close
Health

Semalam Sering Buang Air Kecil? Waspadai Gejala Hipertensi

Bolak-balik ke toilet untuk buang air kecil bisa menandakan masalah serius (Foto: iStock)
Langitku Networks

LANGITKU NETWORKS, Jakarta – Sering buang air kecil adalah hal yang wajar di tengah cuaca dingin. Kadang-kadang, hal itu mengganggu istirahat malam karena jadi harus bolak-balik ke toilet.

Dalam dunia medis, kondisi sering kencing di malam hari disebut nokturia. Jika seseorang terlalu sering buang air kecil khususnya di malam hari, hal itu bisa menandakan kondisi kesehatan sedang tidak baik, yaitu mengalami tekanan darah tinggi (hipertensi).

Dikutip dari Health, sebuah penelitian Division of Hypertension di Jepang mengatakan bahwa asupan garam dan tekanan darah yang tinggi berkaitan dengan seringnya rasa ingin buang air kecil saat tidur.

Jika mengkonsumsi garam terlalu banyak, tubuh akan menahan cairan. Hal itu dikaitkan dengan tekanan darah tinggi yang membuat seseorang sering bolak-balik kamar mandi untuk buang air kecil.

Sebuah penelitian di rumah sakit Tohoku Rosai, Jepang melakukan analisis tekanan darah dan frekuensi kencing pada 3.749 penduduk setempat. Hasil menunjukkan, responden yang terbangun untuk buang air kecil di malam hari memiliki risiko terkena hipertensi sebesar 40 persen.

Perwakilan penelitian Dr Mutsuo Harada mengatakan, penyebab seseorang terkena hipertensi karena faktor gaya hidup seperti asupan garam, etnis, dan latar belakang genetik.

“Asupan garam rata-rata di Jepang cukup tinggi. Bisa sampai 10 gram per hari, atau dua kali lipat rata-rata asupan garam per hari dunia,” ucap Dr Mutsuo, dikutip dari Medical News Today.

 

 

source : Defara Millenia Romadhona – detikHealth

Leave a Response