close
Health

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Selama di Rumah Saja

Langitku Networks

LANGITKU NETWORKS – Terus meningkatnya jumlah orang yang terinfeksi virus corona pasti membuat kita merasa cemas. Meski begitu, kita tetap bisa melindungi diri dengan menjaga kesehatan diri dan lingkungan, serta membatasi aktivitas di luar rumah.

Menerapkan pola hidup sehat dan menjaga kebersihan perlu dilakukan mulai dari diri sendiri dan di lingkungan terkecil, yaitu rumah. Melalui beragam perangkat rumah tangga saat ini, kita bisa menerapkan pola hidup sehat agar daya tahan tubuh meningkat.

Menurut penjelasan dokter spesialis gizi klinik Diana F Suganda, untuk memperkuat imunitas tubuh, tentu kita harus disiplin dalam memilih asupan.

“Asupan yang baik bukan hanya dari buah dan sayur, tetapi juga protein. Protein khususnya dibutuhkan untuk orang yang ingin menaikkan kekebalan tubuhnya,” kata Diana dalam siaran pers yang dikirimkan oleh Beko Indonesia.

Selalu sediakan makanan sehat seperti buah, sayuran, dan juga sumber protein seperti telur atau daging sebagai stok makanan di rumah.

Karena bahan makanan ini mudah layu atau busuk, sehingga kandungan nutrisinya ikut hilang, sebaiknya simpan dalam lemari es secara benar.

Menurut Country General Manager Beko Indonesia, saat ini sudah ada teknologi dalam lemari es yang mampu menjaga kesegaran makanan hingga 30 hari. Termasuk juga fitur untuk melumpuhkan bakteri, virus, dan partikel, yang menyebabkan bau tidak sedap.

“Dalam lemari es terbaru Beko, sudah ada teknologi HarvestFresh yang menstimulasikan siklus matahari melalui LED 3 warna dan periode gelap guna menjaga kandungan vitamin dalam buah dan sayur terjaga baik,” katanya.

Saat menghidangkan makanan untuk keluarga, pastikan agar semua sudah dimasak dengan tingkat kematangan sempurna sehingga semua virus dan bakteri benar-benar mati.

Selain menjaga kesehatan tubuh dari dalam, penting juga menjaga kesehatan diri dari luar dengan cara rutin mencuci tangan, serta membersihkan diri atau mandi minimal dua kali sehari.

Ganti pakaian setiap kali kita baru pulang dari luar rumah, termasuk memastikan handuk dikeringkan setelah dipakai. Handuk yang lembab merupakan lingkungan yang sempurna bagi bakteri dan mikroorganisme lain untuk tumbuh.


Kebersihan rumah

Untuk memudahkan menjaga kebersihan rumah, kita juga bisa memanfaatkan teknologi modern seperti vacuum cleaner. Pilih produk yang memiliki daya isap besar sehingga semua kotoran dan partikel dapat terisap sempurna, terutama untuk sofa, karpet, hingga tempat tidur.

Jika di rumah ada anggota keluarga yang menderita alergi, maka membersihkan area tersebut harus rutin dilakukan.

Perhatikan pula kebersihan pendingin udara (AC) dengan membersihkannya secara berkala. Cara lain adalah dengan memilih produk yang mampu menyaring partikel debu sangat kecil, sehingga udara yang dihasilkan tetap bersih dan segar.

Editor: Lusia Kus Anna

Leave a Response