close
Health

3 Kesalahan Pagi Hari yang Bikin Kamu Susah Kurus

olahraga bisa meningkatkan laju metabolisme (Foto: pexels)
Langitku Networks

LANGITKU NETWORKS, Jakarta – Tingkat metabolisme dipengaruhi oleh beberapa faktor termasuk usia, berat badan, dan genetika. Tak hanya itu, tingkat metabolisme juga dipengaruhi oleh aktivitas kamu di pagi hari. Tak sedikit orang yang melakukan kesalahan di pagi hari, hanya ingin menurunkan berat badan. Padahal kesalahan tersebut justru berakibat pada penurunan metabolisme tubuh,

Dikutip dari News Medical Life Science, Metabolisme tubuh sangat berkaitan erat dengan ketersediaan nutrisi. Metabolisme sendiri merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan semua reaksi kimia yang terlibat dalam mempertahankan kehidupan sel di dalam tubuh. Oleh sebab itu sangat penting untuk menjaga sistem metabolisme tubuh sejak pagi hari.

Berikut 3 kesalahan di pagi hari yang dapat memperlambat metabolisme tubuhmu :

1. Tidak sarapan

Melewatkan sarapan adalah upaya terburuk bagimu yang ingin menurunkan berat badan karena hal itu justru memperlambat metabolisme tubuhmu. Ketika kamu tidak makan, otak mengirimkan pesan ke seluruh tubuh untuk menghemat energi, mengisyaratkannya untuk menahan lemak yang disimpan. Makan dalam satu jam setelah bangun memicu proses metabolisme yang disebut termogenesis. Proses ini bertujuan untuk mengubah makanan menjadi energi.

Kamu juga harus mengetahui bahwa secangkir kopi bukanlah bagian dari sarapan. Sarapan lah dengan kandungan protein sekitar 350 kalori. Dengan demikian, ada kalori yang dapat dibakar untuk menjadi energi.

2. Tidak olahraga

Sebuah penelitian mengatakan bahwa berolahraga di pagi hari sangat baik untuk proses pembakaran kalori karena dapat menghasilkan keringat yang jauh lebih baik ketimbang waktu lain. Lakukan kardio dengan intensitas tinggi untuk mengaktifkan gen pembakar lemak. Hal ini ampuh dalam membakar kalori sekitar 100 hingga 200 lebih banyak.

3. Mengabaikan latihan otot

Latihan beban dapat meningkatkan massa otot yang merupakan ‘mesin’ pembakar kalori di dalam tubuh. Sertakan strength training dalam rutinitas pagi selama sepuluh menit sebagai penambah metabolisme tubuh.

Oleh sebab itu, kamu tidak boleh melewatkan ketiga rutinitas tersebut setiap pagi hari karena rupanya sangat mempengaruhi metabolisme tubuhmu. Semoga bermanfaat!

 

 

source : Elsa Himawan – detikHealth

Leave a Response