close
Health

Usai Olahraga, Mandi Air Dingin atau Air Hangat?

Mandi air hangat atau dingin? (Foto: pexels)
Langitku Networks

LANGITKU NETWORKS, Jakarta – Mandi sehabis olahraga memang menjadi pilihan yang tepat, karena badan menjadi berkeringat dan tidak nyaman. Manakah yang lebih tepat, mandi menggunakan air dingin atau air hangat?

Dikutip dari Popsugar, Dr Kristin Maynes spesialis terapi fisik di California, mengatakan tidak ada masalah mandi menggunakan air dingin ataupun air panas.

“Kita semua harus ingat bahwa tubuh setiap orang berbeda dan dapat bereaksi terhadap terapi tertentu secara berbeda,” ucap Dr Maynes.

Mandi air dingin ataupun air hangat setelah berolahraga tidak menjadi masalah, karena keduanya memiliki manfaat masing-masing. Berikut manfaat mandi air dingin dan air hangat yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Air dingin

Mandi air dingin setelah berolahraga dapat membantu mengurangi peradangan otot dan sendi. Selain itu mandi dengan air dingin dapat memperlancar aliran darah, menguatkan otot dan persendian sehingga dapat mengurangi rasa sakit seperti cedera.

Sebuah studi tahun 2015, dikutip dari Puregym, menemukan bahwa mandi dengan air dingin lebih efektif daripada air hangat dalam menghilangkan DOMS (delayed onset muscle soreness) atau nyeri otot dan meningkatkan kekebalan tubuh.

2. Air hangat

Mandi air hangat setelah olahraga dapat memberikan manfaat meningkatkan produksi hormon dan merilekskan otot dan sendi, sehingga dapat mengurangi stres.

“Akan meningkatkan pemulihan otot dan persendian untuk menghilangkan semua penumpukan sel-sel inflamasi (peradangan), sel-sel mati, penumpukan jaringan parut, dan untuk meningkatkan kesehatan tulang,” kata Maynes.

Memutukan mandi air dingin dan air hangat menjadi pilihan Anda, karena keduanya tidak memberikan efek berbahaya bagi kesehatan. Usahakan untuk membersihkan tubuh dari ujung rambut hingga ujung kaki untuk menghilangkan bakteri yang ada di tubuh setelah melakukan olahraga.

 

 

source : Defara Millenia Romadhona – detikHealth

Leave a Response