close
Health

3 Tips Atur Pola Makan Sehat Saat WFH

Foto: shutterstock
Langitku Networks

LANGITKU NETWORKS, Jakarta – Bekerja di rumah saja kadang memang membosankan. Rasa bosan tersebut mendukung sebagian orang untuk memilih makanan sebagai pendamping mereka untuk mengatasi rasa jenuh saat bekerja.

Namun jangan sembarangan makan, jika tak menjaga pola makan, maka kesehatan tubuh akan mudah turun. Oleh karena itu selalu utamakanlah untuk mengonsumsi makanan yang menyehatkan.

Menurut Medical Marketing Manager Kalbe Nutritionals dr Adeline Devita, kegiatan yang mengurangi aktivitas fisik dan paparan sinar matahari memberikan efek yang kurang baik karena bisa membuat pembakaran kalori menurun dan akan mengganggu metabolisme yang mengakibatkan peningkatan berat badan.

“Apalagi jika selama WFH terus mengkonsumsi makanan kalori & lemak tinggi yang akan makin tertimbun di dalam tubuh Anda. Oleh karena itu untuk mengantisipasi sensasi ingin mengunyah dan membantu mempertahankan rasa kenyang, pastinya harus konsumsi makanan cukup gizi yg mengandung karbohidrat lepas lambat, protein, juga lemak baik serta juga asupan serat,” ujar dr Adeline kepada detikHealth baru-baru ini.

Bila masih susah membiasakan diri, cobalah beberapa tips untuk menghindari asal makan dan mengantisipasi sensasi ingin mengunyah terus seperti dilansir dari Cleveland Clinic berikut.

1.Hindari Bekerja di Dekat Dapur

Bila bekerja di dekat dapur, Anda mungkin akan lebih mudah tergoda untuk bolak-balik memeriksa lemari es mencari makanan. Cobalah untuk mengatur area kerja Anda, misalnya di dalam kamar, ruang tamu, atau area khusus yang nyaman lainnya.

2. Minum Banyak Air

Dehidrasi bisa menyebabkan sakit kepala dan kelelahan, keduanya tidak baik untuk produktivitas Anda. Sedangkan kelelahan memicu Anda untuk ingin memperbanyak makan. Maka dari itu, selalu sediakan botol air di samping meja kerja Anda di rumah.

3. Rencanakan Waktu Makan dan Camilan Anda

Sama seperti merencanakan jadwal bangun, olahraga, dan mandi, Anda juga harus menentukan kapan Anda makan. Jika Anda suka makan siang sekitar tengah hari, rencanakan untuk itu. Bila Anda suka makan makanan ringan di sore hari, rencanakan pula untuk itu.

“Untuk cemilan disarankan untuk memilih camilan rendah kalori yang mengandung multigrain atau karbohidrat lepas lambat, rendah lemak, rendah gula, kaya akan nutrisi, tanpa pengawet maupun pewarna sehingga aman untuk tubuh kita,” lanjut dr Adeline.

Agar tetap sehat, Anda bisa memilih Fitbar sebagai snack untuk temani kegiatan WFH yang mengandung multigrain dengan ingredients yang terbuat dari Australian Oats dan California Raisin dengan kalori hanya 90 kkal per barnya.

Fitbar dapat dikonsumsi sebelum makan maupun sesudah makan, jika dikonsumsi sebelum makan tentu diharapkan dapat memberikan efek mengenyangkan sehingga porsi makan yang berlebih dapat dihindari.Kandungannya dapat membantu menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh Anda.(akn/ega)

Abu Ubaidillah – detikHealth

Leave a Response