close
Health

Redakan Batuk dengan Konsumsi 5 Makanan Enak Ini

Langitku Networks

LANGITKU NETWORKS, Jakarta – Banyak orang yang khawatir dengan penyakit batuk karena menjadi salah satu gejala virus corona. Sebelum parah, obati batuk dengan makanan enak ini.

Gejala batuk seperti tenggorokan kering, sakit dan sulit menelan perlu segera diatasi. Tidak perlu menelan obat antibiotik tetapi cukup dengan konsumsi beberapa makanan enak yang menyehatkan dan efektif meredakan batuk secara alami. Karena selain memberi asupan nutrisi juga memiliki sifat antiinflamasi.

1. Ramuan Bawang Putih, Madu, Jahe dan Lemon

Untuk meredakan batuk kamu bisa mengonsumsi ramuan sehat ini. Terbuat dari campuran bawang putih madu, jahe, lemon yang diseduh dengan air hangat. Ramuan itu akan membantu untuk membersihkan tenggorokan yang sakit dalam hitungan jam.

Bawang putih, lemon dan jahe memiliki kandungan senyawa yang dapat menghalau bakteri penyebab sakit tenggorokan. Sementara madu berperan sebagai agen penyembuhan dengan membangun kembali lapisan tenggorokan yang rusak karena batuk.

2. Sup Ayam

Tak hanya lezat, sup ayam juga berperan sebagai obat batuk. Semangkuk sup ayam merupakan salah satu solusi paling menarik untuk membebaskan kamu dari rasa sakit luar biasa yang disebabkan oleh sakit tenggorokan.

Sup ayam tidak hanya memiliki sifat antiinflamasi, tetapi juga agen revitalisasi. Karena itu khasiatnya juga dapat menambah energi yang dapat membersihkan saluran pernapasan dan hidung karena mengandung bahan-bahan utama seperti bawang putih, bawang merah dan cabai.

3. Pisang

Pisang merupakan buah non-asam yang bertekstur lunak. Karena teksturnya itu pisang dapat melewati tenggorokan tanpa menimbulkan rasa sakit ketika dimakan. Buah berkulit kuning ini juga bisa dijadikan sebagai obat batuk karena memiliki kandungan nutrisi yang baik.

Seperti vitamin B6, kalium dan yang paling penting untuk meredakan batuk adalah vitamin C. Semua nutrisi baik tersebut berfungsi untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan di tenggorokan kamu setelah mengalami rasa sakit akibat batuk.

4. Wortel Rebus

Mengobati batuk parah bisa dengan mengonsumsi wortel yang direbus. Wortel merupakan solusi makanan yang paling berguna untuk mengobati sakit tenggorokan akibat batuk. Wortel mengandung banyak antioksidan dan vitamin C yang banyak memberikan manfaat.

Seperti memperbaiki jaringan yang rusak yang disebabkan karena sakit tenggorokan. Nah, untuk mengonsumsinya wortel dimasak dengan cara direbus terlebih dahulu. Agar teksturnya melembek sehingga tidak membuat sakit tenggorokan ketika dimakan.

5. Kol

Mengonsumsi sayuran kol dapat mengurangi peradangan dan rasa sakit yang disebabkan karena batuk. Sayuran tersebut memiliki kandungan berupa antioksidan dalam jumlah yang banyak. Termasuk komponen bergizi seperti vitamin C dan vitamin K.

Untuk dapat manfaat tersebut, mengonsumsi kol disarankan dengan mencampur sedikit cuka sari apel. Tambahan tersebut akan sangat membantu untuk mengobati batuk dan sakit tenggorokan.

6. Telur Orak-arik

Telur orak-arik merupakan sumber protein yang sangat bergizi. Kandungan nutrisi tersebut akan membantu menurunkan peradangan yang disebabkan oleh batuk parah dan sakit tenggorokan.

Karenanya mengonsumsi telur orak-arik adalah solusi terbaik. Namun, saat meraciknya sebaiknya hindari penggunakan bumbu agar tidak terjadi iritasi pada tenggorokan.

7. Oatmeal

Makanan yang populer sebagai menu sarapan ini ternyata bisa dimanfaatkan sebagai obat batuk. Mengonsumsi oatmeal sangat membantu menyembuhkan sakit tenggorokan yang dialami. Itu karena oatmeal mengandung serat dan protein laut dalam jumlah yang dibutuhkan tubuh.

Sehingga oatmeal dapat berperan untuk membantu memperkuat tenggorokan yang rapuh akibat batuk-batuk. Supaya lebih sehat, oatmeal dapat dikombinasikan dengan irisan pisang yang juga baik untuk menyembuhkan sakit batuk.

Riska Fitria – detikFood

 

Leave a Response