close
Health

Hidup Sehat, Ini Komposisi Nutrisi Ideal Tiap Porsi Makanan

Langitku Networks

LANGITKU NETWORKS, Jakarta – Menjalani gaya hidup sehat menjadi fokus utama dalam menghadapi kehidupan new normal. Adapun gaya hidup sehat merupakan cara seseorang untuk menurunkan risiko terkena berbagai bentuk penyakit.

Untuk hidup sehat, seseorang harus bisa disiplin dalam hal memilih nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Melansir situs canadianliving, untuk seharinya dibutuhkan komposisi nutrisi seimbang dalam bentuk kalori, protein, karbohidrat, dan lemak di tiap porsi makanan. Adapun penjelasan dari setiap komposisi nutrisi yang ada adalah sebagai berikut.

Kalori

Dalam hal kalori, tubuh orang dewasa memerlukan sekitar 1.500-2.200 kalori yang mana 1.800 kalori adalah rata-rata konsumsi orang setiap harinya. Kalori tersebut dibutuhkan untuk menghasilkan energi dalam menjalankan aktivitas. Kalori bisa didapatkan dengan mengonsumsi protein, karbohidrat, dan lemak.

Protein

Kemudian dari segi protein dibutuhkan 50-14 gram protein setiap harinya. Cara mendapatkan protein tersebut cukup mudah. Dalam sekali porsi hidangan 75 gram daging sapi, ayam, atau ikan terdapat sekitar 18-22 gram protein dan dalam segelas susu terdapat 10 gram protein.

Karbohidrat

Untuk karbohidrat, bisa didapatkan dari berbagai macam makanan seperti sayur-sayuran, kacang-kacangan, beras, dan sebagainya. Dalam sehari cobalah untuk mendapatkan karbohidrat dengan serat yang lebih menyehatkan untuk tubuh. Sekitar 25-35 gram karbohidrat dibutuhkan setiap harinya.

Lemak

Seseorang yang sedang menjalankan diet 1.800 kalori setidaknya harus mendapatkan 40-65 gram lemak setiap harinya. Lemak-lemak dalam bentuk baik bisa didapatkan dari minyak, kacang-kacangan,biji-bijian, dan ikan.

Lalu bagaimana dengan porsi makanan yang baik untuk mendapatkan seluruh nutrisi ideal tersebut? Dilansir dari laman hsph.harvard.edu, disarankan untuk mengisi satu porsi makanan dengan komposisi ½ piring diisi sayuran, ¼ piring diisi karbohidrat sehat (whole grains, buah-buahan, dll), dan ¼ piring diisi protein & lemak sehat (daging ikan, kacang-kacangan, dll).

Porsi makanan dalam satu piring tersebut juga bisa ditambahkan dengan minyak sehat dari olive, canola, kedelai, jagung, dan lainnya. Itulah porsi makanan yang bisa dikonsumsi setiap harinya untuk mendapatkan nutrisi ideal.

Selain mengisi porsi makan dengan komposisi nutrisi ideal, Anda juga harus berolahraga dan memantau kondisi kesehatan secara teratur agar gaya hidup sehat dapat terjaga.

 

source : Reyhan Diandri Ghivarianto – detikHealth

Leave a Response