkapnya.

“Itu setara dengan jarak sekitar 5 mil, tergantung pada panjang dan langkah kaki,” sambung dia.

Jarak standar dan jumlah langkah yang dianggap bermanfaat bagi kesehatan dan kebugaran adalah sekitar 10.000 langkah, termasuk berjalan dari mobil di tempat parkir, naik dan turun tangga di tempat kerja, atau berkeliling untuk melakukan pekerjaan rumah.

3. Menurunkan berat badan

Jika ingin benar-benar menurunkan berat badan, penelitian menunjukkan, bahwa kita harus berjalan setidaknya 15.000 langkah sehari.

Kita juga dapat mencoba beberapa trik dengan mengaktifkan otot dalam rutinitas berjalan yang akan mengubahnya menjadi olahraga yang baik.

Misalnya, berjalan kaki dengan lebih cepat, berjalan lebih keras, berjalan di tanjakan, dan berjalan lebih jauh jaraknya.

4. Mencegah risiko penyakit

Menurut Mayo Clinic, berjalan kaki secara teratur tidak hanya membantu menjaga berat badan yang sehat.

Bahkan, dapat membantu untuk mencegah atau mengelola berbagai kondisi penyakit, seperti jantung, tekanan darah tinggi, dan diabetes tipe 2.

5. Menjaga kekuatan otot

Berjalan kaki dapat membantu menjaga kekuatan tulang dan otot yang sangat penting untuk mobilitas seiring bertambahnya usia.

Lee juga menyebutkan, berjalan adalah olahraga yang biasanya dia rekomendasikan untuk orang-orang yang semakin tua, serta para penyandang disabilitas.

 

source : kompas.com
Penulis: Ryan Sara Pratiwi
Editor: Lusia Kus Anna

Leave a Response