close
Health

5 Tips Agar Badan Langsung Segar Saat Bangun Tidur

Malas-malasan saat bangun tidur (Foto: iStock)
Langitku Networks

LANGITKU NETWORKS, Jakarta – Tidur merupakan salah satu cara mengembalikan energi di dalam tubuh, semua orang pasti membutuhkannya. Tidur juga memiliki berbagai manfaat, salah satunya menyegarkan tubuh.

Namun, beberapa orang dan bahkan Anda pasti pernah mengalami tubuh menjadi lemas setelah bangun tidur. Seringkali diatasi dengan cara meminum kopi yang dipercaya dapat memberikan energi untuk tubuh.

Ada berbagai cara sederhana untuk meningkatkan tingkat energi Anda di pagi hari dengan cara sehat. Dikutip dari Medicalnewstoday, berikut 5 cara agar tubuh menjadi segar setelah bangun tidur:

1. Minum air

Minum air di pagi hari dapat membantu menyediakan hidrasi yang dibutuhkan tubuh. Minum air dapat merangsang organ dan sistem lain di dalam tubuh sehingga dapat membuat Anda menjadi semangat. Disarankan untuk meminum segelas air hangat, atau air lemon dan kayu manis yang dipercaya dapat merangsang tubuh.

2. Stretching

Stretching dapat membantu melemaskan otot-otot agar rileks dan melancarkan sirkulasi dalam tubuh. Beberapa orang secara alamiah, setelah bangun tidur menggerakkan tangan di atas kepada. Disarankan melakukan stretching selama 5 menit atau melakukan beberapa gerakan yoga sederhana untuk membantu membangkitkan otot dan tubuh.

3. Mandi air dingin

Mandi air dingin di pagi hari dapat memberi energi dan menyegarkan. Sebuah studi di North American Journal of Medical Sciences, dikutip dari Medicalnewstoday, mengatakan bahwa air dingin menyebabkan pembuluh darah jaringan lebih dalam membesar, yang meningkatkan denyut jantung, dan aliran darah. Karena itu, mandi air dingin dapat merangsang tubuh untuk bangun, dan menyebabkan Anda merasa berenergi.

4. Makan sarapan yang ringan

Makan memang memberikan energi bagi tubuh. Namun, jika makan terlalu berat dan banyak akan memberikan efek ngantuk. Disarankan untuk sarapan yang lebih ringan dan sehat seperti bubur, sereal, dan telur karena dapat meningkatkan energi Anda tanpa membuat perut menjadi begah.

5. Jangan begadang

Cara terbaik agar Anda mendapatkan energi di pagi hari adalah memastikan kualitas tidur dengan baik. Ketika begadang terkadang tubuh menjadi lemas pada pagi hari, sehingga jika malam hari Anda tidur selama 6-7 jam akan membuat badan menjadi lebih segar.

 

 

source : Defara Millenia Romadhona – detikHealth

Leave a Response