close
Health

Lima Makanan dan Minuman yang Bagus Dikonsumsi Setelah Berolahraga

Yoghurt (Shutterstock)
Langitku Networks

LANGITKU NETWORKS – Anda telah berolahraga dengan baik sampai keringat bercucuran, apakah itu akhirnya? Jangan senang dulu. Menurut Lisa Reed, personal trainer, makanan yang Anda konsumsi beberapa menit setelah berolahraga justru lebih penting.

Untuk membantu tubuh pulih dengan cepat–memperbaiki dan membangun jaringan otot baru–Anda perlu mengisi ‘bahan bakar’ dengan sedikit karbohidrat dan protein.

Reed mengatakan, mengonsumsi makanan 15 menit setelah berolahraga, lebih baik dibanding makan satu jam setelahnya. Oleh karena itu, selalu sediakan makanan berikut dalam tas olahraga Anda:

Yoghurt

“Yoghurt merupakan sumber protein yang baik setelah berolahraga,” kata Angie Asche, ahli gizi. Selain itu, yoghurt juga kaya akan kalsium dan vitamin D yang bagus untuk menguatkan otot dan mencegah patah tulang.

Untuk ekstra antioksidan dan karbohidrat, tambahkan buah beri atau potongan sayur ke dalam yoghurt.

Biskuit gandum

“Setelah berolahraga, tubuh menyukai makanan yang mengandung karbohidrat karena sebelumnya energi sudah dibakar,” kata Lindsey Joe, ahli gizi. Untuk mengisi kembali tempat penyimpanan energi, konsumsi biskuit gandum yang juga kaya protein.

Telur

Bukan hanya putihnya, tetapi kuningnya juga harus dimakan. “Kuning telur mengandung nutrisi penting bagi kesehatan otak dan tulang,” kata Asche. Ia menyarankan untuk membawa telur rebus agar mudah dikonsumsi setelah berolahraga.

Salmon

Ikan berlemak dikenal karena kemampuannya sebagai antiinflamasi. Penelitian yang dipublikasikan pada Clinical Journal of Sports Medicine, menemukan fakta bahwa asam lemak omega 3 juga bisa meringankan nyeri pascaolahraga.

Susu cokelat rendah lemak

Bagi Anda yang sulit makan setelah berolahraga, American Council on Exercise, menyarankan untuk mengonsumsi ‘makanan cair’ dibanding yang padat. Dan susu cokelat adalah pilihan yang baik. Sebab, ia mengandung karbohidrat, protein dan air. Meski begitu, Anda harus tetap memperhatikan kadar gulanya.

source : PureWow

editor : Gita Laras Widyaningrum

Nationalgeographic.co.id

Leave a Response