close
Health

“Tips Menjaga Berat Badan Ideal saat Kerja di Rumah”,

Langitku Networks

Penulis Ariska Puspita Anggraini | Editor Ariska Puspita Anggraini KOMPAS.com – Sebagian besar karyawan diminta untuk bekerja dari rumah untuk menghambat penyebaran virus corona jenis baru yang sedang menjadi pandemi saat ini. Yah, bekerja dari rumah memang terlihat menyenangkan. Namun, jika dilakukan dalam waktu lama, hal ini akan menyebabkan berbagai masalah, termasuk pertambahan berat badan. Apalagi, selama bekerja dari rumah para karyawan juga diminta untuk lebih banyak berdiam diri di rumah dan melakukan social distancing.

Tentunya, ini membuat ruang gerak menjadi terbatas sehingga sulit untuk melakukan aktivitas fisik. Menurut ahli gizi Jaclyn Reutens, terbatasnya ruang gerak juga cenderung membuat nafsu makan melonjak karena kondisi lingkungan memiliki pengaruh besar pada pilihan makanan kita. Oleh karena itu, orang-orang yang bekerja dari rumah cenderung memilih asupan makanan yang tak sehat. Hal ini pula yang berpengaruh pada berat badan. “Kecuali jika Anda tinggal di sebuah rumah yang besar, bekerja dari rumah tentu bukan masalah besar,” tambah Reutens, dilansir dari cnalifestyle.channelnewsasia. Bekerja sembari menyantap camilan memang terlihat menyenangkan. Banyak karyawan kantoran yang melakukan hal ini saat bekerja.

Menurut Reutens, kebiasaan ini bisa berlanjut meski mereka bekerja dari rumah. “Rumah adalah zona aman dan nyaman. Berada di rumah tentu membuat kita lebih mudah menjangkau makanan,” ucap dia.

Terlalu lama berada di rumah juga mendatangkan rasa bosan. Banyak orang mengalihkan rasa bosan dengan mengunyah camilan tak sehat. “Mulut kita terus mencari tekstur dan rasa untuk meningkatkan suasana hati, terutama ketika kita perlu istirahat dari rutinitas membosankan yang kita lakukan saat terlalu lama berada di rumah,” kata Reutens.

Lalu, bagaimana cara mengatasi hal ini? Selain tetap aktif berolahraga, fokus pada pilihan makanan sehat adalah cara terbaik untuk menjaga berat badan meski kita harus bekerja di rumah. Selain itu, kita juga bisa melakukan tips berikut ini agar berat badan tetap terjaga meski harus bekerja dari rumah:

Beri jeda setiap satu jam kerja untuk melakukan peregangan selama lima menit. Minum air lebih banyak untuk merangsang keinginan buang air kecil, jadi kita akan lebih banyak jalan kaki untuk menuju kamar mandi. Gunakan standing desk atau meja kerja berdiri Saat beristirahat, gunakan waktu tersebut untuk push up atau melakukan gerakan lunges daripada menyantap camilan tak sehat.

Sumber www.channelnewsasia.com

Leave a Response