close
Health

Rekomendasi Makanan yang Baik Dikonsumsi Saat Sahur

Sahur sehat saat Ramadhan (Foto: Getty Images/rudi_suardi)
Langitku Networks

LANGITKU NETWORKS, Jakarta – Pemerintah sudah menetapkan awal puasa atau 1 Ramadhan jatuh pada Jumat, 24 April 2020. Masyarakat kini mulai menyiapkan keperluan puasa, salah satunya persiapan untuk makan sahur. Banyak ahli menyarankan untuk mengkonsumsi banyak sayuran dan buah di saat sahur.

“Ketika memutuskan apa yang harus dimakan selama Ramadhan, ingatlah sahur dapat membantu Anda menjalankan puasa. Jadi mengkonsumsi makanan yang tepat adalah penting,” kata Departemen Diet dari Singapore General Hospital (SGH).

Dikutip HealthXchange, berikut ini beberapa makanan yang direkomendasikan di saat sahur:

1. Buah-buahan dan sayuran

Buah dan sayur kaya akan serat yang dapat membantu mengenyangkan dan membantu mencegah sembelit. Selain itu, buah dan sayur juga mengandung vitamin, mineral, dan phytochemical yang sangat penting untuk kesehatan.

2. Makanan mengandung karbohidrat

Selain nasi, kamu juga bisa mencoba makanan lain yang mengandung karbohidrat seperti beras merah dan roti gandum. Keduanya masuk ke dalam karbohidrat kompleks yang memiliki banyak serat, sehingga lebih lambat untuk dicerna. Asupan ini juga membantu mempertahankan tingkat energi lebih lama.

3. Makanan mengandung protein

Ayam tanpa kulit, ikan, dan produk susu rendah lemak adalah sumber protein yang baik dikonsumsi di saat sahur. Selain mengandung banyak protein, makanan ini dapat membantu memperbaiki dan membangun jaringan tubuh, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

(up/up)

Anjar Mahardhika – detikHealth

Leave a Response