close
Automotive

Setelah Bikin Mobil, Xiaomi Ikut Bikin Motor

Langitku Networks

LANGITKU NETWORKS, Jakarta -Tak sedikit perusahaan dari kancah elektronik seperti telepon genggam merambah industri otomotif. Seperti halnya Xiaomi yang sebelumnya sudah membuat Redmi Car kini membuat sepeda motor listrik.

Xiaomi meluncurkan skuter listrik yang diorientasikan sebagai komuter perkotaan. Skuter listrik Xiaomi ini dinamai A1 dalam dua varian A1 dan A1 Pro. Xiaomi A1 merupakan hasil kerjasama Xiamoi dengan perusahaan China lainnya bernama 70mai.

Sekilas ukuran skuter listrik Xiaomi ini sangat kecil dibanding dengan skuter listrik sejenis yang sudah ada saat ini. Rancangan ini tampaknya memang sengaja dibuat untuk menjadi pionir motor listrik perkotaaan ramah lingkungan masa depan.

Xiaomi A1 memiliki berat 115 lb atau 52 kg saja. Cukup ringan untuk sebuah skuter. Skuter ini memiliki pedal seperti sepeda angin. Pedal ini berfungsi untuk menghasilkan energi listrik ke skuter ini. Jika malas mengayuh pedalnya tentu tetap bisa diisi dengan pengisian daya biasa ke baterainya. Dalam kondisi baterai penuh Xiaomi A1 dapat menempuh jarak 59km sedangkan A1 Pro 69 km.

Roda belakang 16 inci ditenagai oleh motor hub yang kemungkinan merupakan motor 750W. Xiaomi belum mengungkapkan output rinci mengenai penggerak listrik motor ini. Kendati begitu, skuter listrik ini kecepatannya dibatasi sampai 25 kpj saja.

A1 dan A1 Pro menggunakan rem cakram hidrolik tunggal di depan dan rem tromol di belakang. Baterai dapat dilepas dan dapat diisi secara terpisah dari skuternya. A1 Pro menawarkan teknologi lebih keren, yakni layar sentuh. Unit ini juga dapat menerima perintah suara untuk berbagai kebutuhan seperti GPS.

Fitur lain yang tak kalah menarik adalah adanya kamera 1080p di bagian depannya untuk merekam perjalanan. Saat ini harga skuter ini dibanderol USD 424 atau sekitar Rp 6,9 juta untuk A1 sedangkan A1 Pro USD 566 atau setara Rp 9,2 juta sesuai nilai tukar hari ini.

Rizki Pratama – detikOto

Leave a Response